Harga Tbs Sawit Turun | Info Harga Terupdate

- November 09, 2017

Harga Tbs Sawit Turun | Info Harga Terupdate

 
MedanBisnis - Pekanbaru. Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau periode 16-22 Juli 2014, umur sepuluh tahun ke atas, mencapai Rp1.884,24 per kg ataupun turun Rp31,60 per kg dibandingkan yang dengannya harga seminggu sebelumnya yaitu Rp1.915,84 per kg.
"Penurunan harga TBS kelapa sawit Riau antara lain dipengaruhi harga CPO di Bursa Malaysia pada awal perdagangan hari ini (Selasa, 15/7) terpantau sedang mengalami pergerakan melemah," kata Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulher di Pekanbaru, Selasa (15/7).
Pendapat dari Zulher, pelemahan harga CPO di Bursa Malaysia masih dipicu oleh tekanan kuat dari anjloknya harga faktor substitusi khususnya kedelai.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kedelai, ujarnya, pelemahan harga berlangsung akibat potensi lonjakan signifikan pada output kedelai AS, serta terpantau memberikan tekanan sentimen negatif kuat terhadap pergerakan harga CPO Indonesia. "Persediaan CPO yang dikabarkan oleh MPOB sedang menurun, bahkan tidak mampu untuk mengangkat harga CPO untuk kembali menguat di Bursa Malaysia. Pelemahan harga CPO tersebut dilandasi oleh hubungan substitusi produk turunan khususnya pada olahan minyak nabati yang dapat diproduksi baik dengan bahan baku CPO maupun kedelai," ujarnya.
Ia menyebutkan pada perdagangan (Senin, 14/7) di Bursa Malaysia, harga CPO terpantau mengalami pergerakan melemah. Harga CPO berjangka Bursa Malaysia bagi atau bisa juga dikatakan untuk kontrak September 2014 turun 1,11% ke tingkat harga 2.320 RM per ton ataupun melemah 26 RM per ton.
Sedangkan dari Bursa ICDX (Indonesia Commodity and Derivates Exchange), harga CPO terpantau pula bergerak melemah pada perdagangan hari ini.
"Harga CPO berjangka ICDX untuk kontrak Agustus 2014 turun 0,50 persen ke tingkat harga Rp 9.140 atau melemah Rp45. Selain faktor anjloknya harga kedelai global, harga CPO juga tertekan oleh ekspektasi akan penurunan impor CPO oleh India,"ujarnya.
Sedangkan dari Bursa ICDX, harga CPO tengah mengalami pergerakan menguat. Harga CPO berjangka ICDX bagi atau bisa juga dikatakan untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,66% ke tingkat harga Rp9.115 ataupun menguat Rp60. (ant)

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2015/02/harga-tbs-sawit-turun-rp-3160kg.html.

Seputar Harga Tbs Sawit Turun | Info Harga Terupdate

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Harga Tbs Sawit Turun | Info Harga Terupdate