Cara Membuat Tapak Kuda Kelapa Sawit

- September 01, 2017

Cara Membuat Tapak Kuda Kelapa Sawit

 
Bagaimana tatacara pembuatan tapak kuda kelapa sawit dilaksanakan? Satu dari sekian tidak sedikit upaya yng bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan serta memanfaatkan lahan adalah membangun perkebunan kelapa sawit. Dasarnya memang, ini adalah suatu perkebunan yng ditanami oleh kelapa sawit. Jadi hasil utamanya berupa tandan buah sawit yng nantinya bisa diolah menjadi minyak CPO. Hingga tatkala ini, kesempatan membudidayakan kelapa sawit masih Amat tinggi lantaran tingkat permintaan CPO terus mengalami peningkatan.
Supaya memberikan hasil yng maksimal, proses pengolahan lahan menjadi perkebunan kelapa sawit Perlu dilaksanakan secara matang. Butuh adanya perencanaan sedemikian rupa bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan lahan yang telah di sebutkan agar bisa ideal ditanami bibit kelapa sawit. Upaya yng tak kalah penting yakni melakukan konservasi tanah serta air pada lahan yng kondisinya miring mempergunakan teknik terasering yng biasa disebut tapak kuda. Berbeda yang dengannya terasering pada lahan pertanian, di sini kita cuma butuh meratakan tanah yng ada di sekitar pokok sawit.
cara-pembuatan-tapak-kuda.jpg
Tapak kuda pada perkebunan kelapa sawit memiliki fungsi-fungsi di antaranya :
  1. Mencegah terjadinya erosi tanah yng kerap berlangsung di lahan miring.
  2. Mengurangi kehilangan unsur hara yng terkandung di dalam tanah.
  3. Menaikan kemampuan tanah dalam menampung air serta unsur hara.
  4. Mempermudah pekerja dalam mengolah lahan serta merawatnya.
  5. Menaikan produktivitas pekerja lantaran lahan tak terlalu miring.
Keseluruhan rangkaian pembuatan tapak kuda di perkebunan kelapa sawit biasanya dikerjakan secara manual mempergunakan tenaga kita-kita. Adapun langkah-langkah kerjanya merupakan menjadi berikut :
  • Tak seluruh area perkebunan Perlu dibuat tapak kuda. Supaya menghemat tenaga, tapak kuda sebaiknya dibuat cuma di sekitar tanaman kelapa sawit. Ukuran standarnya adalah 3 x 3 m hingga 4 x 4 m. Area yang telah di sebutkan kemudian dipancang menjadi penanda bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah pekerjaan selanjutnya.
  • Area yng sudah ditentukan kemudian dibersihkan dari kotoran-kotoran yng berpotensi akan mengganggu pertumbuhan bibit kelapa sawit. Kamu Perlu membuang akar bekas tanaman lain dan sampah nonorganik yng terdapat di dalam area yang telah di sebutkan. Begitu juga yang dengannya gulma, sebaiknya gulma turut diberantas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah Kamu melakukan perawatan selanjutnya.
  • Area ini lantas diratakan permukaannya. Tatacaranya yaitu menggali tanah yng posisinya lebih tinggi, lantas diurug di tanah yng lebih rendah. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat benteng menjadi penahan tanah urugan di tanah yng lebih rendah. Benteng ini terbuat dari tanah yng dimasukkan di dalam karung beras. Susun tanah ini sedemikian rupa agar bisa kuat serta bisa atau mampu mempertahankan tanah.
  • Sesudah proses perataan permukaan tanah selesai, kini saatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat strukturnya. Tujuannya agar bisa partikel-partikel tanah memadat, saling merekat satu percis lain, serta tak gampang dirusak air ataupun angin. Kamu mampu menginjak-injak tanah yang telah di sebutkan beberapa kali ataupun mempergunakan alat berat khusus agar bisa lebih efisien.
  • Tapak kuda yng dibuat yang dengannya teknik di atas umumnya bisa atau mampu bertahan setidaknya selama tiga tahun. Bagaimana pun Kamu butuh merawatnya agar bisa usia pakai tapak kuda menjadi lebih lama. Tatacaranya di lakukan yang dengannya memperbaiki bagian-bagian tapak kuda yng sudah rusak dan memadatkan kembali bagian bentengnya.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2017/05/cara-pembuatan-tapak-kuda-kelapa-sawit.html.

Seputar Cara Membuat Tapak Kuda Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Tapak Kuda Kelapa Sawit