Cara Menanam Sirsak Dalam Pot – Tabulampot Sirsak

- September 12, 2017

Cara Menanam Sirsak Dalam Pot – Tabulampot Sirsak

 
cara menanam sirsak dalam potCara Menanam Sirsak dalam Pot ataupun Tabulampot Sirsak. Di beberapa daerah, nama Sirsak (Annona muricata L.) lebih dikenal yang dengannya nama nangka belanda ataupun nangka seberang. Selain berasa segar, buah sirsak memiliki kandungan seribu manfaat. Malah, daunnya dipercaya bisa menyembuhkan kanker secara alami.

A. Sipat-sipat Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak tumbuh di daerah beriklim tropis serta bisa menyesuaikan diri baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 m dpl. Biasanya, pohon sirsak bisa tumbuh sampai-sampai ketinggian 3—10 meter. Bentuk daunnya memanjang, semisal lanset ataupun bulat telur sungsang. Bagian atas daun berwarna hijau tua, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau muda. Buah sirsak berwarna hijau sampai-sampai hijau kehitaman serta mempunyai duri lunak. Warna daging buahnya putih gading serta terdapat tidak sedikit biji di dalamnya.

B. Syarat Tumbuh Tanaman Sirsak

1. Sirsak bisa tumbuh di ketinggian tempat 1—500 m dpl.
2. Butuh suhu 22—28° C serta kelembapan udara 60—80%.
3. Curah hujan berkisar 1.500—2.500 mm per tahun.

tabulampot sirsakC. Jenis-jenis Sirsak

Dari banyak sekali literatur yng ada, jenis sirsak yng tumbuh di Indonesia di antaranya sirsak ratu, sirsak biasa, sirsak bali, serta sirsak mandalika. Keempat jenis sirsak yang telah di sebutkan mempunyai bentuk buah yng hampir mirip, keculai sirsak bali yng tak mempunyai duri lunak ataupun Suka disebut sirsak gundul.

D. Bibit Sirsak bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tabulampot

Pohon sirsak bisa diperbanyak melalui biji, okulasi, serta pencangkokan. Andai ditanam berasal dari biji, tinggi pohon sirsak mampu mencapai 10 meter serta masa produksi buah berlangsung disaat tanaman berumur 4—5 tahun. Sementara itu, bibit yng berasal dari okulasi serta cangkok, tinggi pohon cuma 3—5 meter serta tanaman telah belajar berbuah disaat berumur 2—3 tahun.

E. Mengalihkan Bibit dari Polibag ke Pot

  1. Siapkan bibit sirsak, pot plastik berdiameter 45 cm dan campuran media tanam berupa pupuk sangkar, tanah, sekam bakar, serta sekam mentah 1 : 2 : 1 : 1.
  2. Masukkan pecahan genting ataupun batu bata ke dasar pot, lantas masukkan media sampai-sampai ketinggian 1/2 pot.
  3. Sobek polibag pada bibit, lantas masukkan bibit tanaman ke dalam pot secara hati-hati yang dengannya mengikutsertakan media tanamnya yng masih menempel pada akar.
  4. Tambahkan lagi media tanam sampai-sampai ketinggian 2 cm di bawah bibir pot, padatkan, lantas siram media tanam yang dengannya air sampai-sampai basah.
  5. Letakkan tanaman di tempat teduh selama seminggu bagi atau bisa juga dikatakan untuk adaptasi cuaca. Seusai itu, tanaman mampu dipindahkan ke tempat terbuka secara bertahap.

F. Perawatan Harian Tanaman Sirsak

Sirsak memerlukan perlakuan khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berbuah, apalagi andai ditanam dalam pot. Perlakuan khusus yng dimaksud merupakan pengairan, pemupukan, serta pemangkasan yng di lakukan secara teratur.
a. Penyiraman
Tanaman yng masih muda mutlak mem-butuhkan penyiraman air yng teratur dalam jumlah tetap bagi atau bisa juga dikatakan untuk menopang pertum-buhannya. Peyiraman tabulampot sirsak bisa di lakukan 1—2 kali sehari.
b. Pemupukan
Pemupukan mampu diberikan yang dengannya pupuk kimia semisal NPK, dan pupuk organik serta pupuk hayati setiap dua minggu sekali secara bergantian. Misalnya, pupuk NPK 15-15-15 sebanyk 50—80 gram bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman muda diberikan 3 bulan sekali. Sementara itu, kotoran kambing sebanyk 5 kg diberikan setiap 6 bulan sekali.
c. Pemangkasan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat tumbuhnya bunga, pemangkasan tanaman butuh di lakukan. Pemangkasan yng dimaksud menjadi berikut.
  1. Pangkas bagian percabangan yng tak bermanfaat, semisal tumpang tindih, bergerombol, ataupun panjangnya tak percis yang dengannya cabang lain. Perlakuannya mampu mempergunakan teknik pemangkasan 1-3-9-27, semisal halnya pemangkasan pada tanaman buah lain-lainnya.
  2. Pemotongan 1/2 daun serta terkadang perompesan daun dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan repotting.
  3. Tunas air pula Perlu dibuang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

G. Mempercepat Pembungaan Tanaman Sirsak

perawatan tabulampot sirsakPerlakuan stres air mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pembungaan. Tatacaranya, hentikan pemberian air hingga terlihat daun mulai layu, yaitu sekitar 5—7 hari. Seusai itu, siram lagi selama 3 hari berturut-turut sembari dikombinasi-kan yang dengannya pemberian pupuk NPK secukupnya. Seusai itu, lakukan lagi stresing air serta siram lagi sesudahnya. Perlakukan ini dihentikan disaat tanaman mengeluarkan calon bunga. Stresing air cuma di lakukan pada tanaman dewasa ataupun berumur lebih dari 1,5 tahun.

Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-sirsak-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Sirsak Dalam Pot – Tabulampot Sirsak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Sirsak Dalam Pot – Tabulampot Sirsak