Penyebab Buah Cengkeh Pada Kelapa Sawit

- Agustus 27, 2017

Penyebab Buah Cengkeh Pada Kelapa Sawit

 
Apakah penyebab munculnya buah cengkeh pada kelapa sawit? Banyak sekali para petani yng mengeluh kalau tanaman kelapa sawitnya menghasilkan buah cengkeh. Buah cengkeh ataupun buah lantak adalah sebutan lain dari buah yng tak tumbuh yang dengannya normal. Akibatnya para petani yang telah di sebutkan mengalami kerugian yng Amat besar akibat buah-buah yng diperoleh oleh pohon kelapa sawit peliharaannya tak bisa dipanen.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peristiwa buah sawit yng abnormal ini, mari kita memahami berlebi dahulu proses pembentukan buah pada tanaman kelapa sawit.
Butuh Kamu ketahui, buah yng diperoleh oleh kelapa sawit merupakan hasil dari penyerbukan antara bunga jantan serta bunga betina. Penyerbukannya mampu berlangsung secara alami oleh angin serta serangga ataupun penyerbukan secara buatan oleh kita-kita. Pada prinsipnya, proses penyerbukan bunga tanaman ini masuk kategori penyerbukan serumah. Hal ini dikarenakan setiap pohon kelapa sawit mampu memiliki bunga jantan serta bunga betina sekalian yng tumbuh secara terpisah.
Ada tidak sedikit faktor yng bisa memicu pertumbuhan buah kelapa sawit menjadi tak sempurna. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi permasalahan ini, Kamu menjadi petani yng pintar Perlu menyelidiki berlebi dahulu biang keroknya yng pasti. Jangan tergesa-gesa yang dengannya menanggulanginya mempergunakan pupuk. Karena kalau tak tepat guna malahan akan memboroskan biaya produksi.
penyebab-buah-cengkeh-sawit.jpg
Yang akan di sajikan kali ini faktor-faktor yng disinyalir kuat bisa menghasilkan pohon kelapa sawit menghasilkan buah cengkeh, buah landak, ataupun buah abnormal. Di antaranya yakni :
  1. Buruknya kondisi lingkungan di sekeliling pohon kelapa sawit serta sekeliling hamparannya.
  2. Tanaman kelapa sawit mempunyai sanitasi yng tak layak lantaran tak pernah di kastrasi sebelumnya.
  3. Gangguan yng berasal dari gulma yng tumbuh subur, baik di area piringan ataupun gawangan.
  4. Pertumbuhan serta perkembangan bunga kelapa sawit jantan dan betina terganggu oleh jamur serta cendawan.
  5. Pemakaian insektisida serta pembasmi hama tanaman lain-lainnya dalam dosis yng berlebihan.
  6. Penggunaan herbisida serta pembasmi gulma lain-lainnya yang dengannya jumlah yng tak tepat serta terlalu tidak sedikit.
  7. Penerapan bahan-bahan kimia rawan yng secara tak sengaja bisa mematikan serangga penyerbuk bunga kelapa sawit.
Metode yng paling tepat di tempuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah bunga kelapa sawit berkembang menjadi buah cengkeh adalah mengaplikasikan teknik penyerbukan buatan. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan sanitasi tanaman juga yang dengannya membuang buah sawit yng busuk serta membersihkan tanaman pengganggu yng tumbuh merambat pada batang sawit. Kedua langkah ini terbukti Amat efektif dalam menekan pertumbuhan jamur serta cendawan.
Buah kelapa sawit yng cacat Perlu tetap dipanen supaya tak mengganggu pertumbuhan buah yng normal. Lantas lakukan pula kastrasi lebih-lebih pada tanaman belum menghasilkan yng tak pernah memperoleh perlakuan ini. Kamu pun bisa melakukan pruning terhadap kelapa sawit yang dengannya memotong tunas sesuai usia tanaman. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pohon tua mampu diterapkan teknik songgo 1, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman muda hingga remaja mampu diterapkan teknik songgo 2 ataupun songgo 3. Yang dengannya demikian, proses pemasakan serta penyempurnaan buah melalui hasil dari fotosintesis pun menjadi lebih maksimal.
Tak gampang memanglah mengembalikan tingkat produktivitas tanaman kelapa sawit yng telah terlanjur menghasilkan buah cengkeh. Waktu yng dibutuhkannya pun terbilang Amat lama sampai-sampai mencapai lebih dari 6 bulan. Sesudah Kamu sukses memulihkan kembali kualitas buah yng diperoleh oleh tumbuhan sawit yang telah di sebutkan, Kamu Perlu belajar dari kesalahan sebelumnya yang dengannya merubah kebiasaan perawatan sebelumnya serta memelihara kelapa sawit secara lebih tepat.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2017/05/7-penyebab-buah-cengkeh-pada-kelapa.html.

Seputar Penyebab Buah Cengkeh Pada Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyebab Buah Cengkeh Pada Kelapa Sawit