Menanam Delima Dalam Pot – Tabulampot Delima

- September 25, 2017

Menanam Delima Dalam Pot – Tabulampot Delima

 
cara menanam delima dalam potMenanam Delima dalam Pot ataupun Tabulampot Delima. Di beberapa tempat, buah delima tidak sedikit tumbuh di pekarangan rumah. Selain lantaran rasa buahnya yng segar disaat dikonsumsi, delima pula mempunyai sejuta manfaat yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengobatan alami serta kecantikan.

A. Sipat-sipat Tanaman Delima

Pohon delima salah satunya pohon yng mempunyai per-cabangan tidak sedikit, akan tetapi lemah. Terdapat duri di bagian ketiak daunnya. Warna batang cokelat disaat masih muda serta hijau kotor disaat tua. Sementara itu, buahnya buni, berbentuk bulat yang dengannya diameter sekitar 5—12 cm. Warna kulit buah beragam, dari cokelat kemerahan, hijau keunguan, putih, sampai-sampai ungu kehitaman. Terkadang, ada bercak-bercak berwarna lebih tua. Bijinya kecil-kecil serta tidak sedikit. Biasanya, dikenal tiga jenis delima yng ditemui di pasaran, yaitu delima merah, delima putih, serta delima hitam.
Delima. Di dalam buahnya terdapat biji-biji kecil yng berjumlah tidak sedikit

B. Syarat Tumbuh Tanaman Delima

tabulampot delima1. Delima bisa tumbuh yang dengannya baik di daerah yang dengannya ketinggian tidak lebih dari 200 m dpl.
2. Menyukai tanah ataupun media tanam yng gembur.
3. Suhu udara yng dimau-kan tanaman berkisar 25—30° C yang dengannya kelembapan 70—90%.

C. Mengalihkan Bibit dari Polibag ke Pot

  1. Siapkan pot bagi atau bisa juga dikatakan untuk wadah pertumbuhan, mampu berupa pot plastik ataupun pot drum. Jenis pot apa pun yng dipakai sebaiknya disesuaikan yang dengannya ukuran tanaman. Andai tanaman masih kecil, genakan pot plastik berukuran diameter 40 cm.
  2. Siapkan juga media tanam. Media tanam yng dipakai mampu berupa campuran tanah, sekam padi ataupun serbuk gergaji, serta pupuk sangkar (2 : 1 : 1), campuran tanah serta kompos (2 : 1), ataupun campuran tanah, pupuk sangkar, serta pasir (2 : 2 : 1).
  3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan optimal, campurkan pupuk NPK 15-15-15, dolomit ataupun kalsit, serta tepung arang ke dalam media tanam. Perbandingannya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk 10 kg media tanam dicampurkan 50 gram NPK, 25 gram domolit ataupun kalsit, serta 1 kg tepung arang.
  4. Sebelum memasukkan media tanam, letakkan pecahan bata merah ataupun genting di dasar pot. Masukkan media tanamnya sampai-sampai mencapai 1/2 tinggi pot.
  5. Sobek polibag yng membungkus media tanam pada bibit secara hati-hati, lantas masukkan bibit beserta medianya ke dalam pot.
  6. Tambahkan lagi media tanam sampai-sampai ketinggian 2 cm dari bibir pot.
  7. Siram tanaman yang dengannya air, lantas letakkan di tempat yng teduh bagi atau bisa juga dikatakan untuk adaptasi awal.

D. Perawatan Harian Tabulampot Delima

a. Penyiraman

Penyiraman rutin di lakukan satu kali sehari. Akan tetapi, disaat berbuah, frekuensi penyiraman mampu di lakukan menjadi dua kali sehari. Perlakuan ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah kerontokan bunga.

b. Pemupukan

Berikan pupuk NPK 15-15-15 yang dengannya dosis 1 sendok teh diberikan satu bulan sekali. Seusai setahun, dosisnya ditambahkan dua kali lipat. Selain pupuk NPK, berikan pula pupuk daun, semisal Kemira WS, Complesal, ataupun POB 2000 setiap 10—15 hari sekali. Kalau butuh, semprotkan pula pupuk hayati ataupun hormon pertumbuhan supaya tanaman cepat berbuah. Pemupukan dihentikan disaat bunga muncul supaya bunga tak rontok.

c. Pemangkasan

  1. Umur sebulan, batang pokok dipangkas sekitar 70—100 cm, lantas pilih serta biarkan tiga cabang primer.
  2. Disaat batang pokok telah berdaun lagi, pangkas cabang primer, sisakan 30—50 cm. Dari setiap cabang primer, cuma dipilih tiga cabang sekunder.
  3. Seusai tanaman tumbuh memanjang, pangkas cabang sekunder serta sisakan 30—50 cm. Setiap cabang sekunder cuma dipilih tiga cabang tersier.
  4. Yang terakhir, pangkas daun serta ranting yng terlalu rimbun.



Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/menanam-delima-dalam-pot-tabulampot.html.

Seputar Menanam Delima Dalam Pot – Tabulampot Delima

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Delima Dalam Pot – Tabulampot Delima