Hilirisasi Minyak Sawit Berhasil Dorong Nilai Tambah Industri Sawit

- September 26, 2017

Hilirisasi Minyak Sawit Berhasil Dorong Nilai Tambah Industri Sawit

 
JAKARTA - Di tatkala program hilirisasi sektor pertambangan masih jalan di tempat, sektor minyak kelapa sawit ataupun crude palm oil (CPO) malah mencatat berhasil besar. Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Fadhil Hasan mengujarkan, hilirisasi adalah tips efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendorong multiplier effect di sektor CPO.
“Indonesia punya potensi besar dan sudah membuktikan bisa sukses,” ujarnya.
Fadhil menyebut, hilirisasi tak cuma mendorong kinerja industri pengolahan CPO, melainkan pula kinerja sektor hulu. Karena, disaat hilirisasi dijalankan, hasil olahan mampu dipasarkan yang dengannya harga yng lebih tinggi lantaran adanya nilai tambah. “Karena itu, dari industri perkebunannya juga tumbuh signifikan,” ujarnya.
Data GAPKI menunjukan, luas kebun rakyat yng pada 2003 sebesar 1,85 juta hektare, pada 2012 naik lipat dua menjadi 3,7 juta hektare. Selain itu, jumlah perusahaan perkebunan sawit swasta serta BUMN tumbuh menjadi 1.320. Tumbuhnya industri CPO pula mendorong munculnya 750.000 unit bisnis kecil menengah (UKM) yng menjadi supplier barang serta jasa.
Walau mencatat berhasil besar, Fadhil menilai masih tidak sedikit hal yng mesti diperbaiki bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendorong percepatan hilirisasi CPO. Misalnya, yang dengannya mempercepat pembangunan infrastruktur yng mempunyai kualitas semisal fasilitas logistik, dan penyediaan kanal jalan dari pusat produksi darat/pedalaman ke pelabuhan ekspor.
Di samping itu, pemerintah pula Perlu memastikan tersedianya bahan baku bagi atau bisa juga dikatakan untuk diolah industri hilir CPO. Tatacaranya, yang dengannya memberikan batas ataupun melarang ekspor bahan baku mentah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi kebutuhan industri dalam negeri sekalian menaikan nilai tambah produk.
“Konkretnya, pro hilirisasi harus ditunjukkan dengan pengenaan tarif (bea keluar) yang semakin rendah untuk produk hilir,” ujarnya.
Di sisi lain, Fadhil menilai prospek industri CPO tahun ini cukup cerah walau permintaan global belum sepenuhnya pulih. Tahun ini, dia memperkirakan pasokan CPO dari Indonesia naik 3,3 juta ton bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan biofuel. Sedangkan harga CPO serta produk turunannya di pasar internasional pula bakal tembus USD 1.100 per ton. “Karena itu, nilai ekspor CPO tahun ini bisa USD 24,2 miliar,” ujarnya.
Sekjen Gapki Joko Supriyono, menambahkan pihaknya pula meminta pemerintah mencabut moratorium pemanfaatan lahan gambut di daerah hutan. Yang dengannya begitu, lahan gambut mampu dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperluas lahan kelapa sawit serta menaikan produksi CPO.
Dia mengujarkan, lahan gambut yng ditanami kelapa sawit mereduksi hampir 1/2 emisi dibandingkan yang dengannya gambut tropis ataupun sawah gambut. Yakni di kisaran 31,40-57,06 karbon dioksida per hektare per tahun.
"Sampai saat ini perkebunan kelapa sawit di lahan gambut perawan hanya tiga persen, masih sangat kecil," ujarnya.
Tanaman sawit, tambah dia, mampu tumbuh subur di Indonesia. Minyak nabati di Eropa serta Amerika Serikat cuma mengandalkan tanaman semisal kedelai serta lain-lainnya. Telah terbukti kelapa sawit adalah tanaman yang dengannya produktivitas paling tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi permintaan dunia.
"Kebutuhan dunia 5-6 juta ton CPO. Itu hanya butuh sejuta hektare kebun sawit, kalau kedelai butuh 10 juta hektare," tandasnya.
Lantaran itu, Joko menilai wajar andaikan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat terus melakukan kampanye hitam terhadap sawit Indonesia. Padahal, negara yng paling tidak sedikit melakukan deforestasi (penggundulan hutan) serta alih guna lahan gambut merupakan Tiongkok serta Rusia. "Jadi bukan Indonesia, karena Tiongkok dan Rusia lebih banyak," jelasnya. (owi/wir/jpnn/che/k15)

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2015/02/hilirisasi-minyak-sawit-berhasil-dorong.html.

Seputar Hilirisasi Minyak Sawit Berhasil Dorong Nilai Tambah Industri Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hilirisasi Minyak Sawit Berhasil Dorong Nilai Tambah Industri Sawit