3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Yang Wajib Diketahui

- November 11, 2017

3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Yang Wajib Diketahui

 
Apa sajakah jenis-jenis bibit kelapa sawit itu? Kelapa sawit adalah tanaman komoditi eksos dari Indonesia. Tercantum sejak zaman penjajahan Belanda, warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Nusantara mengenal tumbuhan penghasil minyak nabati ini. Dari yang semula para petani tidak sedikit yang menumbuhkan bibit kelapa sawit liar, sampai-sampai tatkala ini pemilihan bibit unggul serta bibit dari kultur jaringan Amat diperhatikan.
jenis-bibit-kelapa-sawit.jpg
Bibit Kelapa Sawit
Didasari sumbernya, bibit kelapa sawit bisa dibedakan menjadi tiga jenis. Di antaranya bibit kelapa sawit liar, bibit kelapa sawit unggul, serta bibit kelapa sawit kultur jaringan. Yang akan di sajikan kali ini penjelasan dari masing-masing jenis bibit kelapa sawit yang telah di sebutkan dari kami selengkapnya.
1. Bibit Kelapa Sawit Liar
Disebut bibit kelapa sawit liar lantaran bibit-bibit ini didapatkan langsung dari alam tanpa melalui proses pembibitan buatan. Bibit liar biasanya berasal dari buah sawit matang yang jatuh di sekeliling tanaman induk lantas tumbuh yang dengannya sendirinya. Walaupun gratis, akan tetapi kualitas bibit ini tak terkontrol yang dengannya baik. Menjadikan risiko investasi tanaman kelapa sawit lebih tinggi.
Adapun ciri-ciri bibit kelapa sawit liar antara lain :
  • Biji ataupun kecambah : tingkat ketebalan tempurungnya relatif tipis, permukaannya diselubungi serabut serta kotor, dan panjang bakal akar serta batang tak seragam.
  • Bibit : tingkat pertumbuhannya tak percis lantaran berasal dari indukan yang berbeda, kebanykan hidup tak normal, penampangnya tampak kurus, serta rentan terhadap penyakit.
  • Tanaman : tanaman tak terlalu sehat, perbedaan antar-bibit cukup mencolok, serta tidak lebih produktif.
2. Bibit Kelapa Sawit Unggul
Bibit kelapa sawit unggul merupakan bibit yang memiliki tingkat kualitas yang tinggi. Maksudnya bibit yang telah di sebutkan nantinya akan tumbuh menjadi tanaman yang mempunyai produktifitas tinggi, tahan terhadap hama serta penyakit, dan tingkat pertumbuhan antar-bibit seragam. Bibit sawit bermutu unggul diperoleh dari proses pembibitan yang terang serta terpantau. Biasanya bibit jenis ini bisa diperoleh di balai-balai penelitian kelapa sawit yang dengannya harga yang bervariasi.
Apa saja ciri-ciri bibit kelapa sawit jenis unggul?
  • Calon akar berkelir kekuning-kuningan, sedangkan calon batang serta calon daun berwarna keputih-putihan.
  • Ukuran calon akar bibit kelapa sawit relatif lebih panjang dibandingkan yang dengannya calon batangnya.
  • Arah tumbuh calon akar serta calon batang cenderung tegak lurus serta saling berlawanan.
  • Rata-rata panjang calon akar mencapai 3-5 cm, sementara panjang calon batang sekitar 2-3 cm.
3. Bibit Kelapa Sawit Kultur Jaringan
Tatkala ini perkembangbiakan kelapa sawit secara vegetatif umumnya di lakukan mempergunakan metode kultur jaringan. Keuntungan dari teknik ini yakni bibit sawit yang diperoleh mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi mencapai 32 sampai-sampai 40 ton TBS/hektar setiap 12 bulan serta seragam. Kultur jaringan adalah metode yang bisa diandalkan lebih-lebih tatkala hendak memperbanyak bibit dari kelapa sawit yang susah berkembang biak secara alami.
Walaupun begitu, pembuatan bibit melalui kultur jaringan di Indonesia masih sepi. Perusahaan-perusahaan yang dengannya modal besar biasanya yang mempergunakan prinsip ini. Kendala penyediaan alat-alat pendukung kultur jaringan adalah faktor penyebab utamanya. Hal yang telah di sebutkan menghasilkan harga bibit kelapa sawit yang diperoleh dari teknik ini relatif lebih tidak murah.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/3-jenis-bibit-kelapa-sawit-yang-wajib.html.

Seputar 3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Yang Wajib Diketahui

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Yang Wajib Diketahui