Cara Membuat Bonsai Kelapa Mini | Komoditas Kelapa Sawit

- September 22, 2017

Cara Membuat Bonsai Kelapa Mini | Komoditas Kelapa Sawit

 
Bagaimana tatacara membuat bonsai kelapa mini? Pohon kelapa merupakan tanaman khas yng tumbuh di daerah tropis. Di Indonesia, tumbuhan ini mampu dijumpai yang dengannya gampang di pesisir pantai sampai-sampai daerah pegunungan. Hal ini dikarenakan kelapa adalah tanaman yng mampu mengikuti keadaan yang dengannya baik di banyak sekali kondisi lingkungan.
Pohon kelapa memiliki batang yng agak lurus ke atas, tak bercabang, serta tak memiliki kandungan kambium. Daunnya berbentuk memanjang serta mempunyai tulang daun yng sejajar. Bunga kelapa Suka disebut menjadi mayang, di mana setiap pohon kelapa memiliki bunga jantan serta bunga betina. Sedangkan pohon ini akan mulai menghasilkan buah tatkala usianya mencapai 8 tahun.
Tumbuhan kelapa pula diluar dugaan Amat tidak jelek alias bagus lho dijadikan bonsai. Tentu saja, tumbuhan ini Perlu dirawat sedemikian rupa supaya ukurannya tetap mini. Malahan andai Kamu mau, bonsai kelapa mini milik Kamu mampu menghasilkan buah yng akan menambah keunikannya. Yang akan di sajikan kali ini proses pembuatan bonsai kelapa mini yng layak Kamu coba!
membuat-bonsai-kelapa-mini.jpg
Langkah 1. Pemilihan Benih
Pohon kelapa induk yng akan diambil buahnya Perlu berusia sekitar 20-40 tahun serta mempunyai tingkat produktivitas yng tinggi. Batang pohon yang telah di sebutkan pula Perlu lurus serta kuat dan memiliki bagian mahkota yng berbentuk bola ataupun 1/2 bola. Di samping itu, pohon kelapa induk yng baik pula mempunyai daun serta tangkai yng kuat dan bebas dari hama serta penyakit.
Buah yng akan dijadikan benih Perlu telah dalam keadaan matang, berumur tidak lebih lebih 12 bulan, serta 4/5 bagiannya dilapisi kulit yng berwarna cokelat. Usahakan pilih buah yng bentuknya bulat serta tak terlalu lonjong agar bisa kelihatan indah. Panjang buah sekitar 22-25 cm yang dengannya lebar antara 17-22 cm. Kondisi buah ini sehat, tak mengalami luka, dan tak terserang hama serta penyakit. Pastikan juga buah kelapa yang telah di sebutkan mempunyai permukaan yng mulus serta licin serta berbunyi nyaring disaat diguncang-guncangkan.
Langkah 2. Pembuatan Bibit
Proses pembibitan kelapa sebaiknya di lakukan di dalam polybag. Genakan polybag yng terbuat dari bahan poliprophylene yng berukuran 50 x 40 cm yang dengannya ketebalan 0,2 mm. Lantas bagian bawah polybag yang telah di sebutkan dibuat beberapa lubang saluran air yng berdiameter 0,5 cm yang dengannya jarak antar lubang yakni 7,5 cm. Lantas polybag ini diisi campuran tanah serta pasir memakai perbandingan 2:1. Tanamkan buah kelapa yang dengannya posisi tonjolan sabut menghadap ke atas.
Langkah 3. Penanganan Bibit
Bibit kelapa siap ditanam di pot sesudah tinggi tunasnya mencapai 25-30 cm. Potong bagian dasar buah kelapa berlebi dahulu. Lantas kupas lapisan serabutnya tidak banyak demi tidak banyak. Kerjakan proses ini yang dengannya hati-hati supaya tak merusak akar tanaman yng telah tumbuh di atas permukaan serabut. Kupas seluruh bagian serabut kelapa ini sampai-sampai yng tersisa hanyalah bagian batoknya.
Langkah 4. Pembersihan Buah
Tujuan dari proses ini agar bisa tampilan buah kelapa menjadi makin menarik. Tatacaranya yakni genakan pisau yng tajam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerok permukaan batok kelapa hingga bersih. Seusai itu, gosoklah permukaan batok yang telah di sebutkan mempergunakan ampelas kasar. Sekali lagi kami ingatkan, kerjakanlah proses ini yang dengannya hati-hati supaya tak merusak bagian akar tanaman.
Langkah 5. Penanaman Bibit
Siapkan media tanam yng terdiri atas tanah, pasir, serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:2:1. Campurkan bahan-bahan ini supaya menyatu serta rata. Siapkan pot yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanami bonsai kelapa mini. Masukkan media tanam ke pot setinggi 5 cm berlebi dahulu. Letakkan bibit kelapa ke dalam pot, lantas pertahankan posisinya mempergunakan tangan. Aturlah akar yng ada di bawah bibit yang telah di sebutkan supaya menyebar ke seluruh bagian pot. Seusai itu, masukkan media tanam kembali ke pot ini sampai-sampai memenuhi seluruh volumenya.
Langkah 6. Penghiasan Bonsai
Terdapat beberapa tips yng mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghias bonsai agar bisa kelihatan lebih menarik. Kamu mampu memangkas daun yng telah tua ataupun bahkan membentuk daun yang telah di sebutkan mempergunakan cutter. Bagian batok kelapa pula mampu dipernis bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuatnya tampak hitam mengkilap. Jangan tidak ingat lapisi juga bagian permukaan potnya mempergunakan pernis. Selain itu, Kamu pun bisa menanam lumut menjadi penutup media tanam menjadikan bonsai ini tampak seolah-olah telah berumur cukup tua.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/cara-membuat-bonsai-kelapa-mini.html.

Seputar Cara Membuat Bonsai Kelapa Mini | Komoditas Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Bonsai Kelapa Mini | Komoditas Kelapa Sawit