Tata Cara Menggunakan Pupuk Npk | Pemupukan Npk

- Agustus 15, 2017

Tata Cara Menggunakan Pupuk Npk | Pemupukan Npk

 
Bagaimana tatacaranya mempergunakan pupuk NPK? Pupuk NPK adalah pupuk buatan yng memiliki kandungan unsur hara utama yakni nitrogen, fosfor, serta kalium. Nitrogen bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pertumbuhan vegetatif khususnya daun, fosfor menjadi pendukung pertumbuhan akar serta tunas, dan kalium berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung tahap pembungaan serta pembuahan tanaman.
Di pasaran, terdapat tiga jenis pupuk NPK yng dibedakan pendapat dari kegunaannya yaitu pupuk NPK mutiara, pupuk NPK pelangi, serta pupuk NPK phonska. Pupuk NPK mutiara dikenal juga menjadi pupuk NPK 16-16-16 lantaran komposisi bahan-bahan penyusunnya. Kelebihan dari pupuk ini antara lain memiliki kandungan unsur hara mikro, cepat bereaksi pada tanaman, melindungi keseimbangan unsur hara, serta gampang dipakai. Di sayangkan pupuk NPK mutiara bernilai tidak murah lantaran masih diimpor dari Norwegia.
Pupuk NPK pelangi terbuat dari urea granul, diamond phosphat granul, serta KCI flake. Pupuk ini dibuat oleh PT Pupuk Kaltim. Pupuk NPK pelangi memiliki keunggulan pada kandungan boron, sulfur, serta magnesium di dalamnya. Ada tiga jenis pupuk NPK pelangi didasari kualitasnya meliputi pupuk NPK pelangi unggul, pupuk NPK pelangi maxi, serta pupuk NPK pelangi super.
Sementara itu, pupuk NPK phonska mempunyai wujud berupa butiran-butiran berwarna merah muda hingga orange. Pupuk ini memiliki sifat higroskopis dan gampang terlarut di dalam air. Pupuk yng tidak sedikit dipakai petani di Pulau Jawa serta Pulau Sumatera ini diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik. Lantaran memiliki kandungan unsur hara yng lengkap, pemberian pupuk NPK phonska kepada tanaman tidak ubahnya semisal memberikan urea, TSP, serta KCI sekalian.
cara-menggunakan-pupuk-npk.jpg
Kemudian, bagaimanakah langkah-langkah pemberian pupuk NPK yng benar? Yang akan di sajikan kali ini hal-hal yng Perlu diperhatikan!
  1. Pupuk NPK diberikan yang dengannya tips disebarkan secara merata ke tanah yng telah diolah bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan penanaman tumbuh-tumbuhan. Jadi sebelum pupuk ini diaplikasikan pada tanah garapan, tanah yang telah di sebutkan Perlu diratakan berlebi dahulu bagian permukaannya. Sesudah pupuk disebarkan, pupuk ini kemudian ditutup yang dengannya lapisan tanah tipis di atasnya. Boleh pula memberikan tekanan tidak banyak pada permukaan tanah supaya nutrisi yng terkandung pada pupuk NPK lebih cepat terserap.
  2. Cara memberikan pupuk NPK pada parit ataupun galur tanah semisal bedengan-bedengan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman jagung, kedelai, serta shorgum bisa di lakukan yang dengannya menaburkannya pada di sepanjang parit/galur tanah yang telah di sebutkan. Akan tetapi selama dalam pemberian pupuk, Kamu tetap Perlu memperhatikan dosis yng dipakai supaya sesuai yang dengannya kebutuhan tanaman.
  3. Berbeda yang dengannya pemberian pupuk NPK pada tanaman perkebunan contohnya kelapa sawit, cengkih, apel, serta jeruk, pupuk ini disebarkan melingkari batang pohon di bawah tajuk terluar yang dengannya kedalaman berkisar antara 10-15 cm. Yang dengannya metode ini, pupuk NPK bisa diserap lebih baik oleh akar tanaman serta tak merusak batang pohon itu sendiri.
  4. Sementara itu, pupuk NPK yng akan diberikan kepada tanaman sayuran Perlu melalui lubang khusus. Lubang ini dibuat sejauh tidak lebih lebih 5 cm dari batang tanaman yang dengannya kedalaman yng tak seberapa mengingat tanaman sayuran semisal cabai, terong, serta tomat memiliki system perakaran yng tak terlalu panjang. Sesudah pupuk NPK dimasukkan ke dalam lubang tadi, Kamu mampu menimbun lubang yang telah di sebutkan memakai lapisan tanah atas.
  5. Andai Kamu ingin memberikan pupuk NPK bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman hias, tatacaranya pula berbeda dari langkah-langkah di atas. Pemberian pupuk NPK bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman hias akan lebih efektif andaikan pupuk yang telah di sebutkan dicairkan berlebi dahulu. Lantas cairan pupuk ini kemudian disiramkan kepada tanaman salah satunya bagian daun serta batangnya yang dengannya dosis sesuai anjuran pada kemasan.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/tata-cara-menggunakan-pupuk-npk.html.

Seputar Tata Cara Menggunakan Pupuk Npk | Pemupukan Npk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tata Cara Menggunakan Pupuk Npk | Pemupukan Npk