Macam-macam Pupuk Kimia Dan Fungsinya

- Oktober 09, 2017

Macam-macam Pupuk Kimia Dan Fungsinya

 
Apa sajakah macam-macam pupuk kimia yng ada di Indonesia? Apa juga fungsi dan kegunaan dari masing-masing pupuk yang telah di sebutkan? Setiap tanaman butuh unsur hara menjadi sumber nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung kebutuhannya. Dasarnya memang, unsur-unsur hara yang telah di sebutkan telah disediakan oleh alam. Akan tetapi Suka yang dengannya waktu, ada beberapa faktor yng membuat ketersediaan unsur hara di tanah makin menipis.
Satu dari sekian banyaknya upaya yng bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan unsur hara yng terkandung di dalam tanah merupakan pemupukan. Ada 2 jenis pupuk pendapat dari bahan bakunya yakni pupuk alami dan pupuk buatan. Pupuk buatan Suka disebut juga menjadi pupuk anorganik ataupun pupuk kimia lantaran terbuat dari bahan-bahan kimia yang dengannya komposisi tertentu.
macam-macam-pupuk-kimia.jpg
Begitu tidak sedikit variasi pupuk kimia semisal pupuk urea, pupuk NPK, pupuk TSP, pupuk KCL, pupuk ZA, dan pupuk ZK. Andai Kamu ingin mengetahui fungsi dari setiap produk pupuk kimia yang telah di sebutkan, silakan simak penjelasannya di bawah ini!
Pupuk Urea
Pupuk urea merupakan pupuk kimia yng memiliki kandungan unsur nitrogen dalam kadar yng tinggi mencapai 46 %. Pupuk ini Suka disimbolkan yang dengannya rumus NH2 CONH2. Wujud pupuk ini berupa butiran-butiran kristal yng berwarna putih. Pupuk urea bersifat higroskopis dan gampang larut dalam air.
Adapun fungsi pupuk urea antara lain :
  1. Menyegarkan daun menjadikan warna-nya lebih hijau
  2. Menaikan kecepatan pertumbuhan tanaman
  3. Menaikkan kandungan protein di dalam tanaman
Pupuk TSP
Pupuk TSP (Triple Super Phosphat) merupakan pupuk kimia yng memiliki kandungan unsur fosfor dalam jumlah yng tidak sedikit. Rumus kimianya yakni Ca(H2PO4). Kadar fosfat (P2O5) yng terkandung di dalam pupuk ini lebih tidak lebih 44-46 % dan mampu mencapai 56 % di lapangan. Pupuk TSP berbentuk butiran-butiran kecil yng berwarna abu-abu. Ada 2 jenis pupuk TSP pendapat dari kandungan fosfat di dalamnya yakni pupuk SP 36 dan pupuk SP 18.
Manfaat pupuk TSP di antaranya :
  1. Merangsang pertumbuhan akar tanaman
  2. Membantu pertumbuhan tunas
  3. Menimbulkan pertumbuhan bunga dan biji
  4. Menaikan daya tahan dari serangan hama dan penyakit
Pupuk NPK
Pupuk NPK (Nitrogen Phosphor Kalium) merupakan pupuk kimia yng bersifat majemuk lantaran memiliki kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium sekalian. Bentuk yng dimiliki oleh pupuk NPK ada yng berwujud cair dan ada juga yng berbentuk padat. Terdapat 3 jenis pupuk NPK pendapat dari produsennya yakni pupuk NPK mutiara, pupuk NPK pelangi, dan pupuk NPK phonska.
Yang akan di sajikan kali ini kegunaan dari pupuk NPK, yakni :
  1. Nitrogen berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pertumbuhan vegetatif pada tumbuhan, khususnya bagian daun
  2. Fosfor bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhan akar dan tunas tanaman
  3. Kalium berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah
Pupuk KCL
Pupuk KCl (Kalium Klorida) merupakan pupuk kimia yng memiliki kandungan kalium yng melimpah. Malah kadar K2O yng tersimpan di dalam pupuk ini mencapai 60 %. Jadi setiap 100 kg pupuk KCl memiliki kandungan K2O sebanyk 60 kg. Pupuk ini Amat tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung proses terjadinya pembungaan dan pembuahan pada tanaman.
Beberapa fungsi pupuk KCL yaitu :
  1. Menaikan kuantitas dan kualitas hasil panen
  2. Memperkuat struktur batang tanaman
  3. Menaikan ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit
Pupuk ZA
Pupuk ZA (Zwavelzure Ammoniak) merupakan pupuk kimia yng mempunyai kandungan utama berupa belerang. Pupuk ini mampu ditulis dalam rumus NH4SO4. Pupuk ini berbentuk butiran-butiran kristal dan memiliki rasa asin. Pupuk ini bersifat higroskopis lebih lemah daripada pupuk urea. Pupuk ZA memiliki kandungan belerang sebanyk 24 % dan nitrogen sebanyk 21 %.
Yang akan di sajikan kali ini manfaat-manfaat dari pupuk ZA :
  1. Memperbaiki kualitas hasil panen
  2. Menaikan kuantitas produksi tanaman
  3. Memberi pengaruh rasa dan warna hasil panen
  4. Membantu proses pembentukan zat gula
  5. Membantu pembentukan zat hijau daun
  6. Membuat besar ukuran umbi pada bawang merah dan bawang putih
  7. Menaikan jumlah anakan yng menghasilkan pada padi
  8. Mempertajam rasa manis pada tebu
Pupuk ZK
Pupuk ZK (Zwavelzure Kalium) merupakan pupuk kimia yng kaya akan kandungan belerang dan kalium. Secara lengkap, pupuk ini memiliki kandungan 50 % kalium (K2O), 17 % belerang (S), maksimal 2,5 % klorida (Cl), dan maksimal 1 % air. Pupuk ZK mempunyai wujud berupa bubuk halus yng berwarna putih. Karakteristik pupuk ini yakni gampang larut dalam air, tak higroskopis, boleh dicampur yang dengannya pupuk lain, dan aman dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk segala jenis tumbuh-tumbuhan.
Butuh diketahui, kegunaan pupuk ZK merupakan :
  1. Menurunkan tingkat keasaman tanah
  2. Menaikan kekuatan batang tanaman
  3. Menaikkan daya tahan tanaman
  4. Membuat besar hasil produksi tanaman


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/macam-macam-pupuk-kimia-dan-fungsinya.html.

Seputar Macam-macam Pupuk Kimia Dan Fungsinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Macam-macam Pupuk Kimia Dan Fungsinya