4 Jenis Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Yang Terganas

- September 22, 2017

4 Jenis Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Yang Terganas

 
Apa sajakah jenis-jenis penyakit tanaman kelapa sawit yang paling ganas? Membudidayakan kelapa sawit memanglah menjanjikan keuntungan yang Amat menggiurkan. Akan tetapi tanaman-tanaman ini berpotensi mati andai terserang penyakit yang rawan serta tak diatasi sesegera barangkali.
jenis-penyakit-tanaman-kelapa-sawit.jpg
Penyakit Kelapa Sawit
Setidaknya terdapat empat jenis penyakit yang kerapkali menyerang kelapa sawit serta bersifat Amat membahayakan. Di antaranya yakni penyakit daun menguning, penyakit cincin merah, penyakit layu fusarium, serta penyakit busuk pucuk. Nah yang akan di sajikan kali ini merupakan penjelasan dari kami wacana masing-masing penyakit yang telah di sebutkan selengkapnya :
Penyakit Daun Menguning
Penyakit daun menguning yang menyerang kelapa sawit umumnya penyebabnya yaitu oleh potyvirus. Penyakit ini ditandai dari layunya daun sampai-sampai berganti menjadi kecoklat-coklatan serta mengering. Selanjutnya, tanaman akan menunjukan gejala klorosis yang berbentuk cincin. Gejala-gejala yang lain-lainnya semisal mosaic stripe yaitu belang-belang berkelir hijau serta kuning di beberapa bagian tanaman sawit.
Penyakit Cincin Merah
Penyakit cincin merah ataupun yang disebut pula red ring disease adalah penyakit yang Amat rawan bagi kelapa sawit. Bagaimana tak, tanaman yang terjangkiti penyakit ini akan langsung mati cuma dalam beberapa bulan. Ciri-tandanya mampu diketahui pada daun yang tumbuh makin mengecil. Nampak pula bercak-bercak berwarna kuning hingga jingga di petiol serta daun tombak. Penyakit ini dinamakan cincin merah lantaran munculnya cincin-cincin berkelir merah di batang tanaman, walaupun tak selalu. Bintik-bintik hitam yang membentuk pola cincin tersebar di sepanjang batang sawit. Penyakit cincin merah penyebabnya yaitu oleh Bursaphelenchus cocophilus yang ditularkan melalui kumbang Rhynchophorus.
Penyakit Layu Fusarium
Marchitez disease ataupun penyakit layu fusarium diakibatkan oleh aktifitas Fusariumoxysporumf sp elaeidis, yaitu sejenis patogen viskular. Penyakit ini biasanya menyerang pelepah daun yang masih muda menjadikan terlihat menguning serta mengering. Pendapat dari laporan, penyakit layu fusarium ini paling tidak sedikit menyerang kelapa-kelapa sawit di Afrika serta Amerika Selatan.
Penyakit Busuk Pucuk
Penyakit busuk pucuk adalah penyakit yang menjangkiti pucuk daun dari kelapa sawit. Andaikan terserang, pucuk tanaman akan mengering serta berbau busuk disaat dipotong. Penyakit ini umumnya menyerang tanaman-tanaman yang akan memasuki masa berbuah serta pasca-panen. Penyakit busuk pucuk adalah penyakit sawit yang Amat rawan lantaran bisa menyebar secara cepat, khususnya bila serangan sudah menjangkiti titik tumbuh sawit. Adapun penyebab utama dari penyakit busuk pucuk pada tanaman kelapa sawit adalah Phytophthora palmivora.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/4-jenis-penyakit-tanaman-kelapa-sawit.html.

Seputar 4 Jenis Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Yang Terganas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 4 Jenis Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Yang Terganas