Ekspor Produk Sawit Tahun Ini Ditargetkan 23,7 Juta Ton

- Oktober 19, 2017

Ekspor Produk Sawit Tahun Ini Ditargetkan 23,7 Juta Ton

 
Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) memproyeksikan ekspor produk sawit serta turunannya di tahun 2015 sekitar 23,7 juta ton. Komposisi ekspor berupa crude oils (CPO serta lain-lainnya) sebesar 9,9 juta ton ataupun setara 42% dari jumlah target ekspor. Sedangkan ekspor dalam bentuk hilir sawit ataupun Processed Palm Oil (PPO) sebanyk 13,8 juta ton ataupun 58%.
Didasari data GIMNI, total volume ekspor sawit di tahun 2014 sebanyk 23,6 juta ton. Komposisinya berupa crude oils sebanyk 9,9 juta ton ataupun 42% dari total ekspor serta PPO 58% ataupun setara 13,7 juta ton.
Sahat Sinaga, Direktur Eksekutif GIMNI, mengujarkan, target ekspor di tahun ini identik yang dengannya pencapaian usaha sawit pada 2014. Sejumlah kendala memperlambat target ekspor produk sawit serta turunannya. Ia berharap pemerintah membuat terobosan kebijakan pada tahun ini. “ Sebaiknya, pemerintah memperbaiki kelancaran barang di pelabuhan bisa berjalan dengan lebih baik lagi,” jelasnya.
Jumlah pelabuhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melayani ekspor produk sawit serta turunannya masih dibatasi. Fasilitasnya pun tidak lebih memadai dalam hal cegah kontaminasi serta kecepatan muat, hal ini menghasilkan Suka timbul demurrage cost serta memicu pembeli luar negeri tak mau menanggung ketidakpastian schedule loading serta beranjak kapal. Demurrage cost yng makin meningkat kejadiannya, memicu sawit Indonesia selalu kalah bersaing yang dengannya negara – negara penghasil sawit lain-lainnya.Tingginya demurrage cost yng besar memperberat beban eksportir sawit. Kecepatan loading serta handling sawit di pelabuhan Indonesia tidak lebih memadai. Sahat mendorong pemerintah menerbitkan regulasi di seluruh pelabuhan ekspor dan memodernisasi fasilitas tangki timbun supaya waktu tunggu kapal di dermaga mampu dipersingkat.
Sahat mengujarkan harga minyak sawit dunia turun sejak kuartal III 2014 menjadikan kinerja industri hilir kelapa sawit (IHKS) relatif tak tidak jelek alias bagus dibandingkan tahun 2012 serta 2013. “Kinerja industri hilir sawit cenderung menurun pada tahun ini,” ucapnya.
Lebih lanjut, ia menyebutkan penurunan harga CPO membuat bea keluar sawit di level 0%. Dampaknya, eksportir memilih ekspor minyak sawit daripada produk PPO. Didasari Aturan Kemterian Perdagangan Nomor 93/2014, produk CPO mampu bebas bea keluar andaikan harga sawit dunia di bawah US$ 750 per ton.
Hingga Januari 2015, lanjut Sahat, Harga Patokan Ekspor (HPE) CPO sebesar US$ 625 per ton. Harga CPO diperkirakan Sahat akan rendah sampai-sampai Maret 2015. Perlambatan ekonomi global berpengaruh terhadap harga-harga barang komoditas, salah satunya kelapa sawit. Permintaan sawit dari Tiongkok serta negara maju dalam beberapa tahun yang terakhir ini tak begitu proaktif.
Sahat mengujarkan volume ekspor produk hilir sawit pada 2012-2014 grafiknya menurun. Jumlah total ekspor produk sawit sebanyk 20,7 juta ton. Sedangkan tahun 2013, volume ekspor produk sawit mencapai 22,9 juta ton.
Insentif
Sahat mengusulkan pemerintah memberikan insentif fiskal dalam bentuk tax holiday bagi atau bisa juga dikatakan untuk perusahan yng berinvestasi di Industri Hilir Kelapa Sawit yng nilainya di atas Rp 1 triliun. Tax allowance bagi investasi pun diharapkan bagi investor yng berinvestasi di luar pulau Sumatera serta Jawa. Investasi industi hilir sawit diperkirakan mencapai $ 2,03 miliar dalam rentang periode 2013-2015.
Selama ini produk CPO Indonesia Amat bergantung pada pasar luar negeri atau juga ekspor. Sekitar 70 % dari total produksi CPO di ekspor ke Eropa, Amerika serta negara-negara lain-lainnya. Sedangkan pasar dalam negeri cuma bisa atau mampu menyerap sekitar 30 %. Daya saing produk sawit Indonesia relatif rendah dibandingkan negara produsen lain-lainnya. Industri hilir sawit pun cenderung melambat. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, penyerapan produk sawit yng diproses di dalam negeri butuh ditingkatkan bersama-sama antara pengusaha sawit serta pemerintah.

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2015/02/ekspor-produk-sawit-2015-ditargetkan.html.

Seputar Ekspor Produk Sawit Tahun Ini Ditargetkan 23,7 Juta Ton

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ekspor Produk Sawit Tahun Ini Ditargetkan 23,7 Juta Ton