Cara Mengetahui Kecambah Sawit Yang Palsu

- Oktober 19, 2017

Cara Mengetahui Kecambah Sawit Yang Palsu

 
Bagaimana tatacara mengetahui kecambah sawit yang palsu? Seiring yang dengannya makin pesatnya pertumbuhan industri kelapa sawit di dalam negeri, kebutuhan akan kecambah sawit menjadi benih tanaman pun kian bertambah. Oleh lantaran itu dibutuhkan upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan bibit sawit yang mempunyai kualitas unggul dalam jumlah yang besar.
Meningkatnya bisnis pembudidayaan kelapa sawit khususnya di Indonesia pula dipicu oleh permintaan akan CPO (Crude Palm Oil) yang bertambah pesat, baik di pasar lokal ataupun pasar global. Satu dari sekian banyaknya faktor yang mendorong peningkatan pasar ini merupakan meluasnya penggunaan CPO bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali kebutuhan industri. Malah dalam beberapa kurun waktu yang terakhir ini, minyak sawit tidak sedikit dimanfaatkan dalam pembuatan biofuel, subtitusi, serta komplemen minyak diesel.
Akan tetapi di sayangkan peningkatan kebutuhan akan bibit ini tak diimbangi yang dengannya ketersediaan kecambah kelapa sawit di dalam negeri. Kondisi yang telah di sebutkan kemudian mendorong pemerintah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengimpor benih sawit dari luar negeri semisal Malaysia, Papua Nugini, serta Kostarika. Masalah muncul disaat terdapat oknum yang ingin mencari untung sebanyak-banyaknya yang dengannya memproduksi kecambah sawit secara asal-asalan tanpa memperhatikan kaedah yang benar. Alhasil, kecambah yang diperoleh mempunyai kualitas yang tidak terkontrol serta jenisnya pun tak bisa diketahui.
mengetahui-kecambah-sawit-asli.jpg
Kecambah kelapa sawit asli merupakan kecambah yang dbuat melalui proses hibridasi mempergunakan sumber benih yang sesuai yang dengannya ketentuan. Sedangkan kecambah kelapa sawit palsu adalah kecambah yang diproduksi secara sembarangan tanpa memperhatikan ketentuan yang berlaku. Meskipun harganya cenderung lebih murah, pemakaian kecambah palsu yang memiliki mutu tak terperinci ini akan menghasilkan masa pertanaman lebih lambat, tingkat produktifitasnya rendah, serta proses pengolahannya tak efesien. Jadi kesimpulannya penggunaan benih palsu pada akhirnya pula akan mengurangi pendapatan lantaran kualitasnya tak terperinci.
Kemudian, bagaimana sih tatacaranya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui kecambah kelapa sawit yang palsu? Yang akan di sajikan kali ini ciri-ciri benih palsu yang Perlu Kamu perhatikan, antara lain :
  1. Tingkat ketebalan tempurungnya lebih tipis karena diambil langsung dari kebun
  2. Tekstur permukaan biji akan terasa lebih kasar serta tampak kotor
  3. Prosentasi tingkat kematian kecambah pula lebih tinggi
Selain daripada karakteristik di atas, kecambah kelapa sawit yang palsu mampu dideteksi juga sesudah benih yang telah di sebutkan tumbuh menjadi tanaman kelapa sawit. Di antaranya pertumbuhan tanaman terlihat tidak lebih normal, pertumbuhannya pun tak seragam, serta tingkat produktifitasnya rendah sekali. Buah kelapa sawit yang diperoleh oleh kecambah palsu pula memiliki tingkat rendemen minyak yang cukup rendah.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/03/cara-mengetahui-kecambah-sawit-yang.html.

Seputar Cara Mengetahui Kecambah Sawit Yang Palsu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengetahui Kecambah Sawit Yang Palsu