Pelajari Cara Menanam Bibit Anakan Kelapa Sawit Ini!

- September 10, 2017

Pelajari Cara Menanam Bibit Anakan Kelapa Sawit Ini!

 
Bagaimana tips menanam bibit anakan kelapa sawit? Pada biasanya, bibit yng dipakai dalam budidaya kelapa sawit berupa tanaman yng masih muda berumur sekitar 3-7 bulan. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp17.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit berusia 0-3 bulan, Rp25.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng berumur 3-6 bulan, serta bibit kelapa sawit yng berusia lebih dari 7 bulan dihargai Rp30.000 per tanaman.
cara-menanam-bibit-kelapa-sawit.jpg
Bibit Kelapa Sawit
Yang dengannya alasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menekan biaya produksi, banyak sekali pula para petani yng lebih memilih mengembangkan bibit-bibitnya secara berdikari. Akan tetapi tentu benih yng dipakai berupa benih unggulan yng dibeli langsung dari balai pertanian terdekat. Sesudah itu, benih-benih yang telah di sebutkan akan melalui proses pembuatan kecambah kelapa sawit berlebi dahulu lantas disemai menjadikan tumbuh menjadi bibit mempunyai kualitas tinggi.
Butuh diketahui, bibit kelapa sawit yng telah layak ditanam di lahan terbuka merupakan bibit yng berusia minimal 8 bulan. Pada usia semisal ini, kelapa sawit tengah berada dalam puncak masa pertumbuhannya. Bibit-bibit ini pula memiliki daya tahan terhadap hama serta penyakit yng lebih baik menjadikan potensi keberhasilannya pun makin tinggi.
Jadi sambil menunggu bibit-bibit kelapa sawit telah mempunyai usia yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara di lahan, kamu mampu menanam tumbuhan palawija berlebi dahulu. Disarankan tanamlah tumbuhan dari keluarga kacang-kacangan lantaran tingkat pertumbuhan tanaman ini relatif cepat. Akarnya pun bisa atau mampu membuat pori-pori tanah makin terbuka lebar menjadikan gembur serta sarat oksigen. Begitupun yang dengannya daun sisa panen yng selanjutnya mampu dimanfaatkan menjadi pupuk kompos.
Persiapan Lahan Penanaman
Hal terpenting yng Perlu diperhatikan dalam persiapan lahan penanaman kelapa sawit ini merupakan mengatur jarak tanam antar-pohon yang dengannya tepat. Adapun jarak ideal penanaman kelapa sawit yng dianjurkan berkisar antara 9 hingga 10 meter. Tujuannya agar bisa akar tanaman kelapa sawit yang telah di sebutkan mampu tumbuh maksimal serta tak berebut nutrisi yang dengannya kelapa-kelapa sawit lain di sekitarnya.
Sedangkan pola penanaman yng paling baik mempergunakan bentuk segitiga percis sisi. Hal ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah pemantauan tanaman serta pengangkutan hasil di masa panen kelapa sawit.
Pembuatan Lubang Penanaman
Pembuatan lubang penanaman yng membentuk pola segitiga percis sisi bisa dibantu memakai tali tambang ataupun rafia. Lantas bentangkan tali-tali yang telah di sebutkan dari utara ke selatan yang dengannya jarak per tali adalah 9 meter. Lantas pasang pula tali-tali dari timur ke barat yang dengannya jarak yng percis yakni 9 meter. Yang dengannya demikian kini terbentuk barisan tali-tali yng saling tegak lurus.
Pasanglah patok bambu menjadi penanda bagi atau bisa juga dikatakan untuk lubang penanaman di setiap pertemuan tali tadi menjadikan membentuk pola zigzag. Ulangi hingga seluruh area lahan telah dipasangi patok penanda.
Ukuran panjang serta lebar bagi atau bisa juga dikatakan untuk lubang penanaman kelapa sawit yng ideal merupakan 50 cm x 50 cm. Sedangkan ukuran kedalaman lubang penanaman yng tepat mencapai 40 cm. Sesudah lubang selesai dibuat, kamu mampu menaburkan pupuk sangkar serta pupuk kompos guna menaikan kesuburan tanahnya.
Penanaman Bibit Kelapa Sawit
Proses penanaman bibit kelapa sawit sebaiknya di lakukan disaat awal musim hujan sekitar bulan Oktober-November. Alasannya tak lain supaya bibit-bibit anakan sawit yang telah di sebutkan mampu memperoleh air dalam jumlah yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam bibit kelapa sawit, mulailah yang dengannya mengalihkan bibit anakan dari tempat penyemaian ke area-area strategis yng berdekatan yang dengannya lubang penanaman. Selanjutnya bukalah polybag yng membungkus akar kelapa sawit yang dengannya hati-hati supaya tak memicu kerusakan. Lantas sesegera barangkali tanamkan anak kelapa sawit ini ke dalam lubang penanaman yng telah disiapkan sebelumnya. Jangan tidak ingat timbun kembali yang dengannya tanah tanpa menekan-nekannya lantas siram memakai air secukupnya. Ulangi langkah ini hingga seluruh lubang penanaman terisi yang dengannya bibit anakan kelapa sawit.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/pelajari-cara-menanam-bibit-anakan.html.

Seputar Pelajari Cara Menanam Bibit Anakan Kelapa Sawit Ini!

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pelajari Cara Menanam Bibit Anakan Kelapa Sawit Ini!