Membuat Minyak Goreng Kelapa Sawit Secara Tradisional

- September 10, 2017

Membuat Minyak Goreng Kelapa Sawit Secara Tradisional

 
Bagaimana tatacaranya membuat minyak goreng kelapa sawit secara tradisional? Minyak goreng adalah bahan makanan nabati yng tidak sedikit dipergunakan dalam pembuatan suatu masakan semisal menggoreng serta menumis. Kebanykan produk minyak goreng yng dijual di pasaran terbuat dari kelapa sawit atau juga palm oil.
cara-membuat-minyak-goreng-secara-tradisional.jpg
Minyak Goreng
Proses pembuatan minyak goreng oleh pabrik di lakukan mempergunakan serangkaian metode yng modern serta canggih. Hal ini bertujuan guna mengefektifkan anggaran produksi, mengefisienkan waktu, serta mengontrol kualitas produksi yng di lakukan secara massal. Namun tahukah kamu, diluar dugaan minyak goreng pula mampu dibuat yang dengannya mempergunakan tatacara tradisional? Malah metode ini sudah dikenal oleh nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala.
Di bawah ini merupakan tatacara pembuatan minyak goreng kelapa sawit secara tradisional ala KLPSWT!
Alat serta Bahan :
  • Buah Kelapa Sawit
  • Panci
  • Tungku ataupun Kompor
  • Alu serta Lesung
  • Kain Katun
  • Wajan
  • Irus; irus merupakan sendok besar yng cekung umumnya terbuat dari tempurung kelapa
  • Botol
  • Corong
Langkah-langkah :
  1. Kupas serabut kelapa sawit, lantas pecahkan cangkangnya. Ambil daging buah kelapa sawit yang telah di sebutkan serta kumpulkan di dalam panci.
  2. Rebus daging buah kelapa sawit di dalam air mendidih hingga teksturnya menjadi benar-benar lunak. Lama perebusan biasanya memakan waktu sampai-sampai lebih dari 1 jam ataupun disesuaikan yang dengannya jumlah kelapa sawit yng direbus.
  3. Tuangkan daging buah kelapa sawit yng sudah matang serta bertekstur lembut ini lantas dituangkan ke dalam lesung. Lantas tumbuk mempergunakan alu hingga teksturnya berganti menjadi semisal bubur.
  4. Bubur kelapa sawit ini kemudian disaring memakai kain katun bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan air sari dari ampasnya. Kerjakan langkah yang telah di sebutkan semisal tatkala Kamu memeras santan kelapa yang dengannya menambahkan air secukupnya sebanyk dua kali.
  5. Sesudah proses pemerasan air sari kelapa sawit selesai, selanjutnya air yang telah di sebutkan direbus sampai-sampai mendidih. Jangan tidak ingat aduk terus-menerus mengaduknya secara teratur supaya santan kelapa sawit tak pecah.
  6. Sesudah menunggu beberapa waktu, dari santan yng telah mendidih itu lambat laun akan tampak lapisan minyak goreng berwarna kuning keemasan yng terbentuk di atas santan. Ambil minyak goreng yang telah di sebutkan mempergunakan irus tidak banyak demi tidak banyak.
  7. Minyak goreng yng telah terkumpul tidak sedikit kemudian dimasukkan ke dalam botol yang dengannya bantuan corong. Supaya lebih awet, botol itu sebaiknya butuh divakum berlebi dahulu menjadikan kedap udara. Simpen botol berisi minyak goreng ini di tempat yng sejuk, tak lembab, serta terhindari dari sinar matahari.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/11/membuat-minyak-goreng-kelapa-sawit.html.

Seputar Membuat Minyak Goreng Kelapa Sawit Secara Tradisional

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Membuat Minyak Goreng Kelapa Sawit Secara Tradisional