Ini Perbedaan Minyak Kelapa Dan Minyak Sawit

- Oktober 18, 2017

Ini Perbedaan Minyak Kelapa Dan Minyak Sawit

 
Apakah perbedaan minyak kelapa dan minyak sawit? Minyak tropis semisal minyak kelapa dan minyak sawit sama-sama berasal dari tumbuh-tumbuhan dalam famili Arecaceae. Namun keduanya mempunyai perbedaan yng cukup signifikan lebih-lebih dalam hal kandungan nutrisinya.
Minyak sawit terbuat dari bagian inti buah segar dari tanaman kelapa sawit (Elaeis Guineensis) yng diproses sedemikian rupa. Rata-rata produksi minyak sawit dunia mencapai 4,7 juta ton per tahun. Sedangkan minyak kelapa terbuat dari daging buah asal tanaman kelapa (Cocos nucifera) yng dikeringkan, ataupun biasa disebut kopra, lantas diproses mempergunakan metode tertentu. Minyak kelapa seringkali dibuat juga menjadi margarin dan butter.
perbedaan-minyak-kelapa-sawit.jpg
Tatkala ini, Filipina adalah negara penghasil minyak kelapa terbanyak di dunia. Sementara itu, pada tahun 1995, Malaysia pernah menjadi negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar lantaran bisa atau mampu memproduksi 51% dari total produksi dunia. Akan tetapi sejak tahun 2007, Indonesia yng mencapai maupun meraih gelar ini karena bisa atau mampu menguasai lebih dari 50% volume minyak sawit dunia.
Kandungan Kalori
Lantaran memiliki kandungan lemak yng cukup tidak sedikit, baik minyak kelapa ataupun minyak sawit memiliki kandungan energi yng tinggi. Tercantum 1 sdm minyak sawit menyimpan 120 kalori, sedangkan 1 sdm minyak kelapa mempunyai 117 kalori. Dalam takaran yng percis, keduanya pula memiliki kandungan lemak nabati sebanyk 13,6 gram. Di sayangkan, karbohidrat dan protein yng tersimpan di dalam minyak-minyak ini sangatlah minim.
Kandungan Lemak
Kandungan lemak yng ada di minyak tropis salah satunya tinggi. NYU Langone Medical Center memperkirakan bahwasanya minyak kelapa memiliki kandungan 90% lemak jenuh. Sementara itu, minyak sawit mempunyai kandungan lemak jenuh dan lemak tidak jenuh yang dengannya rasio 1:1. Asosiasi Jantung Amerika menyarankan bagi kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkonsumsi lemak jenuh seminim barangkali lantaran memiliki kandungan kadar kolesterol yng tinggi dan berisiko menghasilkan penyakit kardiovaskuler.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/02/ini-perbedaan-minyak-kelapa-dan-minyak.html.

Seputar Ini Perbedaan Minyak Kelapa Dan Minyak Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Perbedaan Minyak Kelapa Dan Minyak Sawit