Ekspor Produk Turunan Kelapa Sawit Naik | Statistik Harga

- Oktober 14, 2017

Ekspor Produk Turunan Kelapa Sawit Naik | Statistik Harga

 
09 Februari 2015 - EKSPOR produk turunan kelapa sawit tahun ini diprediksi masih bertumbuh. Tiga asosiasi industri hilir kelapa sawit memproyeksikan, ekspor hilir kelapa sawit (HKS) akan naik menjadi 13,8 juta ton.
Industri HKS yaitu Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Asosiasi Produsen Biodiesel (APROBI) serta Asosiasi Perusahaan Oleokimia (APOLIN) menghitung ekspor HKS naik tipis menjadi 13,8 juta ton ataupun berkontribusi 58% dari total ekspor produk sawit 2015 sebesar 23,7 juta ton.
Walau naik tipis 0,5% dibandingkan ekspor tahun 2014 sebesar 13,7 juta ton, akan tetapi ekspor produk HKS masih lebih rendah daripada pencapaian tahun 2013 yng mencapai 13,9 juta ton.
Cuma saja, tahun ini volume ekspor HKS ke Eropa diprediksi bakal ada kenaikan. Hal ini berkaca pada ekspor ke Eropa tahun 2014 sebesar 4,13 juta ton ataupun naik 3% dari 4 juta ton pada tahun 2013.
Togar Sitanggang, Ketua APOLIN mengujarkan, tatkala ini telah ada sejumlah negara tujuan baru menjadi market ekspor Indonesia. Misalnya, pasar Amerika Serikat (AS), Timur Sedang serta Pakistan. Akan tetapi sebetulnya pelaku bisnis lebih gembira andai penyerapan bahkan berada di dalam negeri.
"Ekspor turun sebenarnya tidak masalah. Kalau penyerapan dalam negeri yakni biodisel memang meningkat. Meski begitu pasar ekspor juga bukan berati hilang. Sebab ada negara tujuan baru, " imbuh Togar Jumat (8/2). (net/lhl)

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2015/02/ekspor-produk-turunan-kelapa-sawit-naik.html.

Seputar Ekspor Produk Turunan Kelapa Sawit Naik | Statistik Harga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ekspor Produk Turunan Kelapa Sawit Naik | Statistik Harga