Busuk Pangkal Batang Pada Kelapa Sawit

- Oktober 31, 2017

Busuk Pangkal Batang Pada Kelapa Sawit

 
Penyakit Busuk Pangkal Batang ataupun Basal Stem Rot (BSR) merupakan suatu penyakit yng paling tidak sedikit menyerang tanaman sawit di Indonesia, menjadikan memicu kerugian yng cukup besar bagi petani pekebun serta perusahaan. Tanda tanaman sawit yng di kenai BSR ini merupakan daun berwarna hijau pucat, janur (daun muda) yng terbentuk tidak banyak, daun tua menjadi layu serta lantas patah, dan dari tempat yng terinfeksi mengeluarkan getah.
Penyakit BSR ini dia yng umumnya memicu pohon sawit mampu tumbang ataupun patah batang secara mendadak, seolah tanpa karena, menimpa orang ataupun pekerja, menjadikan Suka dikaitkan yang dengannya takhayul. Sialnya, kepatahan pohon itu Suka berlangsung tatkala pekerja tengah memanen TBS yang dengannya tatacara mengegreknya. Tarikan egrek itu menjadi pemicu tumbangnya pohon, serta umumnya mengarah ke pekerja.
Adapun penyebab BSR ini merupakan sejenis jamur mikroskopis yng bernama Ganoderma sp. Ada beberapa varian dari ganoderma sp, diantaaranya merupakan : G.applanatum, G.lucidum, G.pseudofferum serta yng paling tidak sedikit didapati di Indonesia merupakan G.boninesse.
Hingga sepuluh tahun yng lantas, belum didapati tatacara yng efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk membasmi jamur ganoderma sp. ini. Dalam banyak sekali percobaan di laboratorium, hampir seluruh fungisida kimiawi bisa mengatasi jamur ini, akan tetapi tak disaat diterapkan di lapangan.
Adapun perlakuan yang dengannya fungisida sistemik (Tridemorph serta Dazomet) yang dengannya suntikan bertekanan ke arah akar memanglah bisa atau mampu memberikan batas penyebaran, akan tetapi tatacara ini susah diterapkan lantaran susah memastikan zat aktif benar-benar langsung diserap akar.
Lantas dikembangkan pengendalian ganoderma secara biologis, yakni yang dengannya menumbuhkembangkan musuh alaminya. Adapun musuh alami ganoderma sp. merupakan jamur trichoderma sp. Jamur trichoderma sp. ini bersifat tak merugikan bagi tanaman serta hewan ataupun kita-kita, akan tetapi adalah predator ataupun musuh alami ganoderma sp. Bila dilihat yang dengannya mikroskop, trichoderma sp. membelit serta mematikan ganoderma sp. dalam waktu enam hari saja sejak kontak pertama.
Beberapa perusahaan produsen bio pestisida lantas memproduksi serta memasarkan trichoderma sp. ini. Beberapa merk dagang yng telah masuk ke Indonesia diantaranya merupakan : NaturalGlio produksi NASA, AgenT produksi MOSA, M-Dec produksi MM serta EvaGrow produksi TIENS. Adapun tatacara pemakaian bio pestisida itu, tentu bisa dibaca pada label ataupun kemasannya. Penting kami sampaikan, supaya para pemakain bio pestisida selalu mematuhi peraturan tatacara pakai yng telah ditetapkan produsen masing-masing.
Selain yang dengannya mempergunakan bio pestisida yng ramah lingkungan, mampu pula yang dengannya tatacara membuat lingkungan tumbuh ganoderma menjadi tak sesuai, menjadikan jamur ganoderma ini tak ataupun susah berkembang. Pemberian kalsium nitrat (produksi Norsk Hydro, yang dengannya kandungan N 15% serta Ca 19%) bisa menjadi penghalang terhadap serangan penyakit BSR, dimana jamur patogen menjadi melemah secara statis serta pertumbuhannya menurun/melambat.
Beberapa perusahaan besar penanam kelapa sawit ada pula yng mempergunakan sistim penanaman lubang dalam lubang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penyebaran jamur ganoderma ini. Adapun mengenai penanaman yang dengannya sistim lubang dalam lubang ini sudah kami tulis dalam goresan pena sebelumnya.
Betapapun, pada serangan yng berat, maka pohon Perlu ditumbang serta dibakar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penularan yng lebih parah.
Demikian kami sampaikan tidak banyak analisis wacana penyakit busuk pangkal batang pada tanaman kelapa sawit. Bila ada yng butuh penjelasan, mampu menghubungi pon-sel 081263076562. Kami akan senang belajar serta membagikan ilmu pertanian yang dengannya seluruh pihak.
Penulis merupakan staf pada UKM Tani Muda yng memproduksi serta memasarkan kecambah bibit kelapa sawit non sertfikat.
Mengenai penyakit tanaman sawit yng lain-lainnya (ada sebelas jenis lagi) Insya Allah akan kami tulis di peluang berbeda.

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2013/04/busuk-pangkal-batang-pada-kelapa-sawit.html.

Seputar Busuk Pangkal Batang Pada Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Busuk Pangkal Batang Pada Kelapa Sawit