Langkah-langkah Panen Buah Kelapa Sawit

- Juli 05, 2017

Langkah-langkah Panen Buah Kelapa Sawit

 
Tahukah kamu, kelapa sawit umumnya bisa dipanen seusai berumur 31 bulan sejak penanaman di lahan. Akan tetapi ada pula kelapa sawit yng berbuah disaat usianya sudah menginjak 2,5 tahun, di mana buah akan benar-benar matang seusai 6 bulan lantas. Mampu disebut dari 5 pohon kelapa sawit setidaknya ada satu tandan buah yng mampu diambil setiap minggunya.
panen-kelapa-sawit.jpg
Kelapa Sawit yng Matang
Tanda-ciri tandan buah kelapa sawit yng sudah layak panen merupakan bobotnya kira-kira lebih dari 10 kg. Selain itu, terdapat minimal 10 buah sawit yng jatuh lantaran terlepas sendiri dari tandannya. Andai bobot tandan sawit di bawah 10 kg, maka setidaknya sudah ada 5 buah sawit matang yng jatuh sendiri. Ciri yng lain khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk tandan kelapa sawit yng memberondol, bobot rata-ratanya adalah 3 kg.
Proses memanen kelapa sawit di lakukan pada tandan yng mempunyai tingkat kematangan mencapai fraksi 1-3. Maksudnya prosentasi buah yng matang serta jatuh sendiri antara 12,5-75 %. Teknik pemanenan mampu di lakukan yang dengannya mempergunakan dua metode yakni system tetap serta system giring.
Yang akan di sajikan kali ini langkah-langkah pemanenan kelapa sawit :
  1. Pilih tandan kelapa sawit yng sudah matang yang dengannya kriteria 25-75 % buah tidak lebih matang, 12,5-25 % buah memberondol, serta sisanya buah matang.
  2. Potong pelepah daun yng menyangga buah serta tandan buah mempergunakan egrek di bagian pangkalnya. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pohon yng masih rendah mampu diambil tandannya mempergunakan dodos.
  3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah pemantauan tanaman, berikan keterangan berupa tanggal panen di bekas potongan ciri tadi.
  4. Kumpulkan pelepah daun kelapa sawit yang dengannya menelengkupkannya di gawangan supaya tak berserakan di mana-mana dan bisa menimbulkan berkembangnya hama serta penyakit.
  5. Ciri-tandan buah sawit kemudian diangkut mempergunakan gerobak ke tempat pengumpulan. Selanjutnya, tandan-tandan ini diangkut kembali ke pabrik mempergunakan kendaraan beroda empat bak terbuka.
Frekuensi panen kelapa sawit bisa dikerjakan setiap enam hari dalam seminggu. Satu hari sisa umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk beristirahat serta merawat alat-alat panen. Di samping itu, hal ini pula bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan peluang tanaman-tanaman budidaya menyesuaikan diri kembali. Jangan pernah memanen buah yng masih mentah karena bisa memicu kelapa sawit mengalami stres serta enggan menghasilkan bunga betina.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/langkah-langkah-panen-buah-kelapa-sawit.html.

Seputar Langkah-langkah Panen Buah Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Langkah-langkah Panen Buah Kelapa Sawit