Nih, Cara Pengendalian Gulma Pada Kelapa Sawit

- November 08, 2017

Nih, Cara Pengendalian Gulma Pada Kelapa Sawit

 
Bagaimana tatacaranya pengendalian gulma pada kelapa sawit? Supaya tanaman kelapa sawit yng dibudidayakan mempunyai tingkat produktifitas yng tinggi, kamu butuh merawatnya secara rutin. Satu dari sekian banyaknya bentuk perawatan yng mesti wajib diperhatikan merupakan mengendalikan gulma-gulma yng tumbuh di sekeliling tanaman budidaya.
cara-mengendalikan-gulma-kelapa-sawit.jpg
Gulma Pada Kelapa Sawit
Suatu tanaman mampu disebut menjadi gulma manakala tanaman yang telah di sebutkan mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya. Umumnya tanaman ini tumbuh di sekeliling tanaman utama ataupun menempel pada pokok tanaman. Tumbuh-tumbuhan yng hidup di tempat yng tak semestinya pun bisa digolongkan gulma. Beberapa semisal gulma bagi kelapa sawit misalnya rumput, ilalang, bambu, serta pisang.
Didasari metode yng dipakai, pengendalian gulma pada kelapa sawit bisa di lakukan memakai 3 jenis tips, antara lain :
1. Metode Manual
Metode manual merupakan tips penanggulangan gulma yang dengannya mempergunakan tenaga kita-kita. Cara ini umumnya di lakukan yang dengannya mencabuti membabati gulma-gulma yng tumbuh di sekeliling tanaman budidaya kelapa sawit. Pengcangkolan pula mampu di lakukan guna memberantas tanaman pengganggu ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlambat tumbuhnya gulma kembali, para petani pula Suka menutup area piringan yang dengannya mesh.
2. Metode Mekanis
Metode mekanis di lakukan yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan bantuan mesin bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan gulma di lahan budidaya. Lantaran mempergunakan mesin, tentu saja pekerjaan pun menjadi terasa lebih ringan serta lebih cepat. Beberapa mesin yng biasanya dioperasikan di kebun-kebun kelapa sawit di antaranya mesin babat, traktor tangan, serta traktor.
3. Metode Kimia
Metode kimia ini adalah suatu metode yng mempergunakan bahan-bahan kimia guna mengendalikan pertumbuhan gulma. Itu sebabnya, penerapannya pun Perlu berhati-hati serta sesuai petunjuk di kemasan. Pemberian dosis yng keliru bahkan mampu merusak kondisi lahan budidaya. Herbisida adalah bahan yng tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi gulma pada tanaman kelapa sawit. Di samping kamu pula bisa mempergunakan serta memanfaatkan minyak-minyak yng khusus dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengontrol gulma ini.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/nih-cara-pengendalian-gulma-pada-kelapa.html.

Seputar Nih, Cara Pengendalian Gulma Pada Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Nih, Cara Pengendalian Gulma Pada Kelapa Sawit