6 Cara Membuat Pestisida Organik Sederhana

- November 08, 2017

6 Cara Membuat Pestisida Organik Sederhana

 
Bagaimana tatacara membuat pestisida organik yng simpel? Pestisida merupakan zat yng beracun bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh hama. Ada dua jenis pestisida pendapat dari bahan bakunya yakni pestisida organik serta pestisida kimiawi. Lantaran terbuat dari bahan-bahan alami, pestisida organik bersifat ramah terhadap lingkungan.
Dasarnya memang, pestisida organik mempergunakan bahan aktif yng berasal dari tumbuh-tumbuhan yng berguna mengendalikan hama pada tanaman. Oleh karena itu, pestisida yang telah di sebutkan percis sekali tak mengabaikan atau meninggalkan residu yng rawan bagi lingkungan. Proses pembuatan pestisida ini pula gampang, peralatannya murah, yang dengannya teknik yng simpel.
cara-membuat-pestisida-organik.jpg
Di bawah ini beberapa tatacara yng bisa di tempuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat pestisida secara organik!
  1. Umbi Bawang Putih
Pestisida organik yng terbuat dari bahan baku yakni umbi bawang putih terbukti efektif dalam mengendalikan sejumlah hama tanaman. Cara pembuatan pestisida dari bahan ini merupakan memarut 100 gram umbi bawang putih. Campurkan bawang putih halus ini yang dengannya 1/2 liter air, 10 gram deterjen, serta 2 sendok teh minyak tanah. Diamkan cairan ini dalam waktu 24 jam, lantas saring. Sebelum mampu dipakai, cairan bawang putih ini Perlu diencerkan dahulu memakai air bersih yang dengannya perbandingan 1:20.
  1. Daun Sirsak
Tahukah Kamu, ada kandungan bahan aktif annonain serta resin pada daun sirsak yng ampuh menjadi pengendali hama yng berjenis trip. Cara membuatnya dimulai yang dengannya menumbuk 50-100 lembar daun sirsak sampai-sampai halus. Lantas hasil tumbukan ini direndam di dalam 5 liter air yng sudah ditambahi 15 gram deterjen dalam waktu 24 jam. Keesokan harinya Kamu mampu menyaring cairan ini mempergunakan kain yng halus. Sebelum dipakai, encerkan berlebi dahulu yang dengannya mencampurkan 1 liter larutan pestisida serta 10-15 liter air.
  1. Daun Pepaya
Papain tidak sedikit terdapat di dalam daun pepaya dan Amat tidak jelek alias bagus dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan hama berupa ulat serta penghisap. Ambil 1 kg daun pepaya, lantas rajanglah yang dengannya potongan yng halus. Sesudah itu, rendam rajangan daun pepaya ini ke dalam 10 liter air. Tambahkan 2 sendok makan minyak tanah serta 30 gram deterjen ke dalam air tadi, lantas biarkan semalaman. Sebelum dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemprot tanaman, pestisida ini Perlu disaring berlebi dahulu.
  1. Daun Tembakau
Daun tembakau memiliki kandungan nikotin menjadikan efektif dalam membasmi hama yng berjenis penghisap. Rajanglah 250 gram daun tembakau, lantas rendam di dalam air sebanyk 8 liter selama 24 jam. Saring hasil rendaman yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan daun tembakau dari air sarinya. Tambahkan 2 sendok teh deterjen ke dalam air tembakau. Aduk agar bisa tercampur yang dengannya rata.
  1. Biji Srikaya
Biji srikaya diluar dugaan memberikan manfaat menjadi obat pengendali hama yng alami lho. Khasiat ini terdapat pada biji srikaya lantaran memiliki kandungan annonain serta resin yng mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan hama ulat serta hama penghisap. Mulailah yang dengannya menumbuk 15-25 gram biji srikaya hingga halus. Lantas rendam hasil tumbukan tadi ke dalam 1 liter air yng telah dicampur yang dengannya 1 gram deterjen. Aduk agar bisa bahan-bahan ini tercampur. Sesudah itu, Kamu mampu mendiamkan larutan ini selama satu malam.
  1. Biji serta Daun Nimba
Nimba (Azadirachta indica A. Juss) mempunyai kandungan bahan aktif semisal azadirachtin, nimbinen, meliantrol, serta salanin. Jadi tanaman ini mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberantas hama penghisap, nematoda, bakteri, ulat, serta jamur. Guna membuat pestisida dari tanaman nimba, Kamu butuh 200-300 gram biji nimba yng ditumbuk halus, lantas direndam di dalam 10 liter air serta dibiarkan selama 24 jam. Pilihan yng lain adalah menyiapkan 1 kg daun nimba kering yng direndam di 10 liter air selama 24 jam. Barulah lantas air hasil rendaman yang telah di sebutkan disaring berlebi dahulu sebelum dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membasmi hama yng menyerang tanaman.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/10/6-cara-membuat-pestisida-organik.html.

Seputar 6 Cara Membuat Pestisida Organik Sederhana

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 6 Cara Membuat Pestisida Organik Sederhana