Cara Menanam Nangka Mini Dalam Pot – Tabulampot Nangka Mini

- November 04, 2017

Cara Menanam Nangka Mini Dalam Pot – Tabulampot Nangka Mini

 
cara menanam nangka mini dalam potCara Menanam Nangka Mini dalam Pot ataupun Tabulampot Nangka Mini. Nangka mini adalah varietas baru jenis nangka. Tanaman yng cuma mempunyai tinggi 3—5 meter ini sepertinya cocok dijadikan tanaman buah dalam pot. Apalagi sifatnya yng cepat berbuah, membuat nangka mini kian dicari.

A. Sipat-sipat Pohon Nangka Mini

Buah nangka mini bisa dinikmati sesudah 4 bulan berbunga ataupun 1,5 tahun sejak penanaman di lakukan. Bentuk buahnya percis saja semisal buah nangka pada umumya, cuma saja nangka mini lebih kecil. Bobot buah rata-rata cuma 5—7,5 kg, namun bisa mencapai 15 kg pada varietas tertentu.

B. Syarat Tumbuh Pohon Nangka Mini

1. Butuh ketinggian tempat 700 m dpl yang dengannya tanah gembur agak berpasir.
2. Curah hujan sekitar 2.500—3.000 mm per tahun.
3. Suhu udara minimum 16—21° C serta maksimum 31—31,5° C.

C. Memilih Bibit Nangka Mini

Bibit nangka mini mampu diperoleh dari hasil perbanyakan biji serta sambung susu. Akan tetapi, dilihat dari produksi buah, bibit hasil perbanyakan yang dengannya tips sambung susu lebih cepat dibandingkan bibit dari perbanyakan biji. Menjadi perbandingan, bibit dari perbanyakan sambung susu bisa berbuah disaat berumur 2—3 tahun. Sementara itu, bibit hasil biji produksi kontinunya mampu diperoleh disaat bibit telah berumur di atas 5 tahun.
tabulampot nangka mini

D. Media Tanam Tabulampot Nangka Mini

Media tanam yng dipakai Perlu porous. Biasanya, campuran media tanam yng digunaan hobiis tabulampot bagi atau bisa juga dikatakan untuk nangka mini merupakan tanah subur, pupuk sangkar, sekam mentah yang dengannya perbandingan 1 : 2 : 1.

E. Perawatan Harian Tabulampot Nangka Mini

a. Penyiraman
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit, penyiraman di lakukan secara teratur satu kali sehari, yaitu setiap pagi hari. Akan tetapi, andai musim hujan, penyiraman cukup di lakukan empat ataupun tiga kali sehari.
b. Pemupukan
  1. NPK (15-15-15) yang dengannya dosis 25 gram per tanaman serta KNO3 sebanyk 5 gram per tanaman. Pupuk yang telah di sebutkan diberikan setiap sebulan sekali. Akan tetapi, sesudah tanaman mulai berbuah, pupuk cukup diberikan 6 bulan sekali.
  2. Pupuk sangkar ataupun kompos sebanyk 5 kg, diberikan 1—2 kali setahun.
  3. Pupuk daun berupa Gandasil D ataupun Bayfolan setiap dua minggu hingga tanaman berumur 17 bulan.
c. Pemangkasan
Umumnya, pada batang tanaman Suka tumbuh tunas-tunas baru. Sebaiknya, tunas-tunas cuma dipilih yng sehat serta kekar, sisanya Perlu dibuang. Tunas yng tak produktif andai didiamkan malah bisa mengganggu perkembangan batang pokok. Pemangkasan cabang dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur pembuahan, lantaran bunga betina muncul pada batang utama ataupun cabang primer. Selain cabang, pemangkasan ranting yng lemah serta rapat Amat dianjurkan. Tujuannya supaya sinar matahari tak terhalangi, menjadikan merangsang pembungaan.

F. Merangsang Pembungaan Nangka Mini

    perawatan nangka mini
  1. Hentikan penyiraman sampai-sampai media kering, sekitar 7 hari. Siram kembali media sambil diberikan 3 sendok makan NPK 16 : 16 : 16. Seusai itu, media dibiarkan mengering kembali. Lakukan perlakuan ini sampai-sampai 2—3 kali hingga bunga muncul.
  2. Seusai bunga muncul, lakukan penyiraman sehari-hari. Kekurangan air bisa memicu bunga rontok.
  3. Letakkan tanaman di tempat yng di kenai sinar matahari langsung.
  4. Cara lain yng mampu di lakukan merupakan melukai, mengebor, ataupun mengikat batang. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghambat hasil asimilasi daun supaya tak menyebar ke seluruh bagian tanaman, namun cuma difokuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang pembungaan.

G. Penjarangan serta Pembungkusan Buah Nangka Mini

Satu dahan sebaiknya cuma ditumbuhi satu buah nangka. Yang dengannya begitu, buah akan mekar sempurna. Selain itu, buah yng sudah dipilih pula langsung dibungkus yang dengannya kertas semen yng telah dicelupkan ke dalam larutan insektisida ataupun anyaman daun kelapa. Tindakan ini bisa memperhalang serangan hama, semisal semut, tikus, serta kelelawar.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-nangka-mini-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Nangka Mini Dalam Pot – Tabulampot Nangka Mini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Nangka Mini Dalam Pot – Tabulampot Nangka Mini