Cara Menanam Kecambah Kelapa Sawit Yang Benar

- November 06, 2017

Cara Menanam Kecambah Kelapa Sawit Yang Benar

 
Yang benar, penanaman kecambah kelapa sawit di lakukan berlebi dahulu di polybag. Akan tetapi sebelumnya kecambah yang telah di sebutkan butuh diseleksi kualitasnya yang dengannya memilih benih yang berukuran 10-15 mm dan sudah mempunyai plumule serta radicle. Lantas rendam kecambah ini ke dalam larutan fungisida berkonsentrasi 0,2 %. Barulah kecambah siap ditanam di polybag yang berisi media tanam.
menanam-kecambah-sawit.jpg
Di bawah ini tatacara langkah-langkah menanam kecambah kelapa sawit!
1. Persiapan Media Tanam
Supaya proses penanaman bibit kelapa sawit lebih gampang, siram media tanam di polybag memakai air biasa hingga kondisinya menjadi jenuh. Seusai itu, buka kantong plastik kecambah serta pindahkan kecambah-kecambah yang telah di sebutkan ke baki yang telah diberi alas karung goni. Sebelumnya karung goni ini direndam dalam larutan fungisida Thiram berkonsentrasi 0,2 % bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh jamur serta mencegahnya tumbuh kembali.
2. Penyeleksian Kecambah Kelapa Sawit
Kecambah kelapa sawit dikatakan normal andaikan calon akar serta batangnya terlihat terperinci. Panjang kecambah berkisar antara 10-12 mm. Bagian radicule mempunyai ujung yang tumpul serta agak kasar, sedangkan bagian plumule memiliki ujung tajam layaknya tombak.
Kebalikannya, ciri-ciri kecambah sawit yang tak normal yakni memiliki calon akar serta batang yang berwarna coklat, kondisinya patah, ataupun ukurannya terlalu panjang. Kecambah yang telah terserang cendawan pula tak layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara. Dalam proses penyeleksian ini, perhatikan ruangan mempunyai peredaran udara yang lancar serta terhindar dari sinar matahari langsung.
3. Penanaman Kecambah Kelapa Sawit
Mulailah yang dengannya membuat lubang penanaman di tengah-tengah polybag yang dengannya kedalaman 2-3 cm. Posisikan bagian radikula mengarah ke bawah serta plumula menghadap ke atas. Tanamkan kecambah ke dasar lubang yang dengannya posisi radikula di bawah serta tertutup tanah maksimal 1 cm. Selanjutnya berikan lapisan mulch semisal pecahan cangkang ataupun fiber dari pabrik pada polybag yang telah di sebutkan, lantas siram tidak banyak supaya kondisinya lebih jenuh.
Kadangkala sebuah kecambah mempunyai dua ataupun tiga titik tumbuh. Kondisi ini umumnya disebut doubleton. Kecambah doubleton Perlu ditanam di polybag kecil serta baru mampu dijauhkan tatkala akan dipindahkan ke polybag yang berukuran besar.
Setiap polybag yang telah diisi kelapa sawit butuh diberikan ciri memakai plang yang dipasang di kedua ujungnya. Pada plang yang telah di sebutkan, memuat nomor seri boks, tanggal penanaman, kode identitas kecambah, serta jumlah bibit yang ditanam.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/12/cara-menanam-kecambah-kelapa-sawit-yang.html.

Seputar Cara Menanam Kecambah Kelapa Sawit Yang Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Kecambah Kelapa Sawit Yang Benar