Bisnis Bertanam Wortel | Peluang Usaha

- November 06, 2017

Bisnis Bertanam Wortel | Peluang Usaha

 

A. Prospek Bisnis Bertanam Wortel

bisnis bertanam wortelBisnis Bertanam Wortel. Pilihan tren gaya hidup sehat semisal vegetarian makin tidak sedikit berlangsung di warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, khususnya warga atau juga bisa dikatakan masyarakat perkotaan. Sejak dahulu, wortel dikenal menjadi sayuran yng kaya vitamin A serta baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan mata. Tak cuma itu, wortel memiliki kandungan enzim pencernaan serta bersifat diuretik. Konsumsi wortel dalam keadaan mentah—
jus ataupun lalapan—relatif lebih sehat lantaran kandungan gizinya tak hilang akibat pemasakan.
Kesempatan budi daya wortel masih terbuka lebar bagi petani pemula. Melalui teknik budi daya yng tepat, wortel yng diperoleh mempunyai kualitas yng baik. Kualitas wortel Amat memberi pengaruh serapan pasar. Kesempatan pasar retail modern akan terbuka lebar seiring kualitas wortel yng tetap baik serta kuantitas hasil panen bisa terjaga. Tentunya, harga yng akan diterima petani jauh lebih tinggi dibandingkan yang dengannya wortel yang dengannya kualitas standar yng masuk ke pasar tradisional.

B. Persiapan Benih, Pupuk, serta Perlengkapan Bisnis Bertanam Worter

  1. Pilih benih wortel yng berasal dari varietas unggul, murni, dan mempunyai daya kecambah lebih dari 90%. Kebutuhan benih wortel bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan satu hektare sekitar 9 kg.
  2. Rendam benih wortel dalam air dingin selama 12—24 jam ataupun dalam air Anget yang dengannya suhu 60° C selama 15 menit. Perendaman bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses pengecambahan. Tiriskan benih dalam satu wadah sampai-sampai cukup kering. Benih siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditebar di lahan persemaian.
  3. Siapkan pupuk sangkar yang dengannya dosis 20—30 ton/ha.
  4. Siapkan pupuk urea, SP-36, serta KCl yang dengannya jumlah masing-masing 100 kg, 400 kg, serta 150 kg. Andai pH tanah terlalu asam, tambahkan kapur pertanian yang dengannya dosis 75—100 kg/ha.
  5. Siapkan alat pertanian semisal cangkul, garu, kored, ember, serta gembor.
  6. Siapkan alat panen berupa keranjang panen, timbangan, pisau, serta tali rafia.

C. Persiapan Lahan yng Tepat Bertanam Wortel

  1. Siapkan lahan yang dengannya persyaratan semisal tanah subur, gembur, tidak sedikit memiliki kandungan bahan organik, dan mempunyai saluran drainase serta irigasi yng baik. Wortel bisa tumbuh optimal di ketinggian 1.000—1.200 meter dpl yang dengannya suhu sekitar 20° C serta pH tanah 6—6,8.
  2. Andai pH tanah terlalu asam, tambahkan kapur pertanian yang dengannya dosis 0,75—1 ton/ha di lapisan tanah atas (top soil) sembari digaruk ataupun dibalik sampai-sampai benar-benar merata. Usahakan kondisi tanah agak basah ataupun lembap.
  3. Bersihkan lahan dari gulma serta sisa tanaman lain-lainnya.
  4. Cangkul tanah sedalam 40 cm, lantas kasih pupuk sangkar ataupun kompos yang dengannya dosis 15 ton/ha.
  5. Buat bedengan yang dengannya lebar 120—150 cm, tinggi 30—40 cm, serta jarak antar-bedengan 50—60 cm.
  6. Buat alur ataupun larikan yang dengannya jarak 20 cm di bedengan.

D. Penanaman serta Pemeliharaan Bertanam Wortel

  1. Sebarkan benih dalam alur ataupun larikan secara merata, lantas tutup yang dengannya tanah sedalam 0,5—1 cm.menanam wortel
  2. Buat alur-alur dangkal berjarak 5 cm dari alur benih bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemupukan. Pupuk yng dipakai berupa campuran SP-36 serta KCl yang dengannya dosis masing-masing 400 kg serta 150 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk luas satu hektare. Seusai itu, tutup yang dengannya tanah kembali.
  3. Tutup alur yang dengannya daun kering ataupun pelepah daun pisang selama 7—10 hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah hanyutnya benih akibat air. Hal ini pula bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembapan tanah. Seusai benih tumbuh, segera buka penutup yang telah di sebutkan.
  4. Tatkala tanaman berumur satu bulan, lakukan pemupukan yang dengannya urea sebanyk 100 kg/ha. Bersamaan yang dengannya itu, siangi gulma ataupun tanaman pengganggu lain-lainnya.
  5. Lakukan penyiraman 1—2 kali sehari pada fase awal pertumbuhan wortel. Makin tua umur wortel, kurangi volume penyiraman. Akan tetapi, kondisi lahan jangan hingga kering, usahakan tetap lembap.
  6. Amati tanaman terhadap serangan hama serta penyakit. Lakukan tindakan pencegahan yang dengannya memasang perangkap ataupun mempergunakan pestisida organik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi hama serta penyakit yng menyerang tanaman.

E. Panen serta Pascapanen Bertanam Wortel

  1. Beberapa hari sebelum panen, lakukan penyiraman secara merata bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah pencabutan umbi wortel.
  2. Panen wortel di lakukan pada usia 60—90 hari seusai tanam yang dengannya tatacara mencabut umbi wortel beserta akarnya. Andai pemeliharaan di lakukan secara intensif, panen wortel bisa menghasilkan 20—30 ton/ha.
  3. Kumpulkan wortel yng telah dipanen. Penempatan sementara bisa di pinggir kebun ataupun langsung menuju gudang penyimpanan.
  4. Lakukan sortasi didasari kondisi hasil panen. Pisahkan umbi yng baik yang dengannya umbi cacat, rusak, ataupun busuk. Seusai itu, kelompokkan umbi wortel yng baik didasari bentuk serta ukuran.
  5. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah pengangkutan serta penyimpanan, ikat umbi wortel, lantas potong tangkai serta daunnya.
  6. Cuci wortel yang dengannya air mengalir bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkannya dari tanah yng masih menempel, lantas kering anginkan.
  7. Simpen umbi wortel dalam wadah ataupun ruangan yang dengannya suhu dingin serta mempunyai ventilasi baik.
  8. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk komoditas wortel yng ditujukan ke pasar swalayan, lakukan pengemasan mempergunakan plastik bening serta kasih label.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/bisnis-bertanam-wortel.html.

Seputar Bisnis Bertanam Wortel | Peluang Usaha

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bisnis Bertanam Wortel | Peluang Usaha