Cara Menanam Melon Dan Budidaya Melon

- November 06, 2017

Cara Menanam Melon Dan Budidaya Melon

 
CARA MENANAM MELON DAN BUDIDAYA MELON

Hai gan, makasih sudah berkunjung diblog saya. Di artikel ini saya akan membagikan CARA MENANAM MELON DAN BUDIDAYA MELON DENGAN BENAR. Bagi pemula ataupun yng belum tau percis sekali kamu boleh mencobanya di sawah ataupun ladang. Jangan takut rugi, saya pula pernah rugi hingga 13jt saat ini alhamdulillah telah lunas rugi saya dulu. Berikut tips budidayanya :
TEKNIK BUDIDAYA MELON
1. Target standar prosedur operasional budidaya melon
Target standar buah yng ingin dicapai bedasarkan target standar prosedur operasional budidaya melon merupakan menjadi berikut :
Ukuran buah melon 1.5kg - 2.5kg (rata - rata 2kg/buah)
Bentuk bauh sesuai diskripsi varietas buah
Jaring tebal, rapat serta merata sesuai yang dengannya diskrisi varietas
Buah melon tak cacat ataupun di kenai benda tumpul
Bentuk serta Ukuran buah seragam
Rasa buah Perlu manis serta wangi
Tatkala panen tangkai pada buah jangan dibuang biarkan semisal huruf T.
2. Pengadaan Benih
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam melon, ketahui yang dengannya baik sumber benihnya berlebi dahulu. Sebaiknya, genakan benih melon F1 hibrid. Benih yng dibutuhkan sesuai yang dengannya lahan serta 15% bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyulaman. Pililah benih yng berasal dari melon sehat serta beroproduksi optimal. Sebelum disemai, rendam benih dalam air Anget yng sudah dicampur fungisida berbahan aktif propamokarb hidroloklorida (Previcur N) yang dengannya kosentrasi sesuai petunjuk. Rendam selama 1 - 2 jam, benih yng tidak jelek alias bagus merupakan benih yng tenggelam tengah yng mengapung harap dibuang saja. Tiriskan benih serta letakan benih di atas koran basah dilipat yng rapi. Lantas letakan padat wadah yng tertutup rapat, biarkan selama 2hari.
2. Penyemaian
siapkan media tanah serta pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1:1 . Masukan dalam polybag yang dengannya tambahan NPK BASS 3-5 butir saja, seusai itu tanam benih kedalam polybag yng berisi tanah, atur bibit kedalam sangkut.
3. PEMELIHARAAN BIBIT
jaga persemain bibit selalu dalam kondisi lembab serta jangan terlalu basah. Siram bibit dipagi hari serta sore.
5. PERSIAPAN LAHAN
Yang akan di sajikan kali ini tahapan penyiapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman melon :
bersihkan lahan dari sisa sisa tanaman serta sampah.
Bajak lahan sedalam 20 - 30cm sampai-sampai gembur, lantas biarkan selama 5 - 7 hari.
Taburkan kapur pertanian bila diharapkan, derajatnya percis yang dengannya Ph tanah Setempat rata - rata 1.5 - 2.5 ton/ha. Serta haluskan bongkahan tanah yng sudah jadi bandengan, sebelum pengapuran buatkan bandengan berlebi dahulu yang dengannya panjang 15m serta lebar 70 - 90cm serta tinggi 20cm musim kemarau, 30cm musim hujan lebar parit 60 - 80cm.
Taburkan pupuk dasar berupa :
- pupuk sangkar 2ton/ha
- ZA 250kg/ha
- Sp-36 450kg/ha
- KCL 350kg/ha
campur serta taburkan pada bandengan secara merata lantas siram bandengan supaya pupuk bereaksi.
Pasang mulsa MPHP pada bandengan jepitkan mengguna bambu dll.
5. PENANAMAN
Penanaman di lakukan seusai umur benih 10-14 hari ataupun seusai mempunyai 2-3 helai daun. Penanaman benih sebaiknya di lakukan sebelum jam 9 pagi serta pada sore hari jam 4 sore
Pembuatan lubang tanam 80 x 80.
6. PEMELIHARAAN
Pemupukan
pemupukan melon di lakukan secara bertahap serta mengikuti fase pertumbuhannya, berikut penjelasannya :
- Pupuk susulan I diberikan pada umur 7 HST berupa NPK BASS yang dengannya kosentrasi 20g/l air.
- Pupuk susulan II diberikan pada umur 14 HST berupa NPK BASS yang dengannya kosentrasi 40g/l air. Serta seterusnya hingga 7 hari sebelum panen.
Pengairan
Penyiraman melon Perlu di lakukan sehari-hari ataupun 2 hari sekali, penyiraman sebaiknya di lakukan pada sore hari supaya tanaman tak terserang penyakit layu bacteri. Setiap pemupukan susulan sebaiknya genangi air diparit supaya melon tak mengalami kresek daun.
Pengikatan serta Pemangkasan
Seusai tanaman berumur 12 HST serta seterusnya ikatkan pada ajir jangan hingga patah. Pemangkasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melon merupakan cabang 1-6 serta 12-25, bagi atau bisa juga dikatakan untuk cabang 7-11 di tinggalkan saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk buah. Andai buah telah sebesar bola kasti, pilihlah satu buah yng tidak jelek alias bagus serta agak lonjong yng lain-lainnya Buang jauh. serta pemangkasan cabang pula dibuang jauh.
Sanitasi lahan
sanitasi lahan di lakukan pada tatkala gulma mulai tumbuh. Diharapkan lahan selalu bersih supaya terhindar dari penyakit.
7. PANEN
pada tatkala pasca panen jaring buah melon telah penuh serta aroma bauh telah mulai terasa di hidung, jangan tidak ingat tinggalkan tangkai pada buah melon semisal huruf T.
cukup sekian thanks bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh Salam Kami Petani Kecil.
BACA JUGA GAN : 10 MANFAAT BUAH MELON UNTUK KESEHATAN

Sumber rujukan dan gambar : http://petanimodalkecil.blogspot.com/2016/11/cara-menanam-melon-dan-budidaya-melon.html.

Seputar Cara Menanam Melon Dan Budidaya Melon

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Melon Dan Budidaya Melon