Inilah Komposisi Minyak Kelapa Sawit | Peluang Usaha

- Oktober 27, 2017

Inilah Komposisi Minyak Kelapa Sawit | Peluang Usaha

 
Minyak kelapa sawit terbuat dari lapisan daging buah kelapa sawit yng diproses sedemikian rupa bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil kandungan minyak di dalamnya. Dibandingkan yang dengannya produk minyak-minyak nabati lain-lainnya, minyak kelapa sawit mempunyai kelebihan utama yakni kaya akan kandungan beta karoten yng membuat warna-nya nampak kekuning-kuningan. Minyak ini pula sebetulnya rendah kolesterol. Mengingat Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia, harga minyak di sini bisa dikatakan murah.
Produk olahan minyak kelapa sawit yng paling tidak sedikit dipakai oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat adalah minyak goreng. Selain itu, minyak kelapa sawit yang telah di sebutkan pula biasa dijadikan menjadi bahan baku dalam pembuatan lilin, sabun, serta produk kosmetik. Begitu pentingnya minyak kelapa sawit bagi perekonomian di negara kita. Di sayangkan terdapat ramai sekali kampanye negatif yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematikan industri kelapa sawit ini.
Menjadi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng cerdas, telah sepatutnya kita mengetahui komposisi serta kandungan yng terdapat di dalam minyak kelapa sawit supaya bisa memberikan penilaian secara tepat. Dasarnya memang, minyak kelapa sawit tersusun atas lemak serta minyak alam. Di antaranya meliputi trigleserida, digleserida, serta monogleserida. Selain itu, ada juga kandungan asam lemak bebas, moisture, pengotot, serta komponen-komponen minor.
minyak-kelapa-sawit.jpg
Adapun asam-asam lemak penyusun minyak/lemak yang telah di sebutkan terdiri dari :
  • Asam Lemak Jenuh ataupun Saturated Fatty Acid (SFA) tak memiliki kandungan ikatan yng rangkap. Secara umum, penyusun lemak ini didominasi dari sumber hewani.
  • Asam Lemak Tidak Jenuh ataupun Unsaturated Fatty Acid (UFA) mempunyai kandungan ikatan rangkap. Sebagian besar dari penyusun lemak ini berasal dari sumber nabati. Ada dua jenis asam lemak tidak jenuh antara lain Asam Lemak Tidak Jenuh Tunggal serta Asam Lemak Tidak Jenuh Ganda.
Yang akan di sajikan kali ini kami tampilkan tabel wacana komposisi asam lemak yng terkandung di dalam minyak kelapa sawit.
Asam Lemak% KomposisiBerat MolekulTitik Didih
Asam Laurat (12:0)0,0 – 0,4200,32180˚C
Asam Miristat (14:0) 0,6 – 1,7228,38250˚C
Asam Palmitat (16:0)41,1 – 47,0256,43271˚C
Asam Stearat (18:0) 3,7 – 5,6284,49232˚C
Asam Oleat (18:1)38,2 – 43,6282,47260˚C
Asam Linoleat (18:2)6,6 – 11,9280,45176˚C
Asam Linoleat (18:3)0,0 – 0,6278,44180˚C
Didasari berita yng termuat pada tabel di atas, maka kita mampu menarik kesimpulan bahwasanya asam lemak yng paling secara umum dikuasai terdapat di dalam minyak kelapa sawit merupakan asam palmitat serta asam oleat. Kedua asam lemak yang telah di sebutkan mempunyai manfaat yng tidak jelek alias bagus bagi tubuh kita-kita. Di samping memiliki kandungan asam lemak, minyak kelapa sawit pula memiliki kandungan zat gizi minor dalam jumlah tidak banyak semisal karoten, vitamin E, hidrokarbon alifatik, sterol, terpen, fosfolipid, serta glikolipid.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2017/05/inilah-komposisi-minyak-kelapa-sawit.html.

Seputar Inilah Komposisi Minyak Kelapa Sawit | Peluang Usaha

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Komposisi Minyak Kelapa Sawit | Peluang Usaha