Secuil Proses Persiapan Panen Kelapa Sawit

- Oktober 27, 2017

Secuil Proses Persiapan Panen Kelapa Sawit

 
Bagaimana proses persiapan panen kelapa sawit dilaksanakan? Waktu panen merupakan tatkala yng paling ditunggu-tunggu selama kita membudidayakan tanaman kelapa sawit. Pada masa ini, penanganannya Perlu di lakukan yang dengannya benar dan menekan kesalahan panen semaksimal barangkali. Oleh lantaran itu, diharapkan upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan panen yang telah di sebutkan supaya semuanya mampu berjalan yang dengannya baik serta lancar.
persiapanan-panen-kelapa-sawit.jpg
Ada beberapa pekerjaan yng Perlu di lakukan dalam menyiapkan proses pemanenan kelapa sawit. Di antaranya yakni penetapan seksi panen, penetapan luas hancak kerja kemandoran, penetapan luas hancak kerja pemanen, serta penyediaan alat penen. Selanjutnya penetapan luas hancak ini akan berpengaruh pada penetapan kebutuhan tenaga kerja serta ala-alat panen.
Sebelum proses pemanenan TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit dimulai, para pekerja pula butuh melakukan kegiatan pemotongan TBS yng tak layak sehari-hari. Begitu juga yang dengannya mandor panen yng pula Perlu melakukan persiapan-persiapan awal semisal mengabsen tenaga pemanen, mengecek kelengkapan perlengkapan, serta menyiapkan media transportasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan pengangkutan. Yng tak kalah penting merupakan penyesuaian antara kebutuhan tenaga kerja serta taksasi panen harian dalam rangka memaksimalkan penggunaan sumber daya yng tersedia.
Seksi Panen
Seksi panen adalah pengelompokkan area panen menjadi blok-blok tertentu menjadi area kerja. Nantinya area kerja yng berisi tanaman-tanaman kelapa sawit yng menghasilkan yang telah di sebutkan Perlu diselesaikan oleh tenaga pemanen sehari-hari. Di dalam setiap afdeling umumnya terdapat enam seksi panen yng penetapannya di lakukan didasari rumus-rumus yang akan di sajikan kali ini :
  • Luas area produksi per seksi per rotasi panen (ha/seksi/rotasi)
  • Luas awal rata-rata per seksi : luas satu afdeling per enam seksi = a (ha)
  • Luas rata-rata per 5 jam kerja : (5 jam/7 jam) x a (ha) = b (ha)
  • Koefisien panambah luas are : ((a-b)/6) = c (ha)
  • Luas rata-rata seksi panen hari biasa : a (ha) + c (ha) = d (ha)
  • Luas rata-rata seksi panen hari Jumat : b (ha) + c (ha) = e (ha)
Mudah-mudahan memberikan manfaat!


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/03/secuil-proses-persiapan-panen-kelapa.html.

Seputar Secuil Proses Persiapan Panen Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Secuil Proses Persiapan Panen Kelapa Sawit