Cara Menanam Putsa (apel India) Dalam Pot – Tabulampot Putsa

- Oktober 01, 2017

Cara Menanam Putsa (apel India) Dalam Pot – Tabulampot Putsa

 
cara menanam tabulampot putsaCara Menanam Putsa (Apel India) dalam Pot ataupun Tabulampot Putsa. Putsa (Ziziphus maritiana lam.) berasal dari daerah kering di India. Di habitatnya, tanaman ini bisa atau mampu hidup cuma yang dengannya seutas akar. Lantas, kenapa putsa kini diminati hobiis? Jawabannya lantaran tanaman ini gampang mengikuti keadaan serta bisa berbuah meskipun dalam kondisi kritis.

A. Sipat-sipat Apel India

Sosok tanaman putsa merupakan pohon semak berduri yang dengannya batang serta daun berwarna hijau. Di tempat asal aslinya, putsa tumbuh sampai-sampai mencapai ketinggian 10—12 meter. Sementara itu, buahnya mirip buah apel, akan tetapi ukurannya relatif lebih kecil, maksimal cuma berdiameter 3—5 cm ataupun kira-kira segenggam tangan anak kecil. Warna buah cenderung kehijauan. Putsa pula tak mempunyai lekukan di bagian pangkal tangkai buah. Kulit buahnya bertekstur halus yang dengannya daging buah berwarna putih serta berasa manis.

B. Syarat Tumbuh Putsa

  1. Putsa salah satunya tanaman buah yng gampang mengikuti keadaan di aneka macam kondisi serta lingkungan. Habitatnya berada di dataran yang dengannya ketinggian tempat 0—1.500 m dpl.
  2. Bisa atau mampu bertahan pada kondisi kering yang dengannya curah hujan cuma 150—2.500 mm per tahun.
  3. Memerlukan cahaya matahari berkisar 50—60% setiap harinya.
  4. Suhu yng dibutuhkan 16—27° C yang dengannya kelembapan sekitar 80%.

C. Kondisi Putsa Andai Ditanam dalam Pot

Meski ditanam dalam pot, putsa tetap genjah (rajin ber-buah). Tidak lebih dari setahun tanaman ini telah mulai ber-buah. Syaratnya, kebutuhan penyinaran, air, pemupukan, serta perlakuan khusus sebelum pembuahan Perlu terpenuhi yang dengannya baik. Akan tetapi, butuh diketahui. Pertumbuhan batang pohon putsa cenderung lemas disaat berbuah. Lantaran itu, di dalam pot butuh disediakan ajir dari bambu menjadi penopang batang tanaman.

D. Tip Memilih Bibit Putsa

Sampai-sampai kini, bibit putsa masih susah diperoleh. Penyebabnya, belum tidak sedikit orang yng mengebunkan tanaman ini. Biji tanaman pun masih susah tumbuh di luar tempat asal aslinya. Di pasaran, harga bibit putsa sekitar 100 ribu—500 ribu rupiah.

E. Perawatan Harian Tabulampot Putsa

perawatan tabulampot putsaMelihat putsa yng tengah berbuah lebat tentu menyenangkan. Sebaliknya, putsa yng tumbuh “tidak karuan” tanpa ada buah yng menggantung bahkan mengganggu pandang-an. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, dibutuhkan perawatan tepat supaya sang tanaman tumbuh optimal.
a. Jenis Pot yng Dipakai
Pot yng dipakai mampu berupa pot tanah ataupun pot plastik yang dengannya ukuran yng disesuaikan yang dengannya besar tanaman. Lubang di bagian dasar pot Perlu terbuka sempurna supaya air tak terperangkap di dalamnya serta sirkulasi udara menjadi lancar. Biasanya, putsa dewasa mampu ditanam dalam pot berukuran 24 liter serta diletakkan di tempat yng terbuka serta terpapar cahaya matahari langsung.
b. Media Tanam
Komposisi media tanam yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk apel putsa berupa campuran tanah merah, pupuk sangkar, sekam mentah (1 : 1 : 1) ataupun campuran tanah merah, sekam bakar, serta pupuk sangkar (1 : 2 : 3).
c. Penyiraman
Idealnya, putsa disiram dua hari sekali. Akan tetapi, beberapa hobiis melakukan penyiraman sesuai kondisi cuaca.
Misalnya, pada musim kemarau, frekuensi penyiraman di lakukan 3—4 kali seminggu. Sementara itu, pada musim hujan, penyiraman di lakukan 1—2 kali seminggu.
d. Pemupukan
  1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman berumur setahun seusai okulasi, berikan pupuk NPK 15 : 15 : 15 yang dengannya dosis 1 sendok makan (sekitar 25 gram). Andai tanaman telah lebih besar, dosis pupuk ditingkatkan menjadi 2—3 kali lipat.
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membungakan tanaman, berikan pupuk NPK 20 : 40 : 20 yang dengannya dosis satu sendok teh per pot. Pemupukan di lakukan seminggu sebelum pemangkasan.
  3. Tatkala bunga muncul, berikan pupuk NPK 13 : 13 : 21 sebanyk satu sendok teh per pot. Taburkan di atas media tanam sebulan sekali.
  4. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah kesuburan, berikan pupuk sangkar yang dengannya dosis 5—10 kg per pot setiap 6 bulan sekali.
e. Pemangkasan
Pemangkasan di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang tunas serta bunga baru, dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya buah bisa tumbuh sempurna. Sebelum pemangkasan di lakukan, terapkan stresing air pada tanaman. Tatacaranya, biarkan tanaman tak disiram selama beberapa hari—maksimum tujuh hari. Sesudah itu, tanaman disiram kembali. Tujuannya supaya bunga cepat muncul serta tampil serempak.
Pemangkasan dimulai sejak tanaman setinggi 30 cm. Disaat daun muda mulai tumbuh, daun tua yng tersisa dipangkas lagi. Yang dengannya perlakuan yang telah di sebutkan, satu bulan lantas, umumnya tanaman mulai berbunga. Tiga bulan lantas, buah seukuran bola bekel mulai muncul.

F. Seleksi Buah Putsa

Supaya buah bisa terus tumbuh, lakukan pula seleksi buah. Tatacaranya, sisakan dua buah apel di setiap ranting tanaman. Buah yng dibuang merupakan buah yng mengerut, berwarna kehitaman, serta kering. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat buah yng tersisa, semprotkan minyak ikan yang dengannya dosis satu tutup botol dicampur dua liter air. Niscaya buah yng semula rontok 40% dari total populasi menjadi cuma 20%.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-putsa-apel-india-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Putsa (apel India) Dalam Pot – Tabulampot Putsa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Putsa (apel India) Dalam Pot – Tabulampot Putsa