Cara Menanam Kedondong Dalam Pot – Tabulampot Kedongdong

- Oktober 03, 2017

Cara Menanam Kedondong Dalam Pot – Tabulampot Kedongdong

 
cara menanam tabulampot kedongdongCara Menanam Kedondong dalam Pot ataupun Tabulampot Kedondong. Pastinya, tidak sedikit dari kita yng sudah mengenal buah kedondong. Buah yng rasanya asam manis ini tidak sedikit disukai, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan rujak ataupun manisan. Kedongdong pula bisa ditanam di dalam pot di pekarangan rumah Kamu.

A. Sipat-sipat Kedongdong

Pohon kedondong adalah tanaman besar yng tingginya mampu mencapai 20 meter. Tanaman ini biasanya terdapat di daerah tropis serta lebih menyukai tanah di dataran rendah menjadi tempat tumbuhnya. Bentuk buahnya bulat lonjong yang dengannya kulit berwarna hijau. Akan tetapi, disaat matang, kulitnya akan berganti kuning serta gampang dikupas.

B. Syarat Tumbuh Kedongdong

1. Suhu yng dibutuhkan tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh sekitar 30° C yang dengannya kelembapan 14%.
2. Curah hujan yng dimau-kan berkisar 1.000—1.500 mm per tahun.

C. Bibit Kedondong

Satu dari sekian banyaknya jenis kedondong yng diminati merupakan kedondong kerikil. Jenis kedondong ini ukuran buahnya tak begitu besar, akan tetapi mempunyai bau serta rasa yng khas. Buahnya Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk rujak petis ataupun rujak manis. Bibit kedondong kerikil tidak sedikit disediakan oleh pedagang bibit di pasaran.

D. Mengalihkan Bibit dari Polibag ke Pot

1. Sediakan pot plastik berdiameter 35—40 cm. Masukkan pecahan genting ke dalamnya, lantas masukkan media tanam. Media tanam yng dipakai berupa campuran tanah, pasir, serta kompos (1 : 1 : 1), campuran tanah, pasir, serta pupuk sangkar (1 : 1 : 1), ataupun campuran tanah, sekam, serta pupuk sangkar (2 : 1 : 1).
2. Keluarkan bibit secara perlahan dari polibag, lantas masukkan bibit ke dalam pot. Perhatikan perakarannya, jangan hingga terputus. Andai perakaran dirasa telah terlalu panjang, lakukan perompesan, lantas sisakan sekitar 30 cm.
3. Tambahkan media ke dalam pot sampai-sampai ketinggian hampir menyentuh bibir pot, lantas siram sampai-sampai media cukup basah.
4. Letakkan media di tempat yng teduh selama seminggu. Sesudah itu, tanaman mampu diletakkan di tempat yng memperoleh pencahayaan penuh.

E. Perawatan Harian Tabulampot Kedongdong

a. Penyiraman
Penyiraman mampu di lakukan dua hari sekali, bergantung pada kondisi cuaca. Penyiraman mampu mempergunakan air sumur, air sungai, ataupun air PAM. Akan tetapi, andai mempergunakan air PAM, sebaiknya air diendapkan berlebi dahulu selama sehari semalam bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan zat kaporit yng terkandung di dalamnya.
b. Pemupukan
1. Sejak berumur satu bulan hingga berumur dua tahun, berikan pupuk NPK 15-15-15 sebanyk 25 gram per pot setiap tiga bulan sekali.
2. Pemupukan ditambahkan disaat buah mulai terbentuk, yaitu campuran urea, TSP, serta KCl yang dengannya per-bandingan 1 : 1 : 2 ataupun 1 : 2 : 2. Benamkan campuran pupuk yang telah di sebutkan sebanyk 50 gram per pot.
3. Sesudah berumur tiga tahun serta seterusnya, perangkat lunak pupuk NPK 15-15-15 ditingkatkan menjadi 100 gram per pot. Tatacaranya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, lantas siram sampai-sampai media cukup basah.
perawatan tabulampot kedongdongc. Pemangkasan
Pemangkasan di lakukan yang dengannya cuma menyisakan 1 batang utama setinggi 100 cm, 3 cabang primer setinggi 50 cm, 9 cabang sekunder setinggi 50 cm, serta beberapa cabang tersier bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan pembungaan.
d. Penggantian Media
Penggantian media mampu di lakukan 2 tahun sekali, malah ada hobiis yng melakukan 1 tahun sekali. Patokannya, andai media telah terlalu keras, penggantian media butuh di lakukan. Andai tanaman telah terlalu besar, penggantian media dilanjutkan yang dengannya penggantian pot yng lebih besar. Campuran media yng dipakai percis yang dengannya media sebelumnya.

Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-kedondong-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Kedondong Dalam Pot – Tabulampot Kedongdong

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Kedondong Dalam Pot – Tabulampot Kedongdong