Cara Menanam Jeruk Nipis Dalam Pot – Tabulampot Jeruk Nipis

- Oktober 13, 2017

Cara Menanam Jeruk Nipis Dalam Pot – Tabulampot Jeruk Nipis

 
tabulampot jeruk nipisCara Menanam Jeruk Nipis dalam Pot ataupun Tabulampot Jeruk Nipis. Di pasaran, bibit tanaman jeruk nipis salah satunya yng paling dicari. Pasalnya, tanaman ini tumbuh subur meski cuma ditanam di dalam pot. Andai ada jeruk manis, tentunya ada pula jeruk asam. Berbeda halnya yang dengannya jeruk manis, jeruk asam ini cuma diambil sarinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk campuran sayur, kuah soto, bumbu siomay, ataupun dijadikan minuman segar. Beberapa jenis jeruk yng tergolong jeruk asam merupakan jeruk nipis, sunkis, purut, serta limo. Dari seluruh jenis jeruk asam yng ada, bahasan di artikel ini cuma dibatasi pada jeruk nipis.

A. Sipat-sipat Jeruk Nipis

sipa jeruk nipisJeruk nipis mempunyai buah yng berbentuk bulat. Tangkai buah rata-rata besar serta pendek. Kulit buah tipis serta liat Dinding kulit berpori-pori, terdapat kelenjar-kelenjar yng berisi pektin. Sementara itu, bunganya berbentuk majemuk dalam satu tangkai.

B. Memilih Bibit Jeruk Nipis bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tabulampot

Sebaiknya memilih bibit jeruk nipis dari hasil perbanyakan okulasi. Pasalnya, pertumbuhan bibit hasil okulasi lebih pesat serta pula lebih cepat berbuah. Di penangkar buah, harga bibit jeruk nipis terbilang murah, yaitu berkisar Rp25.000—Rp35.000.

C. Mengalihkan Bibit Jeruk Nipis dari Polibag ke Pot

1. Siapkan pot berdiameter 20—40 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit berukuran kecil serta pot berdiameter 50—60 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit berukuran besar.
2. Masukkan pecahan genting ataupun pecahan batu bata merah ke dasar pot. Lapisi atasnya yang dengannya humus.
3. Masukkan media tanam sampai-sampai ketinggian 1/2 tinggi pot. Media tanam yng dipakai mampu berupa campuran tanah, sekam, serta humus bambu (1 : 1 : 1); campuran antara tanah, pasir, serta pupuk sangkar (1 : 1 : 1); ataupun campuran tanah, pupuk sangkar, serta serbuk gergaji (2 : 1 : 1).
4. Siram media bibit sampai-sampai basah. Balikkan posisi polibag sembari ditepuk-tepuk bagian dasarnya supaya bibit keluar bersama media tanam serta perakarannya.
5. Pangkas cabang, ranting, serta daun yng dianggap tak butuh. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan.
6. Letakkan bibit di sedang-sedang pot secara tegak. Timbun yang dengannya sisa media tanam sampai-sampai ketinggiannya sekitar 2 cm dari bibir pot.
7. Siram media tanam sampai-sampai basah. Letakkan tabulampot jeruk nipis di tempat yng terbuka. Andai mempunyai lebih dari satu tanaman, peletakkannya mampu di lakukan secara berjajar serta teratur. Setidaknya, jarak antarpot 2 x 2 meter.
memindahkan bibit ke dalam pot

D. Perawatan Harian Jeruk Nipis

a. Penyiraman
Penyiraman di lakukan 2—3 hari sekali. Tatkala menyiram, air jangan hingga di kenai batang pohon. Siramlah media tanam di sekeliling batangnya saja.
b. Pemupukan
Pemukukan di lakukan disaat pohon berumur di atas 5 bulan. Pemupukan di lakukan setiap 3—4 bulan sekali mempergunakan pupuk pupuk Urea, KCl, serta TSP yang dengannya perbandingan 2 : 2 : 1. Taburkan 2 sendok makan campuran pupuk di sekitar pot sedalam 10 cm.
Andai tanaman mulai berbunga, berikan pupuk NPK 15–15–15 yang dengannya dosis 1 sendok makan per tanaman. Sebelum diberikan, pupuk dilarutkan berlebi dahulu dalam 1 liter air. Pupuk NPK pula mampu diberikan yang dengannya tips membenamkannya sedalam 10 cm di sekitar media pot.
c. Pemangkasan
Pemangkasan di lakukan yang dengannya memotong sebagian cabang ataupun ranting, lebih-lebih yng menjulur ke atas. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperpendek, meremajakan tanaman, serta mengatur keseimbangan nitrat serta karbohidrat pada tanaman, menjadikan menjadi lebih cepat berbuah.
d. Penggantian Media
Penggantian media dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebutuhan nutrisi tanaman. Idealnya, penggantian media di lakukan 2 tahun sekali. Campuran media tanam yng dipakai
pun percis yang dengannya media sebelumnya. Media tanam tak diganti sepenuhnya, akan tetapi disisakan 1/3 media awal, lantas sisanya diisi yang dengannya media baru.

E. Mempercepat Pembungaan Jeruk Nipis

Munculnya bunga sebetulnya bisa dipercepat yang dengannya melakukan stresing air. Tatacaranya, tanaman tak disiram selama tujuh hari. Sesudah itu, siram tidak banyak demi tidak banyak selama tiga hari, lantas keringkan lagi selama seminggu. Begitu pun selanjutnya. Perlakuan ini di lakukan selama 4—6 minggu. Andai butuh, tambahkan pupuk TSP sebanyk 50 gram per pot serta zat pengatur tumbuh (ZPT) semisal Atonik, Cultar, Hobsanol yang dengannya dosis sesuai anjuran pada kemasan.

F. Seleksi Buah Jeruk Nipis

Selain merangsang pembungaan, butuh pula mengatur pembuahan. Buah pertama yng tumbuh sebaiknya seluruhnya dibuang. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang pem-bentukan tunas-tunas produktif serta waktu pembungaan selanjutnya menjadi lebih dekat.
Buah yng tumbuh saling berdekatan pula Perlu diseleksi. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan pertumbuhan buah. Dalam satu tangkai, sisakan 1—3 buah saja. Perlakuan ini di lakukan disaat buah masih seukuran kelereng.

Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-jeruk-nipis-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Jeruk Nipis Dalam Pot – Tabulampot Jeruk Nipis

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Jeruk Nipis Dalam Pot – Tabulampot Jeruk Nipis