Cara Analisis Daun Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit

- November 05, 2017

Cara Analisis Daun Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit

 
Bagaimana tatacara malakukan analisis daun kelapa sawit? Pada stadia bibit, daun (folium) kelapa sawit yng pertama kali keluar mempunyai bentuk anceolate. Pertumbuhan selanjutnya merupakan munculnya bifurcate yng diikuti oleh keluarnya bentuk pinnate. Menjadi semisal pada bibit yng berusia 5 bulan umumnya akan didapati 5 anceolate, 4 bifurcate, serta 3 pinnate. Sedangkan pada bibit yng sudah berumur 12 bulan biasanya telah memiliki 5 anceolate, 4 bifurcate, serta 10 pinnate.
Tujuan utama analisis daun kelapa sawit yakni menentukan ragam serta dosis pupuk yng paling tepat diberikan kepada tanaman kelapa sawit dan mengetahui banyaknya unsur hara yng dibutuhkan oleh pokok kelapa sawit. Sementara itu, manfaat yng diperoleh dari analisis yang telah di sebutkan adalah bisa mengidentifikasi pelepah pertama, ketiga, kesembilan, serta ketujuh belas dan bisa menilai kondisi lahan secara visual serta membuat sampel kering bagi atau bisa juga dikatakan untuk dianalisa di dalam laboratorium.
analisis-daun-kelapa-sawit.jpg
Di bawah ini adalah langkah-langkah dalam menganalisis daun kelapa sawit!
Langkah 1 : Penentuan Tempat Percontohan
Pekerjaan LSU mampu di lakukan baik di tiap-tiap blok yng berbeda ataupun gabungan dari beberapa blok yng mempunyai kesamaan. Penentuan blok yng akan dijadikan percontohan Perlu memenuhi syarat yng bisa mewakili kondisi di blok-blok yng lain. Penentuan blok tempat pengambilan sample ini pula butuh didasarkan pada Ha Statement yakni data wilayah yng akan di lakukan pengambilan semisal daun. Tujuannya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah dalam pekerjaan LSU.
Langkah 2 : Persiapan Perlengkapan serta Kelengkapannya
Beberapa perlengkapan yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pekerjaan LSU di antaranya egrek, pengait, gunting, serta alat tulis. Menjadi tempat penyimpanan sampel daun bisa dipakai kantong plastik, serta diharapkan pula field observation card/kartu pengamatan lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengamati kondisi lahan dan tanaman. Alat-alat pendukung lain yng pula dibutuhkan guna memperlancar pekerjaan ini meliputi peta, kompas, kartu label, parang, aquadest, oven, serta kapas.
Langkah 3 : Penentuan Pokok Tanaman Percontohan
Terdapat sejumlah persyaratan yng Perlu dipenuhi oleh pokok kelapa sawit yng akan dijadikan menjadi sampling. Pokok yang telah di sebutkan Perlu dalam kondisi sehat serta tumbuh secara normal. Pokok pula bukan adalah pokok sisipan serta tak berbatasan kampung yang dengannya jalan, parit, ataupun sungai. Pokok kelapa sawit percontohan pula sebaiknya tak bersebelahan yang dengannya pohon sisipan dan tak terserang hama serta penyakit.
Langkah 4 : Penentuan Daun Semisal yng Diambil
Pada tanaman yng menghasilkan, daun semisal yng akan diambil merupakan daun nomor 17. Recallijnya pada tanaman yng belum menghasilkan mampu diambil daun nomor 9. Sementara pada tanaman yng dibudidayakan di lahan gambut butuh di lakukan juga pengambilan sampel daun nomor 3 bagi atau bisa juga dikatakan untuk meneliti kekurangan unsur hara mikro pada tanaman. Butuh diketahui, daun kelapa sawit mempunyai rumus daun 1/8, di mana lingkaran ataupun spiralnya berputar ke kiri ataupun ke kanan.
Daun nomor satu merupakan daun yng paling muda serta sudah terbukan seluruhnya. Daun nomor tiga berada di antara daun pertama serta daun keenam sesuai yang dengannya spiral dari tanaman yang telah di sebutkan. Sementara itu, daun ke-9 bertempat di sumbu yng percis yang dengannya daun pertama, akan tetapi agak ke kanan pada spiral kiri ataupun agak ke kiri pada spiral kanan.
Langkah 5 : Prosedur Pengambilan Sample Daun
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil semisal daun, Kamu butuh menjumpai nomor daun yng akan diambil berlebi dahulu. Lantas potong pelepahnya, akan tetapi bila masih mampu dijangkau maka pelepah cukup dikait saja. Seusai itu, ambil 4 anak daun dari titik ujung yng datar pada posisi sedang pelepah. Hal ini umumnya ditandai yang dengannya adanya duri/ekor kadal pada pelepah kelapa sawit yang telah di sebutkan. Jumlah anak daun yng butuh diambil sebanya 2 lembar kiri serta 2 lembar kanan.
Proses selanjutnya Buang 1/3 bagian pangkal serta ujung anak daun menjadikan yng dipakai cuma 1/3 bagian sedang ataupun tidak lebih lebih 20 cm. Lantas belah daun tadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuang cigan lidinya. Simpen daun sebelah kiri di kantong plastik sisi kiri serta daun sebelah kanan di sisi yng kanan. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan kode yng memuat berita nomor daun, tahun tanam, nomor blok, serta tanggal pengambilan semisal daun.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/04/cara-analisis-daun-kelapa-sawit.html.

Seputar Cara Analisis Daun Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Analisis Daun Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit