Cara Mematikan Pohon Bambu Yang Ampuh

- Oktober 21, 2017

Cara Mematikan Pohon Bambu Yang Ampuh

 
Bagaimana tips mematikan pohon bambu yang ampuh? Andai tak dikendalikan yang dengannya benar, pohon bambu mampu menjadi gulma yang serius bagi tanaman kelapa sawit. Pasalnya pohon bambu bisa berkembang biak yang dengannya cepat melalui rimpang, tingkat populasinya pun tinggi, serta tanaman ini bisa atau mampu mengambil unsur hara yang dibutuhkan oleh pohon sawit secara cepat. Keberadaan pohon bambu pula bisa mengganggu pekerja perkebunan lantaran bulu halusnya mampu memicu iritasi kulit.
Teknik pengendalian pohon bambu secara manual mempergunakan alat-alat potong serta dongkel sejauh ini terbilang cukup ampuh. Batang-batang bambu yang sudah ditebang pun bisa dijual ke pengepul. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkebunan dalam skala besar, metode ini dirasakan tidak lebih efektif serta efisien lantaran menghabiskan waktu yang lama, jumlah tenaga kerja yang tidak sedikit, serta biaya yang banyak sekali.
Menjadi alternatifnya, perkebunan kelapa sawit modern umumnya mengandalkan herbisida. Herbisida dinilai cukup efektif serta efisien dalam mengurangi populasi pohon bambu yang tumbuh di area perkebunan. Pada penerapannya, pemakaian herbisida Perlu memperhatikan faktor-faktor yang meliputi pemilihan herbisida, tata tips pemberian, serta dosis yang sesuai.
cara-mematikan-pohon-bambu.jpg
Setidaknya, terdapat 3 metode yang biasa diaplikasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematikan pohon bambu di perkebunan kelapa sawit yakni :
Metode 1 : Cara Mekanis
Pengendalian pohon bambu secara mekanis dilaksanakan yang dengannya mencabut/mendongkel pohon bambu mempergunakan perlengkapan tertentu. Alat berat yang biasa dipakai biasanya berjenis excavator. Setiap rumpun bambu didongkel mempergunakan excavator, lantas balikkan posisi batangnya ke arah bawah menjadikan pohon yang telah di sebutkan akan mati serta tak bisa tumbuh lagi. Lama-kelamaan pohon yang telah di sebutkan akan mengalami pelapukan menjadikan menyuburkan tanah di sekitarnya. Oleh lantaran itu, metode ini akan menjadi efektif serta efisien manakala dikerjakan dalam waktu yang bersamaan yang dengannya proses stacking lahan kelapa sawit.
Metode 2 : Cara Biologis
Metode biologis adalah teknik pengendalian gulma yang di lakukan yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan bahan-bahan alami menjadikan tak mencemari lingkungan sekitar. Tahukah Kamu, pohon bambu diluar dugaan mampu dibuat membusuk mempergunakan ampas kelapa. Tatacaranya merupakan tebang seluruh pohon bambu yang telah di sebutkan sampai-sampai tersisa bagian pangkal batangnya saja. Lantas taburkan ampas kelapa di atas pangkal batang bambu tadi. Tinggal menunggu waktu saja, niscaya seluruh rumpun bambu ini akan membusuk yang dengannya sendirinya.
Metode 3 : Cara Kimiawi
Secara kimiawi, Kamu mampu mematikan pohon bambu mempergunakan herbisida. Akan tetapi agar bisa cairan herbisida ini cepat terserap ke dalam pohon, potonglah batang bambu berlebi dahulu yang dengannya menyisakan bagian pangkalnya setinggi kira-kira 30 cm. Lantas bersihkan lingkungan di dalam rumpun bambu yang telah di sebutkan dari sampah-sampah yang bisa memperhalang herbisida. Siramkan herbisida yang dengannya konsentrasi 15-20 % pada rumpun bambu yang telah di sebutkan, salah satunya bagian batang serta anakan bambu.
Pengganti lain-lainnya yaitu Kamu mampu memakai starlon 665 ec serta nuquat 276 sl. Genakan dosis campuran 30 ml starlon serta 40 ml nuquat per 15 liter air. Sebelum penerapan herbisida ini, lakukan pemangkasan secukupnya sampai-sampai rumpun bambu yang tersisa kini mempunyai ketinggian 50-100 cm. Cara mengaplikasikan herbisida ini adalah yang dengannya menyemprotkannya secara merata ke seluruh bagian rumpun. Lakukan penyemprotan susulan dalam waktu 1,5 bulan lantas andaikan rumpun bambu yang telah di sebutkan masih bisa atau mampu menumbuhkan tunas tanaman yang baru.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/10/cara-mematikan-pohon-bambu-yang-ampuh.html.

Seputar Cara Mematikan Pohon Bambu Yang Ampuh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mematikan Pohon Bambu Yang Ampuh