8 Tips Dan Trik Budidaya Kelapa Sawit

- Oktober 04, 2017

8 Tips Dan Trik Budidaya Kelapa Sawit

 
Budidaya kelapa sawit makin gencar di lakukan oleh para petani di Indonesia. Tak heran, tatkala ini Nusantara didaulat menjadi negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Rata-rata kapasitas kelapa sawit yng bisa atau mampu diperoleh oleh petani domestik sebanyk 40 juta ton yang dengannya minyak sawit sejumlah 22 juta metrik per tahun.
tips-kelapa-sawit.jpg
Oleh lantaran itulah, pengetahuan akan cara dan cara dalam proses pembudidayaan kelapa sawit Amat bermanfaat bagi para petani dalam rangka menaikan produksi panennya. Simak kiat-kiatnya yang akan di sajikan kali ini!
1. System Lembah Tangkapan Air
Kelapa sawit adalah tanaman yng memerlukan air dalam jumlah cukup tidak sedikit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiasatinya, Kamu mampu menerapkan system lembah tangkapan air yang dengannya menggali tanah berdiameter 1,5 m sedalam 30 cm, lantas menggali lagi lubang tanam di tengah-tengahnya berukuran 50 x 50 x 50 cm. Manfaat lain-lainnya metode ini pula memungkinkan pupuk bisa terserap maksimal ke dalam lubang penanaman.
2. Memberantas Serangan Tikus
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi serangan tikus, Kamu mampu membalut pangkal bibit kelapa sawit memakai kawat ataupun jala setinggi 50 cm. Pastikan kawat yang telah di sebutkan menancap kuat ke dalam tanah. Perlindungan ini memungkinkan bibit sawit terjaga pertumbuhannya, tak terganggu, dan terhindar dari serangan hama kelapa sawit secara massal.
3. Kelapa Sawit yng Berbuah Jarum
Kelapa sawit yng mempunyai duri cukup tidak sedikit dikenal menjadi sawit jarum. Hal ini memicu buah yng bisa atau mampu diproduksi oleh tanaman yang telah di sebutkan berukuran kecil. Solusinya cobalah mengumpulkan dedaunan kering di sekeliling pangkal batangnya, lantas bakar sampai-sampai daun di pelepah terbawah menjadi layu. Kerjakan hal ini setiap 20 hari sekali ataupun setiap proses pemanenan di lakukan. Jangan tidak ingat Buang buah sawit jarum yang telah di sebutkan dan bersihkan juga pelepahnya. Andai di lakukan secara terencana, niscaya cepat ataupun lambat pertumbuhan kelapa sawit akan kembali normal.
4. Perlakuan Pada Lahan Gambut
Lahan gambut umumnya memiliki kondisi yng tak stabil. Seringkali tanahnya memiliki kandungan pH yng Amat rendah ataupun alumunium yng terlalu tinggi. Guna menetralkan kembali tanah yang telah di sebutkan, Kamu mampu menaburkan pupuk abu, pupuk dotani, ataupun tanah kapur sebanyk 30 kg/pohon.
5. Jarak Tanam yng Ideal
Jarak tanam kelapa sawit yng ideal merupakan 9 x 8 m. Sedangkan kelapa sawit unggu yng mempunyai pelepah lebih pendek mampu mempergunakan jarak tanam yng tidak lebih dari ukuran yang telah di sebutkan. Walaupun membuat jumlah kelapa sawit yng ditanam lebih tidak sedikit, akan tetapi sawit unggulan ini cenderung tak kokoh dalam menahan angin menjadikan gampang roboh. Hati-hati pemberian pupuk yng berlebihan malahan mampu merapuhkan bagian batang dan akar pohon kelapa sawit.
6. Metode Planting Inter Planting
Metode planting inter planting memungkinkan budidaya kelapa sawit bisa berlangsung secara efisien. Mekanismenya yakni menanam bibit kelapa sawit berumur 2 tahun di dekat pohon kelapa sawit yng akan ditebang pada 3 tahun mendatang. Penebangan pohon sawit bisa memakai buldoser, gergaji mesin, alat bor, dan suntikan racun.
7. Distribusi Bibit Kelapa Sawit
Sebelum bibit kelapa sawit dipindahkan ke perkebunan, pelepah sedang bibit yang telah di sebutkan butuh dibersihkan berlebi dahulu. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah timbulnya stres akibat penguapan yng ekstrim. Jangan pernah membuang tanah yng ada di dalam polibag karena berpotensi merusak akar. Hentikan penyiraman bibit di dalam polibag sejak dua hari sebelum proses distribusi agar bisa struktur tanahnya tak rusak.
8. Tatacara Menanam Bibit yng Baik
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melepaskan bibit sawit dari polibag, miringkan posisinya tidak banyak lantas angkat perlahan-lahan. Potong akar tanaman yng menyangkut yang dengannya polibag. Jangan pernah menarik bibit tanaman kelapa sawit yang telah di sebutkan secara paksa karena pasti akan rusak dan mati.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/12/8-tips-dan-trik-budidaya-kelapa-sawit.html.

Seputar 8 Tips Dan Trik Budidaya Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 8 Tips Dan Trik Budidaya Kelapa Sawit