Sejarah Perkembangan Kelapa Sawit Di Indonesia

- September 26, 2017

Sejarah Perkembangan Kelapa Sawit Di Indonesia

 
Bagaimanakah sejarah perkembangan kelapa sawit di Indonesia? Kelapa sawit (Elaeis guineensis) merupakan tanaman yng berasal dari Afrika Barat. Tumbuhan ini dikenal menjadi tanaman penghasil minyak nabati yng mempunyai tingkat produktivitas lebih tinggi daripada tanaman-tanaman penghasil minyak yng lain.
Kali pertama kelapa sawit dibawa ke Indonesia di lakukan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1848. Kala itu, pemerintah membawa tak tidak lebih dari empat bibit kelapa sawit yng diambil dari Bourbon, Mauritius serta Hortus Botanicus, Amsterdam. Selanjutnya bibit yang telah di sebutkan ditanam di Kebun Raya Bogor.
Pada mulanya, kelapa sawit dipelihara menjadi tanaman hias mengingat bentuk struktur pohonnya yng cukup unik serta menarik. Barulah pada tahun 1911, pemerintah menyadari akan potensi kelapa sawit menjadi penghasil minyak nabati yng Amat menguntungkan. Pemerintah Belanda kemudian mencanangkan penanaman kelapa sawit secara besar-besaran khususnya di Pulau Jawa serta Pulau Sumatera.
sejarah-kelapa-sawit.jpg
Tokoh yng berperan penting dalam perintisan budidaya kelapa sawit merupakan Adrien Hallet dari Belgia. Sesudah hasil nya menuai keberhasilan, tidak sedikit orang yng lantas mengikuti jejak usahanya. Di antaranya yakni K. Schadt, di mana di tangannya perkebunan kelapa sawit di Indonesia mengalami kemajuan yng Amat pesat. Butuh diketahui, perkebunan sawit pertama di Indonesia terdapat atau terletak di Pantai Timur Sumatera, lebih tepatnya Deli serta Aceh yang dengannya luas mencapai 5.123 hektar.
Pesatnya perkembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia pada masa pendudukan Belanda malah bisa atau mampu mendominasi pasar dunia serta sanggup menggeser kapasitas ekspor dari negara-negara Afrika yng notabene adalah tempat asli asli kelapa sawit.
Di sayangkan hasil dari perkebunan yang telah di sebutkan mengalami kemunduran yng drastis pada masa penjajahan Jepang. Tidak sedikit perkebunan kelapa sawit yng tak dikelola yang dengannya baik sampai-sampai mengalami penyusutan sekitar 16 % dari total luas lahan. Imbasnya, Indonesia cuma sanggup memproduksi minyak kelapa sawit sebanyk 56.000 ton pada kurun waktu 1948/1949.
Sesudah Indonesia mencapai maupun meraih kemerdekaannya ataupun pada tahun 1957, pemerintah Indonesia mengambil alih pengelolaan perkebunan kelapa sawit yng tersebar di seluruh Nusantara yang dengannya alasan politik serta keamanan. Sejumlah perwira militer pun dikerahkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi area perkebunan hingga batas waktu yng belum ditentukan. Menjadi tenaga pengelola kebun, pemerintah pula membentuk BUMIL (Buruh Militer) yabg terdiri atas buruh perkebunan serta anggota militer. Naasnya lantaran situasi sosial, politik, serta keamanan di dalam negeri belum stabil, produksi kelapa sawit di Indonesia pun makin menurun serta tergeserkan posisinya oleh Malaysia.
Perkebunan kelapa sawit di Indonesia selanjutnya mengalami perkembangan pada masa pemerintahan Orde Baru. Pengelolaan perkebunan ini difokuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan lapangan perkerjaan, menaikan kesejahteraan, serta sumber devisa bagi negara. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewujudkan tujuan yang telah di sebutkan, pemerintah lantas mengembangkan lahan kelapa sawit di aneka macam daerah.
Luas lahan kelapa sawit di Indonesia sampai-sampai pada tahun 1980 diketahui mempunyai ukuran mencapai 294.560 hektar. Sedangkan kapasitas produksi CPO (Crude Palm Oil) sebanyk 721.172 ton. Ini dia menunjukan aktivitas perkebunan kelapa sawit di Indonesia mulai bergeliat kembali, khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebun-kebun yng dikelola oleh rakyat. Pemerintah pun mendukung kabar baik yang telah di sebutkan yang dengannya mengeluarkan program PIR-BUN (Perusahaan Inti Rakyat Perkebunan).


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/04/sejarah-perkembangan-kelapa-sawit-di.html.

Seputar Sejarah Perkembangan Kelapa Sawit Di Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sejarah Perkembangan Kelapa Sawit Di Indonesia