Pemanfaatan Lahan Kelapa Sawit Untuk Peternakan

- September 09, 2017

Pemanfaatan Lahan Kelapa Sawit Untuk Peternakan

 
Satu dari sekian banyaknya bentuk pemanfaatan terhadap lahan perkebunan kelapa sawit adalah membangun area peternakan. Ide ini muncul mengingat begitu luasnya perkebunan kelapa sawit akan tetapi pemanfaatannya belum di lakukan secara maksimal. Lebih-lebih untuk area di bawah tanaman kelapa sawit yng dibiarkan menganggur begitu saja. Padahal andai para petani mau mempergunakan lahan yang telah di sebutkan menjadi tempat peternakan kambing ataupun sapi, maka akan memberikan manfaat positif yng cukup besar.
Tentu saja, yang dengannya membangun area peternakan di dalam kebun kelapa sawit, kita mampu memperoleh keuntungan yng terlebih. Kotoran-kotoran hewan ternak pula mampu diolah sedemikian rupa menjadi pupuk sangkar yng bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu, kambing serta sapi pun bisa mengendalikan tingkat pertumbuhan tanaman gulma yang dengannya memakannya.
peternakan-di-kelapa-sawit.jpg
Pada biasanya, pemeliharaan binatang ternak di perkebunan sawit di lakukan secara umbaran. Hewan-hewan ini dilepaskan pada pagi hari untuk selanjutnya digembalakan. Memasuki waktu petang, binatang ternak kembali diiring ke sangkar untuk mencegah terjadinya pencurian serta serangan predator.
Di bawah ini tips-tips membudidayakan hewan ternak di perkebunan kelapa sawit yng patut Kamu coba!
1. Hindari Perkawinan Binatang yng Sedarah
Butuh diketahui, perkawinan binatang yng masih sedarah akan melahirkan bibit yng mempunyai kualitas tidak baik. Oleh karena itu, Kamu butuh mencegahnya supaya hal yang telah di sebutkan tak berlangsung. Tatacaranya merupakan yang dengannya memisahkan binatang-binatang ini didasari jenis kelaminnya. Biarkan si pejantan merumput secara liar, sedangkan betinanya tetap dikurung di dalam sangkar.
2. Jalin Kerjasama yang dengannya Investor
Dalam memelihara kambing serta sapi di wilayah perkebunan, Kamu tak Perlu mengeluarkan kocek sendiri lantaran biayanya pasti akan Amat besar. Jauh lebih efektif andaikan Kamu menjalin kerjasama yang dengannya para investor untuk mendatangkan ternak yang telah di sebutkan. Adapun system bisnisnya Kamu mampu menerapkan bagi hasil ataupun sewa lahan. Akan tetapi pastikan Kamu menyusun aturan yng mengikat berlebi dahulu supaya kerjasama berlangsung sesuai kemufakatan serta saling menguntungkan.
3. Ajukan Proposal ke Kementrian Pertanian
Andai Kamu benar-benar niat menernakkan hewan, sumber dana mampu diperoleh dari mana saja. Selain investor, Kamu pun bisa mengajukan ke pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian. Umumnya ada alokasi dana khusus yng telah dipersiapkan pemerintah untuk mendukung kesejahteraan petani. Supaya proposal diterima, Kamu Perlu mampu tampil meyakini diri serta membuat yakin petugas wacana manfaat yng nyata dari kegiatan yang telah di sebutkan.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/01/pemanfaatan-lahan-kelapa-sawit-untuk.html.

Seputar Pemanfaatan Lahan Kelapa Sawit Untuk Peternakan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pemanfaatan Lahan Kelapa Sawit Untuk Peternakan