Panduan Cara Pemupukan Kelapa Sawit

- September 29, 2017

Panduan Cara Pemupukan Kelapa Sawit

 
Apakah kamu butuh tatacara tatacara pemupukan kelapa sawit yng tepat? Kunci kesuksesan dari budidaya kelapa sawit terdapat atau terletak pada pemeliharaan serta perawatan tanaman. Satu dari sekian banyaknya langkah terpenting dalam melindungi kondisi kebugaran atau kesehatan, tingkat pertumbuhan, serta produktifitas tanaman yakni melakukan pemupukan secara tepat serta teratur. Memberikan pupuk Perlu diperhitungkan yang dengannya matang, tak boleh terlalu jarang maupun terlalu Suka.
cara-pemupukan-kelapa-sawit.jpg
Kelapa Sawit
Meskipun kelapa sawit adalah tanaman yng keras, tumbuhan palem-paleman ini tetap memerlukan pupuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Waktu ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan pemupukan merupakan di tatkala awal serta akhir musim penghujan. Frekuensi pemupukan mampu ditingkatkan menjadi tiga kali dalam setahun bergantung kondisi lahan, jumlah pupuk, dan keadaan serta usia tanaman. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan gambut atau juga tanah berpasir, sebaiknya dosis pupuk ditingkatkan.
Proses pemupukan dimulai yang dengannya membersihkan piringan ataupun area lingkar di sekitar kelapa sawit dari rumput-rumputan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan hama. Pilih pupuk mempunyai kualitas tinggi yng bisa atau mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, memperbaiki kadar keasaman lahan, serta merangsang tumbuhnya system perakaran. Pemberian pupuk mampu di lakukan yang dengannya tatacara ditebar ataupun dibenamkan.
Proses penebaran pupuk yakni yang dengannya menebarkan pupuk di pinggir piringan yang dengannya jarak 0,5 meter bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelapa sawit muda serta 1-2,4 meter bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelapa sawit dewasa. Sedangkan proses pembenaman dikerjakan yang dengannya membenamkan pupuk ke dalam 4-6 lubang di sekitar kelapa sawit. System benam ini sebaiknya diaplikasikan di dataran rendah, karena dikhawatirkan andai diterapkan di dataran tinggi yng gambut maka tanahnya gampang longsor.
Pupuk yng biasa dipakai merupakan NPK 15-15-15 yang dengannya dosis sebanyk 4 kg/pohon ditambah DSP sebanyk 1 kg/pohon. Pupuk organik dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kandungan unsur hara di dalam tanah.
Di bawah ini langkah-langkah melakukan pemupukan pada kelapa sawit :
  1. Bersihkan area di sekitar tanaman kelapa sawit dari gulma semisal rerumputan serta alang-alang.
  2. Taburkan pupuk di sekitar tanaman yang dengannya jarak 0,5 meter dari batang utama.
  3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk yng tak boleh dicampur, pemberiannya diberikan jarak 12 hari sesudah pemupukan mempergunakan pupuk lain.
  4. Disarankan menaburkan pupuk ke kelapa sawit yng mempunyai perakaran rambut terbanyak.
  5. Pupuk yng dipakai Perlu berwujud remah-remah serta tak boleh berupa gumpalan.
  6. Berikan pupuk sesuai dosis anjuran pada kemasan secara tepat.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/08/panduan-cara-pemupukan-kelapa-sawit.html.

Seputar Panduan Cara Pemupukan Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Panduan Cara Pemupukan Kelapa Sawit