Cara Membuat Pupuk Cair Dari Sabut Kelapa Sawit

- September 29, 2017

Cara Membuat Pupuk Cair Dari Sabut Kelapa Sawit

 
Bagaimana tips membuat pupuk cair dari sabut kelapa sawit? Dalam industri pengolahan kelapa sawit, sabut Suka diabaikan begitu saja menjadikan menjadi sampah. Faktanya sabut mampu dibuat menjadi sumber hara kalium organik yang dengannya mengolahnya menjadi pupuk cair. Yang dengannya begini, industri pun akan lebih ramah lingkungan.
Kelebihan dari pupuk organik merupakan bisa atau mampu menyuburkan media tanam tanpa merusak karakteristiknya. Hal ini dikarenakan pupuk organik percis sekali tak memiliki kandungan bahan kimia yng bisa mencemari lingkungan. Malah yang dengannya membuat POC sendiri, anggaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengadaan pupuk mampu dihemat semaksimal barangkali.
pupuk-sabut-kelapa-sawit.png
Simak tatacara pembuatan POC (Pupuk Cair Organik) yang akan di sajikan kali ini!
Bahan-bahan yng dibutuhkan :
  • 1 kg sabut kelapa sawit yng kering
  • 100 gram gula merah
  • 100 ml EM4
  • 10 liter air
Alat-alat yng dipakai :
  • Wadah berupa ember, tong, ataupun jerigen
  • Parang ataupun golok
Langkah-langkah pembuatan :
  1. Potonglah sabut kelapa sawit yang dengannya tips mencincangnya mempergunakan parang/golok sampai-sampai ukurannya berganti menjadi kecil.
  2. Masukkan potongan-potongan sabut kelapa sawi yang telah di sebutkan ke dalam wadah yng telah disediakan. Kami lebih merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan jerigen daripada ember ataupun tong menjadikan wadah yang telah di sebutkan mampu ditutup yang dengannya rapat.
  3. Di wadah yng terpisah, campurkanlah air serta gula merah sampai-sampai tercampur merata. Lantas tambahkan EM4 ke dalamnya. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaduknya sekali lagi.
  4. Sesudah larutan jadi, Kamu mampu menuangkannya ke dalam jerigen yng sudah berisi potongan-potongan sabut kelapa sawit. Aduk sebentar secara perlahan. Lantas pasang penutup pada jerigen yang telah di sebutkan.
  5. Disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan jerigen ini di tempat yng aman serta terhindar dari terik matahari secara langsung. Selama proses fermentasi berlangsung, Kamu butuh membuka penutup jerigen selama 1-3 menit/hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuang gas yng terjebak di dalamnya. Supaya menghasilkan POC yng mempunyai kualitas paling baik, proses fermentasi butuh di lakukan selama 2 minggu.
Pupuk cair organik yng sudah diperoleh dari sabut kelapa sawit mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuburkan tanaman. Sebelum dipakai, pupuk ini butuh dicampur berlebi dahulu yang dengannya air bersih memakai perbandingan 1:3. Semprotkan campuran yang telah di sebutkan yang dengannya dosis sebanyk 250 ml/tanaman. Pemupukan di lakukan setiap seminggu sekali.
Sementara itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggunaan pada daun tanaman, Kamu Perlu mencampurkan POC ini serta air yang dengannya perbandingan 1:5 sebelum dipakai. Siramkan hasil pencampuran tadi tepat di permukaan daun tanaman. Kerjakan pemupukan ini setiap seminggu sekali agar bisa tanaman mampu tumbuh subur.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/10/cara-membuat-pupuk-cair-dari-sabut.html.

Seputar Cara Membuat Pupuk Cair Dari Sabut Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Pupuk Cair Dari Sabut Kelapa Sawit