3 Manfaat Utama Sabut Kelapa Sawit

- September 30, 2017

3 Manfaat Utama Sabut Kelapa Sawit

 
Apakah manfaat sabut kelapa sawit? Sabut merupakah limbah yng diperoleh oleh pabrik kelapa sawit. Wujud sabut berupa kulit yng berserat. Andai tak diolah yang dengannya benar, sabut ini akan makin menggunung serta memicu dampak negatif bagi lingkungan. Oleh karena itu, sabut kelapa sawit butuh diolah sedemikian rupa supaya memiliki nilai jual yng tinggi.
Bagi Kamu yng terbiasa yang dengannya kondisi di dalam industri kelapa sawit, Kamu barangkali telah mengetahui kalau sabut mampu diolah menjadi kerajinan tangan, keset lantai, serta briket. Beberapa petani malah sudah bisa atau mampu mengolahnya menjadi pupuk cair yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuburkan lahan. Akan tetapi diluar dugaan, sabut kelapa sawit ini memiliki manfaat yng luas di banyak sekali sektor ke hidup-an.
manfaat-sabut-kelapa-sawit.jpg
Pertanian
Sabut yng diperoleh oleh buah kelapa sawit diluar dugaan memiliki kandungan banyak sekali unsur hara yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Unsur-unsur yng terdapat pada sabut sawit di antaranya kalium, fosfor, kalsium, magnesium, natrium, serta mineral lain. Kemampuannya dalam menyerap serta menyimpan air pula bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi tingkat kelembaban lahan.
Yang akan di sajikan kali ini manfaat-manfaat sabut kelapa sawit bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertanian :
  1. Sumber unsur hara organik lebih-lebih kalium
  2. Bisa diolah menjadi pupuk organik cair serta padat
  3. Campuran media tanam
  4. Menetralkan tingkat keasaman (pH) tanah
  5. Melindungi kondisi kelembaban lahan
Kerajinan
Sabut dari kelapa sawit pun bisa dibentuk menjadi macam-macam kerajinan tangan yng menarik. Malah kerajinan yng dibuat dari sabut ini mempunyai nilai keindahan tersendiri yng tak mampu didapati pada kerajinan dari bahan yng lain. Keunikan kerajinan dari sabut umumnya ditimbulkan oleh kesan alaminya yng begitu kuat serta pola anyaman yng menciptakan kesan begitu kuat.
Beberapa kerajinan tangan yng mampu dibuat dari sabut kelapa sawit antara lain :
  1. Miniatur
  2. Vas bunga
  3. Tempat buku
  4. Pigura
  5. Dompet
  6. Tas
  7. Aksesori
  8. Karpet
  9. Kasur
  10. Sapu
Kebugaran atau kesehatan
Pada bagian kebugaran atau kesehatan, sabut kelapa sawit bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan serta menjernihkan air sumur. Tatacaranya yakni susunlah lembaran-lembaran sabut kelapa sawit sampai-sampai membentuk lingkaran yang dengannya diameter percis semisal diameter sumur yang telah di sebutkan serta ketebalannya sekitar 5-10 cm. Buatlah 3-5 lingkaran sabut kelapa sawit sekalian. Masukkan lingkaran-lingkaran sabut kelapa sawit ini ke dalam sumur sampai-sampai mencapai bagian dasarnya. Tunggu selama 3-5 hari. Niscaya air sumur di rumah Kamu pun menjadi lebih bersih serta warna-nya jernih.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/10/3-manfaat-utama-sabut-kelapa-sawit.html.

Seputar 3 Manfaat Utama Sabut Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 3 Manfaat Utama Sabut Kelapa Sawit