Ini Dia Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

- September 05, 2017

Ini Dia Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

 
Ingin tahu apa sajakah syarat tumbuh tanaman kelapa sawit yng lengkap? Pemahaman kamu wacana karakteristik kelapa sawit yng tepat akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan budidaya yng di lakukan. Satu dari sekian banyaknya poin pentingnya yakni mengenali syarat-syarat yng menentukan kelapa sawit mampu tumbuh yang dengannya subur.
syarat-tumbuh-kelapa-sawit.jpg
Kelapa Sawit
Dasarnya memang, kelapa sawit salah satunya tanaman yng gampang sekali hidup. Cuma menjadi tanaman budidaya, kelapa sawit Perlu memiliki produktifitas yng tinggi. Nah, di bawah ini adalah syarat-syarat yng menentukan pertumbuhan kelapa sawit secara lengkap :
Kondisi Lingkungan
Paling baik, kelapa sawit dipelihara di daerah yng mempunyai ketinggian 1 sampai-sampai 500 meter dpl. Di tempat semisal ini suhu udaranya sekitar 24-28 derajat C yang dengannya tingkat kelembaban mencapai 80-90 %. Pergerakan udara yng berkecepatan 5-6 km/jam pula Amat membantu terjadinya penyerbukan bunga kelapa sawit secara alami.
Intensitas Cahaya
Kelapa sawit butuh cahaya dalam intensitas yng besar. Rata-rata per harinya, tanaman ini butuh memperoleh penyinaran matahari secara langsung selama 5-7 jam. Jadi perhatikan jarak tanam bibit kelapa sawit minimal 9 x 9 meter supaya tanaman tetap mampu memperoleh cahaya yng cukup disaat tumbuh besar.
Curah Hujan
Kelapa sawit cenderung menyukai daerah-daerah yng mempunyai curah hujan tinggi. Tanaman ini akan berbuah lebih lebat tatkala dibudidayakan di tempat yng memiliki curah hujan mencapai 1.500-4.000 mm/tahun. Kesimpulan ini didasarkan pada bukti di lapangan bahwasanya kelapa sawit yng ditanam di Papua sanggup memproduksi 28-30 pelepah/tahun, sedangkan kelapa sawit di Sumatera cuma mampu menghasilkan 26-28 pelepah/tahun.
Jenis Tanah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis tanah yng cocok dijadikan media tanam kelapa sawit di antaranya latosol, regosol, podzolik, aluvial, serta hidromorfik kelabu. Selain itu, tanah berjenis gambut saprik, dataran pantai, serta muara sungai pula cukup tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanami kelapa sawit. Di antara jenis-jenis tanah yang telah di sebutkan, tanah yng paling baik dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan kelapa sawit adalah podzolik. Kelapa-kelapa sawit yng dipelihara di tanah podzolik terbukti mempunyai tingkat produksi yng lebih tinggi ketimbang tanah berpasir serta tanah gambut.
Kadar Keasaman
Kelapa sawit mampu tumbuh yang dengannya baik manakala ditanam di tanah yng subur, gembur, permukaannya datar, berdrainase lancar, serta memiliki kandungan lapisan solum tanpa lapisan padas. Kadar keasaman tanah yng paling tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhan kelapa sawit yakni pH 5,0-5,5. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh tingkat keasaman yng ideal ini kamu mampu menaburkan kapur dolomit ataupun kieserite hingga didapatkan pH tanah yng pas.
Tingkat Kemiringan
Sebelumnya telah disebutkan andai kelapa sawit menyukai lahan yng mempunyai permukaan datar. Kalaupun miring, tingkat kemiringannya tak boleh lebih dari 15 derajat. Pembuatan terasering pada lahan yng miring Amat dianjurkan guna melindungi keidealan syarat tumbuh tanaman kelapa sawit.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/ini-dia-syarat-tumbuh-tanaman-kelapa.html.

Seputar Ini Dia Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Dia Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit