Ternyata, Ini Dia Jenis-jenis Limbah Kelapa Sawit!

- Oktober 28, 2017

Ternyata, Ini Dia Jenis-jenis Limbah Kelapa Sawit!

 
Apa sajakah jenis-jenis limbah yng disisakan dari kelapa sawit? Limbah merupakan sisa proses produksi yng tak memiliki nilai ataupun tak bernilai bagi atau bisa juga dikatakan untuk maksud biasa. Limbah kelapa sawit diperoleh dari proses pengolahan buah kelapa sawit menjadi produk-produk tertentu semisal minyak goreng, kosmetik, bahan bakar, serta lain-lain.
jenis-jenis-limbah-kelapa sawit.jpg
Limbah Kelapa Sawit
Didasari asal tempat pembentukannya, limbah-limbah kelapa sawit bisa dikelompokkan menjadi dua jenis yakni limbah perkebunan serta limbah industri. Limbah perkebunan adalah sisa-sisa dari proses budidaya kelapa sawit di kebun. Di antaranya meliputi penyiapan lahan, pembibitan, penyemaian, penanaman, perawatan, pemanenan, serta peremajaan kelapa sawit. Semisal-contoh dari limbah perkebunan antara lain kayu, pelepah, serta gulma. Butuh diketahui, setiap hektar perkebunan kelapa sawit umumnya bisa menyisakan limbah berupa pelepah sebanyk 12 ton per tahun.
Sementara itu, limbah industri kelapa sawit didapatkan dari proses pengolahan tandan buah segar kelapa sawit menjadi produk-produk yng siap pakai. Mulai dari proses pemilihan kelapa sawit, penyungkilan daging buah dari cangkal, perebusan, sampai-sampai pengolahan menjadi suatu produk keseluruhannya bisa memicu limbah. Pendapat dari wujudnya, terdapat tiga jenis limbah yng ditimbulkan dari proses industri kelapa sawit ini yakni :
  1. Limbah padat merupakan limbah yng mempunyai wujud menjadi zat padat. Karakteristik limbah ini terdapat atau terletak pada komposisinya, di mana komponen penyusun terbesar berupa selulosa.
  2. Limbah cair merupakan limbah yng memiliki wujud menjadi zat cair. Limbah ini ditimbulkan dari proses kondensat, stasiun klarifikasi, serta hidrosilikon. Lantaran memiliki kandungan bahan organik yng tinggi, potensi pencemaran limbah cair pula Amat besar menjadikan dibutuhkan degradasi organik yng tidak sedikit guna mengatasinya. Semisal-contoh limbah cair dari kelapa sawit di antaranya lumpur primer dari proses klarifikasi serta lumpur sekunder dari proses sedimentasi yng mempunyai pH berkisar 3 hingga 5.
  3. Limbah gas merupakan limbah yng mempunyai wujud menjadi zat gas. Limbah gas berasal dari proses pengolahan kelapa sawit yng mempergunakan serta memanfaatkan bantuan panas api semisal proses perebusan serta proses pengeringan. Semisal-contoh dari limbah gas yakni gas cerobong sisa pembakaran serta uap air sisa perebusan.
Bagaimanapun limbah kelapa sawit adalah masalah serius yng butuh memperoleh perhatian penuh dari pelaku industri. Andai tak, limbah-limbah yang telah di sebutkan bisa memicu kerusakan yng amat fatal bagi lingkungan sekitar pabrik pengolahan salah satunya kebun di mana kelapa-kelapa sawit ditanam. Pada akhirnya, pihak industri juga ikut merasakan dampak negatif dari limbah-limbah yng tak diolah yang dengannya benar. Ide-ide tips pengolahan limbah kelapa sawit supaya bisa mempunyai nilai ekonomis yng tinggi serta mampu dimanfaatkan yang dengannya baik pernah kami bahas secara lengkap di tulisan atau artikel sebelumnya. Ingat, jadilah petani kelapa sawit yng cerdas serta ramah terhadap lingkungan.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/10/ternyata-ini-dia-jenis-jenis-limbah.html.

Seputar Ternyata, Ini Dia Jenis-jenis Limbah Kelapa Sawit!

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ternyata, Ini Dia Jenis-jenis Limbah Kelapa Sawit!