Metode Pembukaan Lahan Kelapa Sawit Yang Benar

- Oktober 28, 2017

Metode Pembukaan Lahan Kelapa Sawit Yang Benar

 
Pembukaan lahan kelapa sawit adalah kegiatan awal dalam rangka membudidayakan tanaman sawit. Proses ini di lakukan mulai dari perencanaan tata letak serta ruang lahan sampai-sampai pembukaan hutan menjadi lahan. Dalam penerapannya, dibutuhkan upaya-upaya yang bersifat ramah lingkungan serta tak berdampak negatif bagi area di sekitarnya.
Tahap perencanaan tata letak lahan serta ruangannya dikerjakan melalui serangkaian penelitian bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui sifat serta karakteristik lahan yang telah di sebutkan. Penelitian yang dimaksud meliputi topografi, iklim, tanah, status, air, jalan, serta penduduk. Yang dengannya dilakukannya penelitian ini, maka bisa ditarik kesimpulan ihwal kelayakan suatu lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit.
metode-pembukaan-lahan-kelapa-sawit.jpg
Pengertian pembukaan lahan yakni merubah fungsi lahan secara alami menjadikan bisa dijadikan menjadi suatu area perkebunan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk merealisasikan hal yang telah di sebutkan dibutuhkan sumber energi yang bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung perwujudan fungsi ini. Sederhananya, pembukaan lahan dikerjakan yang dengannya merubah hutan menjadi perkebunan yang didukung oleh ketersediaan fasilitas-fasilitas tertentu.
Sesuai yang dengannya aturan perundang-undangan yang ada di Indonesia, pembukaan lahan kelapa sawit Perlu di lakukan yang dengannya metode zero burning ataupun tanpa pembakaran. Meskipun pembukaan lahan melalui pembakaran memakan biaya yang Amat murah, akan tetapi dampak negatifnya pula tak kalah tidak banyak. Membakar hutan berguna merusak sumber daya alam, mengganggu iklim, serta mengorbankan kebugaran atau kesehatan kita-kita. Lahan bekas pembakaran memiliki kandungan unsur hara yang berkurang drastis, karakteristik tanah menjadi rusak, memiliki kandungan unsur yang rawan bagi tanaman, serta rawan mengalami bencana alam.
Bagaimana proses pembukaan lahan kelapa sawit? Secara singkat, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya yang akan di sajikan kali ini :
  1. Area hutan yang akan dibuka menjadi lahan perkebunan kelapa sawit dipasangi batasan yang dengannya ukuran yang tepat.
  2. Dari area yang telah di sebutkan ditentukan mana tempat yang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan kelapa sawit serta pemeliharaannya.
  3. Sesudah dibuat rancangan sketsa perkebunan yang terperinci, lantas di lakukan tender terhadap kontraktor yang bersedia membuka lahan yang telah di sebutkan memakai metode yang bertanggungjawab serta sesuai aturan hukum yang berlaku.
  4. Selanjutnya membuatkan Surat Perintah Kerja yang nantinya akan diberikan kepada kontraktor terpilih menjadi landasan dasar kerja.
  5. Dibuat sekali lagi batasan blok-blok pekerjaan di dalam area yang bakal dibuka menjadi perkebunan tanaman sawit.
  6. Andaikan dibutuhkan, dibangun pula saluran drainase yang dirancang sedemikian rupa supaya system kerjanya efektif serta efisien.
  7. Saatnya membuka lahan yang dengannya menghilang-kan tumbuhan-tumbuhan yang berada di area perkebunan.
  8. Gulma-gulma dikumpulkan di satu tempat yang aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai menjadi pakan hewan ternak ataupun pembuatan pupuk kompos.
  9. Sesudah itu dibuat jalan utama serta jalan pendukung bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah aksesibilitas kegiatan di perkebunan.
  10. Di lakukan pemancangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan posisi penanaman bibit kelapa sawit.
  11. Area perkebunan yang telah hampir jadi yang telah di sebutkan dibersihkan sekali lagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membasmi tanaman serta binatang yang berpotensi mengganggu pertumbuhan kelapa sawit.
  12. Tumbuhan kacang-kacangan ditanam di lahan perkebunan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kualitas tanah serta mencegah tumbuhnya tanaman gulma.
  13. Yang terakhir merupakan langkah penanaman bibit kelapa sawit pada lubang-lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/12/metode-pembukaan-lahan-kelapa-sawit.html.

Seputar Metode Pembukaan Lahan Kelapa Sawit Yang Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Metode Pembukaan Lahan Kelapa Sawit Yang Benar