Cara Jenius Memilih Bibit Kelapa Sawit Unggulan

- September 19, 2017

Cara Jenius Memilih Bibit Kelapa Sawit Unggulan

 
Bagaimana tips memilih bibit kelapa sawit yng mempunyai kualitas unggulan? Kelapa sawit adalah komoditi ekspor Indonesia yng paling besar. Kebun tanaman ini tersebar dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua. Indonesia pula adalah negara penghasil bibit kelapa sawit nomor satu di dunia yang dengannya rata-rata produksi mencapai 180 kecambah setiap 12 bulan.
cara-memilih-bibit-kelapa-sawit.jpg
Bibit Kelapa Sawit
Dalam membudidayakan kelapa sawit, mempergunakan bibit dari perusahaan lebih direkomendasikan ketimbang mengambilnya dari alam. Hal ini dikarenakan bibit hasil penangkaran mempunyai mutu yng terjamin menjadikan potensi kesuksesan tumbuh serta produktifitasnya lebih besar. Tak mau kan tanaman-tanaman kelapa sawit yng kamu pelihara mati di sedang jalan ataupun tumbuh subur akan tetapi tak berbuah tidak sedikit?
Simak tips-tips pemilihan bibit kelapa sawit yng mempunyai kualitas baik yang akan di sajikan kali ini :
Pemilihan Kecambah Kelapa Sawit
Tatkala memilih kecambah kelapa sawit yng tidak jelek alias bagus, kamu butuh menyesuaikan yang dengannya jenis yng ingin diambil. Kualitas kelapa sawit tenera yng baik ditandai yang dengannya ukuran bijinya yng kecil yang dengannya tempurung tipis. Sedangkan kelapa sawit dura unggulan memiliki biji yng besar serta bercangkang tebal. Sebisa barangkali pilih kecambah yng mempunyai mata tunas putih bersih, normal, serta panjang akar tidak lebih dari 2 cm. Kalau mampu pilih biji sawit yng berbentuk lonjong menyerupai biji melinjo, cangkang kelapa sawit berwarna hitam legam, serta bebas jamur. Pastikan cuma ada satu tunas yng tumbuh di setiap biji yang dengannya bentuk yng tidak jelek alias bagus, subur, tak bengkok, dan tudung akarnya masih utuh.
Pemilihan Bibit Kecil Kelapa Sawit
Andai kamu tertarik membeli bibit kelapa sawit yng masih dalam usia relatif muda, perhatikan yang dengannya seksama seluruh bagian bibit yang telah di sebutkan. Pilih bibit yng mempunyai tajuk tidak jelek alias bagus serta bongkotnya cukup besar. Selalu pilih bibit yng sehat, tak berpenyakit, berbentuk pendek gemuk, serta hindari bibit yng tinggi langsing. Usahakan bagian daun serta batangnya berwarna hijau segar. Pada biasanya bibit kelapa sawit yng berusia 3 bulan telah telah memiliki empat pelepah daun yng terbuka. Perhatikan pula bagian akarnya serta pastikan kokoh atau juga tak gampang goyah.
Pemilihan Bibit Siap Tanam
Bibit siap tanam yng dijual di pasaran umumnya berumur setahun. Lakukan seleksi secara mendalam bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit yng benar-benar mempunyai kualitas tinggi, sehat, normal, serta subur. Pada usia ini, kelapa sawit umumnya mempunyai sulur pada ujung pelepah daun di bagian teratas. Usahakan pilih bibit-bibit sawit yng berukuran seragam. Satu bibit kelapa sawit berjenis jantan diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuahi 50 tanaman betina. Seringkali bibit yng ditanam di pinggiran berpostur lebih kerdil dibandingkan bibit yng berada di sedang lahan. Hal ini wajar serta bukan adalah menerangkan buruknya kualitas bibit-bibit yng ada di pinggiran yang telah di sebutkan.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/cara-jenius-memilih-bibit-kelapa-sawit.html.

Seputar Cara Jenius Memilih Bibit Kelapa Sawit Unggulan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Jenius Memilih Bibit Kelapa Sawit Unggulan