Keunggulan Dan Manfaat Pupuk Organik Cair

- Agustus 22, 2017

Keunggulan Dan Manfaat Pupuk Organik Cair

 
keunggulan dan manfaat pupuk organik cairKelebihan penggunaan pupuk organik di antaranya menyehatkan lingkungan, memperbaiki struktur tanah, menekan biaya produksi, dan menaikan produktivitas tanaman. Yang akan di sajikan kali ini kami jelaskan secaran lengkap manfaat dan keunggulan pupuk organik.

A. Menyehatkan Lingkungan

Menjadi materi akhir ataupun sisa suatu proses, sampah biasa- nya diatasi yang dengannya mengangkutnya dari tempat sampah di permukiman dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah akhir ataupun membakarnya. Padahal, andai dilihat dari jumlah penduduk yng terus meningkat, perubahan tingkat pola konsumsi, pola penyediaan kebutuhan hidup, dan iklim dan musim, tatacara semisal itu tidak lebih bisa atau mampu mengatasi masalah sampah. Pasalnya, sampah yng diperoleh sehari-hari terus meningkat dan berisiko memicu tidak sedikit masalah.
Satu-satunya tatacara menangani sampah yng efektif dan efisien merupakan yang dengannya mendaur ulang. Sampah non- organik mampu didaur ulang menjadi biji plastik. Sementara itu, sampah organik mampu diolah lagi menjadi kompos ataupun pupuk organik. Daur ulang sampah organik menjadi pupuk tak cuma bisa menyuburkan tanaman, akan tetapi pula turut menyehatkan lingkungan. Selain itu, penggunaan pupuk organik pula tak mengabaikan atau meninggalkan residu pada tanaman menjadikan aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi.
manfaat pupuk organik bagi lingkungan

B. Revitalisasi Produktivitas Tanah

Dasarnya memang, penggunaan pupuk anorganik secara terus-menerus sampai-sampai pada tahap tertentu diluar dugaan bisa berakibat tidak baik bagi kondisi hara tanah. Pupuk anorganik akan terakumulasi di dalam tanah dan memicu kekahatan (kekurangan) hara. Tanah yng Suka diberi pupuk anorganik lama-kelamaan bisa menjadi keras menjadikan menjadi susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk diolah dan mengganggu pertumbuhan tanaman.
Lantaran itu, pemanfaatan pupuk organik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah Amat membantu memperbaiki struktur tanah, menaikan permeabilitas tanah, dan mengurangi ketergantungan lahan pada pupuk anorganik. Selain itu, pupuk organik pula berperan menjadi sumber makanan bagi mikroorganisme tanah. Efek positifnya, bisa menaikan jumlah dan aktivitas mikroorganisme tanah menjadikan tanah menjadi gembur dan gampang menyerap air.

Pupuk Organik

Pupuk organik membantu proses pertumbuhan yang dengannya prinsip kerja holistik yakni membantu kebutuhan fisik, kimia, dan biologi tanah.
Fisik
  1. Menggemburkan tanah
  2. Memperbaiki aerasi dan drainase
  3. Menaikan pengikatan antar-partikel
  4. Menaikan kapasitas mengikat
  5. Mencegah erosi dan longsor
  6. Merevitalisasi daya olah tanah
Kimia
  1. Menaikan kapasitas tukar kation (KTK)
  2. Menaikan ketersediaan unsur hara
  3. Menaikan proses pelapukan bahan mineral
Biologi Menjadi sumber makanan bagi mikroorganisme tanah semisal fungi, bakteri, dan mikroorganisme menguntungkan lain-lainnya, menjadikan perkem- bangannya lebih cepat.

C. Menekan Biaya

biaya produksi pupuk organikTak bisa disangkal, para petani biasanya lebih Suka mempergunakan pupuk anorganik dibandingkan yang dengannya pupuk organik. Pendapat dari orang-orang, penggunaan pupuk anorganik lebih praktis dari pupuk organik. Selain itu, hasil nya pula lebih cepat dilihat.
Pada akhirnya, petani menjadi ketergantungan yang dengannya pupuk anorganik. Padahal harga dan ketersediaannya di pasaran cenderung berfluktuatif. Pada tatkala ketersediaan pupuk anorganik susah didapati di pasar, harganya pun menjadi tidak murah. Akan tetapi, para petani terpaksa tetap membelinya lantaran telah terbiasa yang dengannya pupuk yang telah di sebutkan. Kondisi semisal ini akan Amat memberatkan beban petani.
Lantaran itu, diharapkan sosialisasi yng berkesinambungan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkenalkan petani ihwal keunggulan dan keuntungan pupuk organik dibandingkan yang dengannya pupuk anorganik. Selain itu, harga pupuk organik di pasaran umumnya lebih murah dibandingkan yang dengannya harga pupuk anorganik. Lantaran itu, penggunaan pupuk organik bisa menekan biaya operasional dan pula menaikan hasil panennya.

D. Menaikan Kualitas Produk

manfaat pupuk organik untuk tanamanDasarnya memang, tanaman yng diberikan pupuk organik mampu lebih mempunyai kualitas. Tanaman sayuran yng dipupuk yang dengannya pupuk organik akan lebih segar dan enak, dan daya simpannya lebih lama. Misalnya, wortel organik mampu disimpan selama 3—4 minggu, sedangkan wortel non- organik cuma tahan disimpan 1—2 minggu. Kubis organik mampu tahan disimpan hingga satu minggu, sedangkan kubis non-organik cuma bertahan tidak lebih dari seminggu. Selain tahan lebih lama, kubis organik pula mempunyai bobot yng
lebih berat dibandingkan yang dengannya kubis non-organik, yaitu sekitar 2 kg/buah. Sementara itu, selada organik mampu tahan disimpan selama tujuh hari, sedangkan selada anorganik cuma tahan disimpan dua hari.
Tanaman buah pun kualitasnya menjadi lebih baik yang dengannya pupuk organik. Tanaman salak yng dipupuk mempergunakan pupuk organik bisa menghasilkan buah yng rasanya lebih manis. Selain itu, daya fruitset ataupun persentase bunga yng menjadi buah jauh lebih tidak sedikit. Begitu juga makanan yng diolah dari bahan organik pun daya simpannya lebih tahan lama. Nasi yng diolah dari beras organik mampu tahan selama 24 jam tanpa dimasukkan ke dalam alat pemanas elektrik (rice cooker), sedangkan nasi dari beras anorganik cuma tahan disimpan selama 12 jam. Secara umum keunggulan pupuk organik dibandingkan yang dengannya pupuk anorganik bisa dilihat pada tabel berikut.
Tabel aneka macam keunggulan pupuk organik dan anorganik
Jenis Pupuk Keunggulannya
Pupuk Organik
  1. Memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap, akan tetapi jumlahnya tidak banyak.
  2. Bisa memperbaiki struktur tanah, menjadikan tanah menjadi gembur.
  3. Mempunyai daya simpen air (water holding capasity) yng tinggi.
  4. Beberapa tanaman yng dipupuk yang dengannya pupuk organik lebih tahan terhadap serangan penyakit.
  5. Menaikan aktivitas mikroorganisme tanah yng menguntungkan.
  6. Mempunyai residual effect yng positif, menjadikan tanaman yng ditanam pada musim selanjutnya tetap tidak jelek alias bagus pertumbuhan dan produktivitasnya.
Pupuk Anorganik
  1. Cuma memiliki kandungan satu ataupun beberapa unsur hara, akan tetapi dalam jumlah tidak sedikit.
  2. Tak bisa memperbaiki struktur tanah, bahkan penggunaannyadalamjangkawaktu lama memicu fisik tanah menjadi keras.
  3. Bisa membuat tanaman rentan terhadap penyakit.
  4. Pupuk anorganik gampang menguap dan tercuci. Lantaran itu, pengaplikasian yng tak tepat akan percuma lantaran unsur hara yng ada hilang akibat menguap ataupun tercuci air.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/keunggulan-dan-manfaat-pupuk-organik.html.

Seputar Keunggulan Dan Manfaat Pupuk Organik Cair

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Keunggulan Dan Manfaat Pupuk Organik Cair