Cara Pengendalian Gulma Rumput Teki Yang Ampuh

- Agustus 25, 2017

Cara Pengendalian Gulma Rumput Teki Yang Ampuh

 
Ingin tahu teknik pengendalian gulma rumput teki yang paling ampuh? Suku teki-tekian diklasifikasikan menjadi famili Cyperaceae. Karakteristiknya yakni bentuk penampang lintang batangnya segitiga membulat serta tak memiliki rongga, daunnya berurutan sepanjang batang dalam tiga baris, tak mempunyai daun lidah, dan tak tumbuh secara bersembunyi. Semisal rumput teki antara lain Cyperus rotundus, Cyperus kyllinga, serta Scirpus moritimus.
Rumput teki-tekian memiliki tingkat pertumbuhan yang Amat cepat. Gulma ini bisa atau mampu memproduksi makanannya dalam waktu yang relatif singkat melalui proses fotosintesis yang efektif. Umbi teki pula bisa atau mampu hidup selama berbulan-bulan meskipun telah tak dilengkapi yang dengannya batang. Oleh karena itu, pengendalian rumput teki yang efektif tak cuma ditujukan pada tanaman serta akarnya saja, namun pula Perlu memberantas umbi teki sekalian.
cara-pengendalian-rumput-teki.jpg
Pengendalian rumput teki mampu di lakukan secara biologis, mekanis, serta kimiawi.
Pengendalian secara Biologis
Dasarnya memang, prinsip kerja mengendalikan gulma secara biologis di lakukan yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan agen pengendali berupa organisme. Yap, mahluk hidup yang bisa menyerang rumput teki akan tetapi tak merusak pohon kelapa sawit dikondisikan sedemikian rupa supaya mau tinggal serta berkembang biak di lingkungan perkebunan. Jadi area kebun Perlu dibuat aman serta nyaman bagi agen pengendali yang telah di sebutkan.
Walaupun teorinya sederhananya, namun praktiknya cukup rumit. Permasalah terbesar merupakan mengatur penyebaran organisme, memastikan tak ada predator dari agen pengendali, serta memastikan keamanannya lebih-lebih bagi kita-kita. Namun andai metode pengendalian secara biologis ini mampu terwujud, bukan tak barangkali teknik yang telah di sebutkan akan menjadi tips yang paling baik.
Pengendalian secara Mekanis
Pengendalian pertumbuhan rumput teki secara mekanis berguna membuat kehidupannya terganggu memakai perlengkapan. Hal ini mencakup upaya-upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencabut serta membabat tanaman gulma menjadikan area perkebunan menjadi bersih. Upaya pengolahan tanah yang dengannya mencangkulnya pula mampu mematikan rumput teki sekalian memperbaiki kualitas serta struktur tanah.
Di beberapa daerah yang dengannya teknologi pertanian yang belum berkembang, petani setempat umumnya mengendalikan pertumbuhan rumput teki yang dengannya menginjak-injaknya ataupun menyiramnya memakai air panas. Ada juga yang menutupi bidang tanah di perkebunan mempergunakan mulsa menjadikan intensitas cahaya yang hingga ke tanah akan berkurang. Kendati pelaksanaannya cukup gampang, akan tetapi upaya pengendalian gulma secara mekanis ini terbilang tidak lebih efektif serta efisien mengingat kebutuhan tenaga kerjanya yang tidak sedikit serta tumbuhan gulma bakal muncul kembali dalam waktu yang relatif singkat.
Pengendalian secara Kimiawi
Secara kimiawi, pengendalian rumput teki di lakukan yang dengannya mempergunakan bahan-bahan kimia tertentu. Bahan yang paling Suka diterapkan tak lain merupakan herbisida. Pada jumlah tertentu, herbisida ampuh sekali memberantas rumput teki sampai-sampai ke umbi-umbinya.
Herbisida bisa diaplikasikan ke area ladang kelapa sawit pada tatkala proses pembibitan, penanaman, pemeliharaan, serta pasca panen. Metode penerapannya mampu dikerjakan yang dengannya teknik perlakuan merata, teknik perlakuan jalur, teknik perlakuan setempat, serta teknik penyemprotan terarah.
Pengendalian rumput teki secara kimiawi mempergunakan herbisida mempunyai kelebihan-kelebihan di antaranya pelaksanaannya gampang, hasil nya cepat terlihat, kebutuhan pekerjanya tidak banyak, serta formulasinya mampu disesuaikan yang dengannya kebutuhan. Di sayangkan metode ini pula mampu memicu dampak negatif antara lain pencemaran lingkungan, risikonya besar andaikan salah mempergunakannya, serta sukar memperoleh herbisida di daerah.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/02/cara-pengendalian-gulma-rumput-teki.html.

Seputar Cara Pengendalian Gulma Rumput Teki Yang Ampuh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Pengendalian Gulma Rumput Teki Yang Ampuh