Cara Membuat Gula Merah Dari Kelapa

- Agustus 16, 2017

Cara Membuat Gula Merah Dari Kelapa

 
Bagaimana tatacara membuat gula merah dari kelapa? Gula merah diluar dugaan tak cuma mampu dibuat dari nira pohon aren, namun pula dari legen pohon kelapa. Legen adalah cairan yng keluar dari pucuk bunga kelapa yng masih kuncup serta terasa manis. Legen diambil yang dengannya tatacara mengiris bagian ujung bunga kelapa. Cairan legen yng keluar kemudian ditampung mempergunakan ember.
Lantaran terbuat dari bahan baku yng berbeda, gula merah yng terbuat dari legen pohon kelapa ini mempunyai rasa yng berbeda yang dengannya gula merah dari nira pohon aren. Semisal kita tahu, gula aren terasa begitu manis serta lembut di mulut. Sedangkan gula merah dari legen memiliki rasa manis serta agak gurih. Jadi gula ini lebih cocok dijadikan menjadi bumbu masakan.
cara-membuat-gula-merah.jpg
Apakah Kamu terasa penasaran akan proses pembuatan gula merah dari kelapa ini? Mari kita cari tahu secara bersama-sama!
Proses 1. Pengambilan Legen
Pohon kelapa baru boleh disadap seusai berumur 8 tahun pada kelapa dalam, dan 4 tahun pada kelapa hibrida. Di usia ini, pohon kelapa telah menghasilkan sekurang-kurangnya 3 tandan bunga yang dengannya ukuran yng bunga yng paling gampang merupakan 20 cm. Sebelum proses pengambilan legen di lakukan, bersihkanlah mahkota pohon yang telah di sebutkan berlebi dahulu. Begitu juga yang dengannya seluruh perlengkapan yng dipakai Perlu dalam kondisi bersih.
Legen umumnya didapatkan dari bunga kelapa yng seludangnya belum mekar. Mulailah yang dengannya memukul tangkai bunga yang telah di sebutkan supaya cairannya gampang keluar. Lantas tunggu selama 3-5 hari. Seusai waktu tunggu selesai, potong bagian ujung bunga kelapa tadi sepanjang 8-10 cm mempergunakan pisau yng tajam. Lantas pasang ember bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung cairannya. Waktu ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyadap merupakan pagi sebelum jam 8 serta sore seusai jam 4.
Setiap bunga kelapa mampu diambil legennya tidak lebih lebih selama 40 hari berturut-turut. Sebelum ember selanjutnya dipasang, Kamu mampu memotong kembali bunga kelapa yang dengannya tidak banyak ukuran dalam sekali sabetan menjadikan sirkulasi legen mampu kembali lancar. Tanda-ciri legen yng tidak jelek alias bagus antara lain kondisinya masih segar, berbau harum, mempunyai rasa manis, warna-nya jernih, serta memiliki pH antara 6-7.
Proses 2. Perebusan Legen
Seluruh legen yng sudah diperoleh disaring berlebi dahulu. Lantas dikumpulkan di dalam sebuah wajan yng berukuran cukup besar. Seusai itu, wajan yang telah di sebutkan diletakkan di atas tungku ataupun kompor. Usahakan nyala api yng dipakai selama proses perebusan berlangsung selalu dalam kondisi yng stabil supaya cairan tak menggumpal serta tak gosong.
Kamu Perlu selalu mengaduk cairan legen hingga menjadi gula merah. Waktu yng dibutuhkan dalam proses ini dipengaruhi oleh banyaknya legen yng diolah, nyala api, serta suhu udara. Supaya gula merah yng Kamu buat terasa makin enak, Kamu mampu menambahkan santan kental ke dalamnya. Legen yng telah mulai mengental Perlu diaduk yang dengannya gerakan yng lebih cepat.
Langkah 3. Pencetakan Gula
Seusai dirasakan cairan legen yng Kamu masak tadi telah cukup kental, Kamu mampu menghentikan proses pemasakan. Sesegera barangkali cairan kental ini Perlu lekas dituangkan ke dalam cetakan. Proses pengeringan umumnya cuma memakan waktu sekitar 10-15 menit. Seusai cairan yang telah di sebutkan berganti menjadi padat pengertiannya Kamu sudah sukses membuat gula merah dari kelapa.
Beberapa orang kerap mempergunakan tempurung buah kelapa menjadi cetakan supaya gula merah yng dihasilkannya berbentuk bulat. Andai Kamu pun tertarik, silakan ikuti tatacara berikut. Pertama-tama, siapkan tempurung kelapa yng berbentuk 1/2 bola. Lantas tuangkan cairan legen yng sudah kental tadi sampai-sampai memenuhi 3/4 bagian dari total volume tempurung yang telah di sebutkan. Seusai itu, biarkan cairan ini menjadi dingin tidak lebih lebih selama 15 menit. Gula merah yng sudah dingin kemudian dikeluarkan dari cetakan. Isilah kembali 3/4 bagian dari volume cetakan yang dengannya cairan legen kental. Tutup cairan yang telah di sebutkan yang dengannya gula merah yng baru saja dibuat. Tunggu hingga kering serta keluarkan dari cetakan. Kini Kamu pula telah berhasil membikin gula merah yng berbentuk bola.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/cara-membuat-gula-merah-dari-kelapa.html.

Seputar Cara Membuat Gula Merah Dari Kelapa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Gula Merah Dari Kelapa