5 Jenis Gulma Yang Mengganggu Kelapa Sawit

- Agustus 28, 2017

5 Jenis Gulma Yang Mengganggu Kelapa Sawit

 
Segala jenis tanaman yang tumbuh di tempat yang tak diharapkan serta mampu mengganggu pertumbuhan hidup tanaman utama disebut gulma. Gulma biasanya bisa menjadi pesaing yang ganas bagi tanaman budidaya semisal kelapa sawit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan nutrisi, air, cahaya matahari, serta ruang tumbuh. Malah tidak jarang beberapa gulma pula bisa atau mampu mengeluarkan zat racun yang rawan bagi pertumbuhan tanaman-tanaman di sekitarnya.
gulma-kelapa-sawit.jpg
Terdapat beberapa tanaman yang dikenal menjadi gulma pada kelapa sawit, antara lain :
1. Alang-alang
Alang-alang (Imperata cylindrica) merupakan rumput yang mempunyai daun yang cukup tajam. Perkembangbiakan alang-alang berlangsung Amat cepat, baik melalui benih yang terbawa angin ataupun rimpang yang menembus tanah. Tanaman ini senang hidup di tanah yang subur, gembur, serta lembab. Alang-alang bisa gampang dijumpai di tanah kosong, ladang, sawah, lapangan, serta jalan.
2. Putri Malu
Putri malu (Mimosa pudica) merupakan perdu yang mempunyai postur tubuh pendek. Putri malu salah satunya keluarga polong-polongan. Kekhasan yang dimiliki oleh tanaman ini yakni daunnya akan menutup cepat bila di kenai sentuhan. Akan tetapi beberapa menit lantas daun yang telah di sebutkan bakal membuka kembali semisal semula.
3. Teki Ladang
Teki ladang (Cyperus rotundus) merupakan tanaman gulma yang tergolong famili Cyperaceae. Teki adalah gulma yang paling susah dikendalikan. Hal ini lantaran tumbuhan ini bisa atau mampu membentuk umbi serta geragih yang disimpan di kedalaman satu meter. Malah teki bisa hidup yang dengannya baik di lingkungan yang tandus hingga basah.
4. Bandotan
Bandotan/wedusan (Ageratum conyzoides) adalah tanaman gulma yang salah satunya anggota dari keluarga Asteraceae. Disebut bandotan/wedusan lantaran tanaman ini bisa atau mampu mengeluarkan bau yang apek menyerupai kambing. Bandotan adalah tanaman yang berasal dari Amerika Sedang, namun telah cukup lama menyebar ke seluruh penjuru dunia salah satunya Indonesia.
5. Tembelekan
Tembelekan (Lantana camara) merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Benua Amerika khususnya daerah tropis. Tembelekan tergolong famili Verbenaceae. Tinggi pohonnya berkisar antara 0,5-4 meter. Tembelekan bisa tumbuh yang dengannya baik di daerah yang mempunyai ketinggian 1.700 mdpl.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/12/5-jenis-gulma-yang-mengganggu-kelapa.html.

Seputar 5 Jenis Gulma Yang Mengganggu Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Jenis Gulma Yang Mengganggu Kelapa Sawit