Mengetahui Morfologi Buah Kelapa Sawit Yang Lengkap

- Agustus 28, 2017

Mengetahui Morfologi Buah Kelapa Sawit Yang Lengkap

 
Buah kelapa sawit merupakan penghasil daging kelapa sawit yang umumnya dipakai menjadi bahan baku minyak goreng. Tahukah Kamu, dalam setiap tandan buah kelapa sawit umumnya terdapat gerombolan buah-buah sawit yang berjumlah sekitar 1.500-2.000 buah yang dengannya kadar kematangan yang berbeda-beda. Ciri buah yang layak panen ditandai dari warna-nya yang berganti menjadi jingga lantaran memiliki kandungan karoten yang tinggi. Sedangkan warna kulit buah kelapa sawit cukup beranekaragam bergantung varietasnya semisal hitam, cokelat, ungu serta merah.
morfologi-buah-kelapa-sawit.jpg
Morfologi buah kelapa sawit tersusun atas bagian-bagian yang meliputi eksoskarp, mesoskarp, endoskarp, serta kernel. Eksoskarp adalah kulit kelapa sawit, sedangkan mesoskarp merupakan serabut buah. Sementara itu endoskarp adalah cangkang kelapa sawit yang menjaga inti buah. Serta kernel ataupun inti sawit yakni daging buah sawit yang memiliki kandungan biji menjadi perkembangbiakan generatif tanaman.
Butuh diketahui, kernel pada kelapa sawit bisa dijauhkan menjadi dua bagian yaitu endosperm serta embrio. Endosperm adalah jaringan yang berfungsi menjadi penyimpan cadangan makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi embrio serta kecambah kelapa sawit. Bagian ini mempunyai kandungan protein, karbohidrat, serta lemak. Sedangkan embrio adalah cikal bakal tanaman kelapa sawit baru yang masih berupa tumbuhan kecil.
Yang akan di sajikan kali ini daftar ukuran ketebalan cangkang, daging buah, serta tingkat rendemen minyak dari masing-masing jenis kelapa sawit.
  1. Kelapa sawit dura mempunyai cangkang yang tebal sekitar 3-5 mm. Ukuran daging buahnya tipis serta tingkat rendemen minyaknya antara 15-17 %.
  2. Kelapa sawit tenera memiliki cangkang yang berukuran agak tipis berkisar 2-3 mm. Daging buah tenera cukup tebal serta tingkat rendemen minyaknya sekitar 21-23 %.
  3. Kelapa sawit pisifera bercangkang Amat tipis dan daging buahnya tebal. Biji sawit ini cukup kecil serta tingkat rendemen minyaknya terbilang tinggi antara 23-35 %.
Berbicara perihal morfologi kelapa sawit tidak lengkap tanpa mengulas bagian bijinya juga. Ukuran serta bobot biji kelapa sawit bervariasi pendapat dari varietas dari tanaman yang telah di sebutkan. Misalnya biji sawit dura afrika panjangnya 2-3 cm serta berbobot 4 gram dan biji sawit dura deli bobotnya 13 gram yang dengannya panjang 3-5 cm. Lain lagi yang dengannya biji sawit tenera afrika yang mempunyai panjang 2-3 cm serta memiliki bobot 2 gram.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/11/mengetahui-morfologi-buah-kelapa-sawit.html.

Seputar Mengetahui Morfologi Buah Kelapa Sawit Yang Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengetahui Morfologi Buah Kelapa Sawit Yang Lengkap