Tanda-tanda Kelapa Sawit Kekurangan Pupuk

- Juli 06, 2017

Tanda-tanda Kelapa Sawit Kekurangan Pupuk

 
Bagaimana tanda-tanda pohon kelapa sawit yng kekurangan pupuk? Pemupukan adalah satu dari sekian banyaknya upaya dalam agro-management bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang kesuksesan bisnis perkebunan tanaman kelapa sawit. Setiap tanaman butuh pupuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung kehidupannya. Pupuk akan memelihara kesuburan tanah yng berkelanjutan, menaikan produktivitas tanaman, mengembalikan unsur hara yng terangkut keluar, dan melindungi kebugaran atau kesehatan tanaman.
Faktanya, biaya pemupukan kelapa sawit adalah biaya yng cukup tinggi dalam pemeliharaan tanaman yang dengannya anggaran sampai-sampai mencapai 40-60 %. Itu sebabnya, tindakan pemupukan Perlu menjadi perhatian utama dan di lakukan secara efektif serta efisien. Supaya tepat guna, pemupukan Perlu memperhatikan faktor-faktor semisal jenis pupuk, dosis, waktu, tatacara, serta kondisi area yng akan diberikan pupuk. Pupuk Perlu diberikan dalam jumlah yng sesuai kebutuhan tanaman yang dengannya metode pada waktu yng tepat.
kelapa-sawit-kekurangan-pupuk.jpg
Pada budidaya tanaman kelapa sawit, penambahan unsur hara ke dalam tanah melalui mekanisme pemupukan secara teratur terbukti bisa memenuhi kebutuhan tanaman, melindungi kebugaran atau kesehatan, sekalian menaikan produktivitasnya. Tanaman kelapa sawit yng kekurangan unsur-unsur hara tertentu akan menunjukan gejala-gejala tak sehat. Di antaranya meliputi :
  1. Daun Pucat serta Transparan
Pohon kelapa sawit yng kekurangan unsur nitrogen akan menghasilkan daunnya berwarna pucat, tak hijau segar. Penampang daun yang telah di sebutkan pula akan terlihat semisal transparan andaikan di kenai sorot dari sinar matahari. Andai tak segera ditangani, pohon yang telah di sebutkan tak mampu melakukan fotosintesis. Kamu mampu memberikan pupuk Urea serta pupuk ZA bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan kondisi kelapa sawit yang telah di sebutkan.
  1. Daun Menguning serta Terbakar
Ciri lain dari kelapa sawit yng kekurangan unsur hara adalah daunnya tampak menguning. Lama-kelamaan daun yang telah di sebutkan akan berganti warna menjadi kehitam-hitaman seolah terbakar panas matahari. Perubahan warna pada permukaan daun ini di mulai dari bagian tepi sampai-sampai akhirnya berlanjut ke bagian sedang daun. Penyebab utama dari kondisi ini yakni kelapa sawit kekurangan unsur magnesium. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memulihkannya, Kamu mampu memberikan dolomit ataupun kieserite.
  1. Batang Meruncing serta Pelepah Kemerahan
Berbeda yang dengannya pohon kelapa sawit yng kekurangan unsur phosphat, pohon yang telah di sebutkan akan menunjukan tanda-tanda pada batangnya yng berbentuk meruncing. Selain itu, bagian pelepah daunnya pun berganti warna menjadi kemerah-merahan. Di area sekeliling batang tanaman kelapa sawit yng kekurangan phosphat pula tidak sedikit ditumbuhi rumput yng daunnya berwarna keungu-unguan. Solusi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya adalah Kamu mampu mengaplikasikan pupuk TSP ataupun pupuk RP.
  1. Daun Dipenuhi Bercak Merah
Suatu hari Kamu menjumpai satu dari sekian banyaknya pohon kelapa sawit mempunyai daun yng dipenuhi bintik-bintik yng warna-nya kemerah-merahan. Makin lama, ukuran bintik-bintik tadi akan makin meluas sampai-sampai memenuhi seluruh permukaan daun kelapa sawit. Hal ini berguna pohon yang telah di sebutkan tengah kekurangan unsur kalium. Kamu mampu mempergunakan serta memanfaatkan pupuk KCl ataupun pupuk MOP bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkannya.
  1. Daun Mengeriting serta Melipat
Tanda-ciri yang terakhir dari tanaman kelapa sawit yng kekurangan unsur hara adalah daunnya berganti bentuk menjadi keriting. Kadang-kadang bagian ujung anak daunnya pun berbentuk melipat menyerupai bentuk mata pancing. Kelapa sawit yng menunjukan gejala yang telah di sebutkan menandakan kalau tengah kekurangan unsur boron. Cobalah mengatasinya yang dengannya memberikan pupuk borate ataupun pupuk HGFB secukupnya.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2017/04/tanda-tanda-kelapa-sawit-kekurangan.html.

Seputar Tanda-tanda Kelapa Sawit Kekurangan Pupuk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tanda-tanda Kelapa Sawit Kekurangan Pupuk