Petunjuk Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Yang Tepat

- Juli 06, 2017

Petunjuk Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Yang Tepat

 
Berapa dosis pemupukan kelapa sawit yang tepat? Begitulah kira-kira pertanyaan umum yang kerapkali diajukan oleh para petani kelapa sawit. Dasarnya memang, dosis pemupukan kelapa sawit ini butuh disesuaikan yang dengannya umur tanaman-tanaman kelapa sawit yang dibudidayakan. Efektifitas pemupukan dipengaruhi oleh banyaknya pupuk yang diserap tanaman peliharaan yang telah di sebutkan.
dosis-pemupukan-kelapa-sawit.jpg
Pupuk Kelapa Sawit
Pupuk-pupuk yang diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman kelapa sawit memiliki kandungan unsur natrium, fosfor, kalium, magnesium, serta boron. Sementara jenis-jenis pupuk yang dipakai meliputi urea, KCI, TSP, serta kiserit. Adapun pupuk tambahan yang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhan kelapa sawit yakni Borax ataupun Boron deficiency.
Di bawah ini adalah dosis pemupukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelapa sawit yang berumur 0-3 tahun, antara lain :
  • Pemberian urea sebanyk dua kali dalam setahun yang dengannya dosis 0,4-0,6 per tanaman.
  • Pupuk KCI pula diaplikasikan sebanyk dua kali setiap 12 bulan yang berdosis 0,2-0,5 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk masing-masing tanaman.
  • Pemberian pupuk kiserit sebanyk 0,1-0,2 kg setiap tanaman yang dengannya frekuensi dua kali dalam setahun.
  • Begitu juga yang dengannya borax diterapkan dua kali per tahun sejumlah 0,02-0,05 kg per tanaman.
Adapun penerapannya adalah pupuk N, P, K, Mg, serta B ditebarkan secara merata pada area piringan yang berjarak 20 cm dari pokok utama sampai-sampai ujung tajuk daun. Pemupukan pertama di lakukan pada awal musim penghujan sekitar September hingga Oktober. Sedangkan pemupukan kedua dikerjakan tatkala akhir musim penghujan yakni Maret sampai-sampai April.
Sementara itu, dosis pemupukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelapa sawit yang berumur 3 tahun ke atas serta telah berproduksi yakni :
  • Pupuk urea diberikan sebanyk dua kali dalam setahun serta berdosis 2-2,5 kg per tanaman.
  • KCI pula diberikan dalam dua kali setahun yang dengannya dosis 2,5-3 kg setiap tanaman.
  • Begitu juga yang dengannya kiserit yang diberikan dua kali per tahun sejumlah 1-1,5 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk masing-masing tanaman.
  • Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk SP-36 pemberiannya dikerjakan setahun sekali yang dengannya dosis 0,75-1,0 kg per tanaman.
  • Borax diaplikasikan yang dengannya frekuensi setahun dua kali serta dosisnya 0,05-0,1 kg per tanaman.
Pupuk yang memiliki kandungan unsur natrium diterapkan mulai 50 cm dari pokok hingga yang dengannya tepi luar piringan. Sedangkan pupuk yang memiliki kandungan fosfor, kalium, serta magnesium ditaburkan mulai dari 1 meter sampai-sampai 3 meter dari pokok batang secara merata. Sementara itu, pemberian pupuk yang memiliki kandungan unsur boron ditaburkan mulai jarak 30 cm hingga 50 cm dari pokok kelapa sawit.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/petunjuk-dosis-pemupukan-kelapa-sawit.html.

Seputar Petunjuk Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Yang Tepat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Petunjuk Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Yang Tepat