Pengusaha Kelapa Sawit Nilai Kebijakan Pemerintah Salah Kaprah

- Juli 24, 2017

Pengusaha Kelapa Sawit Nilai Kebijakan Pemerintah Salah Kaprah

 
MEDAN – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indoneia (Gapki) Sumatera Utara menilai rencana pemerintah Indonesia serta Malaysia memberikan batas suplai minyak sawit mentah (CPO) ke pasar global salah kaprah. Pasalnya kebijakan yng diambil bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendongkrak harga yng telah jatuh tidak lebih mempertimbangkan kondisi di dalam negeri.
Bendahara Gapki Sumut Laksamana Adyaksa mengujarkan, kondisi Indonesia serta Malaysia dalam mengambil kebijakan itu sangatlah berbeda. Bila dipaksanakan, kebijakan itu bahkan akan menempatkan Indonesia di posisi yng merugi. Pasalnya, kondisi dalam negeri belum cukup bisa atau mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghadapi kebijakan yang telah di sebutkan.
“Kondisi kita dan Malaysia itu berbeda di Malaysia masalahnya hanya karena produksi berlebih di Indonesia masalah distribusi. Malaysia bisa menampung kelebihan produksinya lewat tangki-tangki raksasa yang dimiliki pabrik, maupun yang difasilitasi pemerintah di pelabuhan,” ungkap dia, Rabu (10/10/2012).
Laksamana menambahan, pemerintah Perlu mempertimbangkan kembali kebijakan yang telah di sebutkan lantaran komoditas CPO bukanlah karet yng mampu disimpan dalam waktu yng lama. Begitupun andai pemerintah bersikeras melakukan pembatasan. Dia berharap pemerintah membangun berlebi dahulu infrastruktur tangki penampungan.
“Bisnis CPO ini bukan hanya milik pengusaha tapi erat pula hubungannya dengan petani sebagai penghasil bahan baku. Kalau suplai global di batasi, tentunya bukan produksi kita yang terhambat, tapi juga petani. Hasil panen petani pastinya tak akan bisa kita tampung akan membuat harga menurun,” tambahnya.
Akan tetapi, andai pemerintah suda membangun tangki penampungan berkapasitas, petani yng akan menikmati dampak dari kenaikan harga pembatasan suplai.(gna) - Wahyudi Siregar - Okezone

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2012/11/pengusaha-kelapa-sawit-nilai-kebijakan.html.

Seputar Pengusaha Kelapa Sawit Nilai Kebijakan Pemerintah Salah Kaprah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengusaha Kelapa Sawit Nilai Kebijakan Pemerintah Salah Kaprah